Kesalahan Dalam Mengemudi yang Mungkin Tidak Anda Sadari

27/02/2018

Pengemudian
Kesalahan Dalam Mengemudi yang Mungkin Tidak Anda Sadari
Apakah Anda seorang pengemudi mobil balap profesional atau pengemudi mobil biasa, setiap orang pernah mengalami kesalahan dalam mengemudi yang bisa saja mengganggu. Bukan hanya mengganggu pengemudi lain, kesalahan tersebut membuat pengemudian menjadi tidak menyenangkan.

Banyak pengendara mobil di luar sana, baik yang sudah mengendarai mobil lebih dari 50 tahun atau yang baru belajar mengemudi. Tapi, masih saja ada banyak kesalahan dalam mengemudi yang ditemukan. Ada baiknya jika kita menyadari kesalahan dalam pengemudian dan berlatih untuk memperbaikinya.

1. Low vision

Anda mungkin pernah mengalaminya atau pernah mendengar istilah tersebut. Mata rendah merupakan salah satu masalah dalam mengemudi yang kerap mengganggu pengemudi. Kondisi ini merupakan keadaan dimana mata cenderung lelah melihat ke depan dengan jarak pandang yang hanya mencapai 6 meter ke depan. Masalah ini tidak begitu mengganggu ketika kecepatan rendah, tapi sangat penting ketika kecepatan sudah meningkat.

Gambar yang menunjukan ilustrasi penglihatan dalam mengemudi mobil

Penglihatan dalam mengemudi sangat signifikan

Penglihatan sangat penting dalam megemudi. Anda bisa mengatasi masalah ini. Berlatihlah sepanjang waktu, cobalah untuk melihat ke depan dengan hati-hati dan setiap sudut akan membantu Anda dalam berbelok, melepaskan rem, dan membantu dalam mengemudi.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

2. Membelok terlalu awal

Hal ini merupakan kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh pengemudi. Pembelokan yang terlalu awal bisa mengakibatkan Anda keluar jalur. Ada kesalahan umum yang dibuat saat kecepatan meningkat: ini akan menggoda Anda untuk melakukan pembelokan lebih awal karena radius kemudi yang lebih menggiurkan.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memegang kemudi untuk berbelok

Perhatikan sudut belokan untuk mempermulus pembelokan

Cobalah untuk melihat bagian sudut belokan dengan tepat untuk membantu pembelokan dan bisa masuk dengan baik. Latih kemampuan berbelok dengan mengantisipasi setiap sudut belokan. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dengan setiap sudut belokan yang ada di jalanan.

3. Menggunakan rem terlalu keras

Menggunakan rem terlalu keras atau terburu-buru bisa merusak rem dan membahayakan mobil yang ada di belakang. Sudah berapa kali Anda menyiksa mobil dan rem dengan menekan rem dengan keras dan terburu-buru?

Gambar yang menunjukan bagian rem pada ban depan mobil yang sedang melaju

Penekanan rem yang tiba-tiba bisa membahayakan pengemudi lain

Jangan tergesa-gesa menekan rem karena bisa membingungkan sistem ABS serta membuat pedal menjadi keras. Selain itu, Anda bisa memberikan bobot berlebih terhadap bagian depan mobil dan mengakibatkan ban kehilangan keseimbangannya. Ingatlah bahwa pelepasan rem yang benar sangat penting untuk kelangsungan mobil dan keselamatan Anda.

>>> Baca juga Mengenal rem otomatis pada mobil

4. Menekan pedal gas terlalu keras atau terlalu cepat

Biasanya, pengemudi memainkan throttle ketika keluar dari tikungan. Meski banyak pengemudi yang melakukan hal ini, belum tentu hal ini benar untuk dilakukan. Pengontrolan traksi bisa jadi membahayakan Anda. Orang menjadi terlalu bergantung pada sistem dan berfikir tidak masalah jika menginjak gas dan membiarkan komputer mengambil alih.

Gambar yang menunjukan kaki pengemudi yang sedang menekan pedal gas mobil

Perhatikan juga teknik penekanan gas Anda

Percaya atau tidak, meskipun sistem bantuan kemudi sudah ditambahkan pada mobil, computer bekerja lebih lambat daripada manusia. Seringkali bantuan kontrol stabilitas datang terlambat dan menghilangkan kekuatan yang dibutuhkan mobil. Tentu saja, hal ini bisa merusak mobil dan memperngaruhi kemudi Anda.

5. Membelokkan kemudi dengan cepat pada putaran awal

Ban perlu membangun sudut dan beban mencapai pegangan kepada jalan. Jadi, pengemudian awal perlu dilakukan dengan tempo selambat-lambatnya. Setelah itu, kecepatan tangan harus dipercepat sampai masukan kemudi bisa maksimal.

Gambar yang menunjukan ban yang berada di atas jalanan yang berair

Ban membutuhkan waktu untuk “memegang” jalan

Perputaran dengan cepat pada kemudi akan “mengejutkan” ban dan tidak membiarkan ban membangun traksi dan menghilangkan pegangan pada jalan. Kesalahan memutar roda terlalu cepat bisa diperbaiki dnegan menjaga mata untuk jalan di depan. Selain itu, biarkan ban mobil tahu apa yang ingin Anda lakukan dan bangun sudut slip dan beban ban dengan pasti sebelum mulai mengemudi.

Berikut beberapa kesalahan dalam mengemudi yang sering dilakukan pengendara

Berkali-kali ketika Anda mengemudi, Anda tidak tahu melakukan kesalahan. Hal ini tentu saja memberikan konsekuensi terhadap setiap kesalahan dalam mengemudi yang Anda lakukan. Untuk itu, pelajari setiap kesalahan dan cobalah untuk memperbaikinya.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top