Ketemu Pengemudi Meresahkan, Lapor Ke Siapa?

28/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Ketemu Pengemudi Meresahkan, Lapor Ke Siapa?
Anda mungkin termasuk pengguna jalan yang sering menjumpai tingkah dan perilaku pengemudi meresahkan hingga berpotensi membahayakan, namun Anda dilanda dilema. Mau mendiamkan kasihan para pengguna jalan yang lain, ditegur takut terjadi konflik, mau melapor Anda tidak tahu mau lapor ke siapa.

Foto pengemudi marah-marah

Hati-hati dengan pengemudi agresif, mereka bisa bikin masalah

Salah satu yang masih sering dijumpai di jalan raya adalah perilaku pengemudi meresahkan karena gaya mengemudinya yang berbahaya seperti ugal-ugalan, multitasking atau orangnya bikin onar di jalan raya sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang. Mereka cenderung tidak peduli pada situasi dan kondisi meski itu di jalan raya dan dalam keadaan ramai. Mereka juga tak peduli kalau hal tersebut berpotensi menimbulkan bahaya baik yang berupa konflik maupun kecelakaan.

Bertemu dengan pengemudi meresahkan semacam ini sering menimbulkan dilema. Satu sisi ingin menegur Anda enggan terlibat lebih jauh, mau mendiamkan kasihan banyak orang, atau mau melapor Anda tidak tahu kepada siapa harus melapor. Walhasil, Anda bakal memilih diam sambil menggerutu sampai urusan mereka selesai dengan sendirinya dari pada harus terlibat.

>>> Wajar Kalau Dilarang, Ini Fakta Buruk Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Sebenarnya untuk hal-hal semacam ini Anda bisa turut andil melakukan langkah pencegahan atau antisipasi. Bila tak berani langsung, Anda bisa melaporkan ke pihak berwajib atau pihak lain yang punya kepentingan. Berikut beberapa pihak yang bisa dijadikan tempat untuk melapor bila menjumpai pengemudi meresahkan.

1. Polisi

Gambar Call Center POLRI 110

Hubungi Call Center POLRI bila membutuhkan bantuan Polisi

Polisi jadi tempat pertama Anda melapor bila menjumpai pengemudi meresahkan. Silahkan datang ke pos polisi atau kantor polisi terdekat untuk membuat pelaporan. Bila tidak, Anda bisa juga menghubungi Call Center Polri di nomor 110 atau Call Center Korlantas Polri di nomor 1500669. Anda juga bisa menghubungi Call Center polisi/korlantas wilayah terdekat.

Call Center Polri tersebut tidak hanya bermanfaat untuk membuat pelaporan lalu lintas, tapi juga semua kejadian yang membutuhkan bantuan kepolisian baik itu kecelakaan, pengganggu ketertiban hingga tindakan kriminal dan lain-lain

>>> Lagi cari mobil seken? Temukan di Cintamobil.com!

2. Dishub

Foto mobil parkir sembarangan di derek dishub

Dishub berhak melakukan tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas

Dishub merupakan salah satu yang punya tanggung jawab terhadap lalu lintas. Jika Anda menjumpai pengemudi meresahkan seperti pengemudi yang ugal-ugalan atau parkir sembarangan, Anda juga bisa melapor melalui Call Center Dishub di nomor 151. Atau bila Anda memiliki nomor Call Center Dishub untuk wilayah terdekat, Anda bisa menghubungi langsung ke nomor tersebut.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Perusahaan

Foto bus Hino tampak dari samping belakang

Perusahaan pun tidak mengizinkan kendaraan operasionalnya dibuat kebut-kebutan

Jika kendaraan dengan pengemudi meresahkan adalah milik perusahaan seperti otobus, Pertamina, operator seluler, dan yang lain, atau kendaraan milik lembaga, intansi atau yayasan tertentu, Anda bisa melaporkannya ke nomor call center perusahaan dan lembaga tersebut.

Yang perlu diperhatikan saat Anda membuat pelaporan, Anda catat kendaraannya apa, plat nomornya berapa, lokasinya dimana, dan apa yang dilakukan. Bila perlu Anda sampaikan juga ciri-ciri lain yang unik pada kendaraan tersebut kalau memang ada seperti aksesoris atau stiker agar petugas mudah untuk mengenali.

>>> Baca tips dari Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top