Ketahui Lebih Dalam Soal Lampu LED di Kendaraan Anda

22/06/2024

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Ketahui Lebih Dalam Soal Lampu LED di Kendaraan Anda
Mobil penumpang terbaru yang dijual telah dilengkapi dengan terknologi penerangan terkini, yaitu lampu LED pada headlamp, ketahui kelebihan dan kekuranggannya.

​​​​​​​Lampu LED pada Mitsubishi Pajero Sport
​​​​​​​Lampu LED pada Mitsubishi Pajero Sport​​​​​​​

Saat ini semua mobil penumpang yang dijual di Indonesia dilengkapi terknologi penerangan terkini, yaitu lampu LED pada headlamp. LED sendiri merupakan singkatan dari Light Emitting Diode, yaitu komponen elektronik yang bisa memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan listrik. Bentuk lampu LED yang digunakan pada mobil Mitsubishi Motors berupa bohlam dan memiliki konsumsi daya yang lebih kecil dibanding halogen.

Nah untuk mengetahui lebih dalam tentang kelebihan dan ekkurangan lampu LED, simak ulasan berikut yang dilansir dari laman resmi Mitsubishi Motors.

Kelebihan dan Kekurangan LED

Selain hemat energi, pemakaian lampu LED dipilih mobil-mobil modern saat ini karena memiliki daya sorot jauh lebih terang dan lebih tahan lama dibanding lampu halogen konvensional. Konversi panas akibat tegangan listrik pada bohlam LED yang disalurkan menjadi cahaya diklaim mencapai sebesar 40 persen, dibanding lampu biasa yang hanya 5 persen.

Bohlam LED juga tak memiliki suhu yang tinggi, yang bisa membuat umurnya pendek. Menurut penelitian, masa pakai lampu LED lebih panjang hingga 10 kali lipat dibanding bohlam konvensional, sehingga menghemat pengeluaran penggantian bohlam dan limbah bekas dalam jangka panjang.

​​​​​​​Lampu LED pada Mitsubishi XForce
​​​​​​​Lampu LED pada Mitsubishi XForce

Minimnya suhu kerja lampu LED membuatnya minim perawatan. Teknologi heatsink  yang terdapat pada bohlam LED membuatnya lebih cepat melepas panas.

Selain itu sifat lampu LED yang dipasang ke mobil Mitsubishi Motors tidak menyilaukan mata pengendara, lantaran warna cahaya yang dipancarkan mendekati kondisi alamiah. Cahaya yang dihasilkan mampu menerangi jalan lebih luas. Menariknya, warna dari lampu LED menghasilkan kesan yang dinamis.

Sementara untuk kekurangan lampu LED diantaranya, sinar putih yang terpancar kurang ampuh untuk menembus cuaca kabut. Selanjutnya, harga aftermarketnya masih mahal. Bagi Anda yang ingin upgrade ke LED, harga pasaran aftermarketnya yang berkualitas memang masih mahal dan membutuhkan teknik khusus dalam pemasangannya.

Lebih mahal dan sulitnya saat perbaikan. LED tidak seperti lampu konvensional yang ketika mati bisa langsung diganti bohlamnya. Pada beberapa tipe rangkaian, memiliki konstruksi lebih rumit dan mahal untuk diperbaiki.

>>> Pengen beli mobil Mitsubishi baru atau bekas? Dapatkan pilihannya di sini

Tipe Soket Lampu

Sama seperti bohlam halogen, pada lampu LED juga memiliki tipe sesuai bentuk soket penghubung kelistrikan. Soket-soket tersebut memiliki bentuk yang berbeda tergantung pada jenis dan model mobil yang digunakan. Umumnya soket H1, H2, H3, H4, H7, H11, HB3, dan HB4.

Penting untuk mengetahui jenis soket yang tepat agar dapat memilih lampu yang cocok dan terpasang dengan baik untuk mobil Mitsubishi Motors Anda. Hal ini akan memastikan bahwa lampu mobil bekerja secara optimal dan memberikan pencahayaan yang aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. Sebaiknya minta bantuan bengkel resmi Mitsubishi Motors jika mobil Anda memerlukan penggantian atau perbaikan lampu.

mitsubishi xforce
Eksterior Mitsubishi Xforce

Misalnya untuk pengguna Mitsubishi Xforce dan Pajero Sport akan semakin dimudahkan dengan keberadaan fitur headlamp levelling. Fitur tersebut memungkinkan pengemudi mengatur jarak penerangan lampu utama sehingga sesuai dengan kebutuhan sekaligus tidak menyilaukan pengemudi di depan.

Keberadaan fitur headlamp levelling pada Mitsubishi Pajero Sport lebih advanced, karena dapat mengatur secara otomatis (auto-levelling system). Sensor-sensor lampu akan membaca tingkat kemiringan kendaraan akibat permukaan jalan, keberadaan penumpang dan barang, dan secara otomatis akan mengatur jarak pencahayaan lampu depan paling optimal.

Sementara fitur  headlamp levelling pada Mitsubishi Xforce dijalankan secara manual, dengan memutar kenob yang ada di dasbor.  Pengaturan disesuaikan dengan banyaknya penumpang atau barang yang ikut saat berkendara.

Pengaturan dengan angka 0 sampai 3, di mana angka 0 dipakai ketika mobil hanya diisi 1-2 penumpang di jok depan. Pengaturan angka 1 ketika penumpang penuh di baris depan dan belakang, pengaturan angka 2 dipakai ketika mobil membawa penumpang penuh plus barang di bagasi. Dan pengaturan angka 3 dipakai ketika pengemudi membawa barang berat di bagasi dan bagian depan mobil cenderung mendongak.

>>> Jadi Jagoan Mitsubishi Motors, Berikut Fitur-Fitur Andalan Mitsubishi Pajero Sport

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top