Kesalahan saat Membeli Mobil yang Sering Dilakukan Wanita

09/03/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Kesalahan saat Membeli Mobil yang Sering Dilakukan Wanita
Kesalahan membeli mobil sering dilakukan siapapun. Tak jarang wanita seringkali menyesal usai membeli mobil ketimbang pria dan tak sadar melakukan kesalahan.

Kaum hawa mencatat pertumbuhan yang cukup tinggi sebagai pembeli mobil. Pencarian mobil pun kian mudah dilakukan dengan bermodalkan internet. Namun demikian, dalam sebuah riset yang dilakukan Frost and Sullivan ditemukan bahwa 50-70 persen konsumen wanita itu justru merasa kurang puas dengan mobil yang dibelinya. Tiga dari empat kaum hawa justru merasa tak sepaham dengan para produsen mobil. 

Kalau bicara kesalahan saat membeli mobil, sebenarnya tak terbatas pada gender. Baik kaum pria ataupun wanita sama-sama pernah melakukan ekselahan. Melansir Edmunds, Selasa (9/3/2021), wanita lebih sering ditemukan melakukan kesalahan saat membeli mobil. Apa saja kesalahannya? 

Man with sales woman in car showroom Free Photo

Jangan melakukan kesalahan membeli mobil

>>> 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Mobil yang Cocok untuk Wanita

1. Tergantung pada Seorang Sales

Kaum wanita biasanya lebih berorientasi kepada sebuah hubungan. Termasuk saat sedang ingin melakukan pembelian mobil. Nah inilah kesalahan yang kerap dilakukan namun tak disadari oleh kaum wanita. 

"Hasil akhirnya, mereka rela untuk melakukan deal dengan orang yang memberikan kenyamanan saat melakukan tanya jawab," ungkap Executive Vice President of Business Development and Government and Community Affairs for the Pentagon Federal Credit Union. 

Perlu diingat, kegiatan beli mobil adalah transaksi bisnis. Maka dari itu jangan fokus kepada hubungan personal kepada seorang tenaga penjualnya. Carilah mobil yang terbaik dan sesuai dengan Anda. Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk melakukan riset lebih mendalam sebelum membelinya. 

 

Beautiful woman hugging a car Free Photo

Pilihlah mobil yang sesuai kebutuhan Anda

2. Tak Mengetahui Kebutuhannya dengan Pasti

Ini juga seringkali dilakukan oleh wanita. Meski telah melakukan riset, namun mengabaikan kebutuhan pastinya. Mereka kebanyakan melakukan pembelian mobil sesuai dengan hati dan pilihannya. 

Mereka juga rela untuk pergi dari satu dealer ke dealer lain yang lebih jauh demi mengejar mobil impiannya tersebut. Tak jarang tenaga penjual menggoda pembeli dengan diskon yang hanya berlaku pada waktu tertentu. Membeli mobil haruslah dilakukan dengan santai. 

Jangan terburu-buru saat memutuskan untuk membeli mobil lantaran tergiur diskon yang berlaku periode tertentu itu. Ada baiknya Anda melakukan perbandingan baik dari sisi model, harga, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

>>> 5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

3. Terpengaruh Oleh Pendapat Orang Lain 

Young couple talking to a sales person in a car showroom Free Photo

Tak ada salahnya mendengar pendapat orang lain

Kaum pria biasanya memiliki tekad yang bulat saat akan membeli mobil. Jarang ada hal yang bisa menghalanginya ketika sudah membuat keputusan untuk membeli mobil. Tapi berbeda halnya dengan wanita. Walaupun sudah melakukan riset, negosiasi, dan benar-benar jatuh cinta akan mobil tersebut, bisa saja batal melakukan transaksi karena mendapat bisikan miring terkait mobilnya itu. 

"Mendengar pendapat seseorang sangat penting tapi Anda harus memastikan bahwa orang tempat Anda berkonsultasi paham seluk beluk mobil," ujar seorang Ahli yang menjual mobil Toyota di Bozeman, Montana. 

4. Melakuan Perbandingan Tak Sesuai

Dalam sebuah riset ditemukan bahwa wanita yang datang ke dealer kerap menanyakan dan membandingkan dua mobil berbeda. Mereka menginginkan mobil dengan harga lebih terjangkau dan fitur tinggi tapi perbandingannya tak sesuai. 

Maka dari itu melakukan riset adalah hal penting. Sebelum bertanya dan mendatangi dealer, sebaiknya riset soal model dan juga harga supaya tak salah pilih. 

>>> Dear Ladies, Jangan Asal Pakai Alas Kaki untuk Menyetir Ya!

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top