Kenali Tarif Mobil Derek, Penolong Dikala Susah dan Sendirian

19/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Kenali Tarif Mobil Derek, Penolong Dikala Susah dan Sendirian
Mobil penolong atau mobil derek merupakan jalan keluar terakhir bagi kendaraan yang sakit parah di jalanan. Meskipun kecil kemungkinannya, setiap pengemudi seharusnya mengenal penolong dikala kesusahan ini.

Jika mobil mogok di jalan atau terjadi kecelakaan, jangan dulu panik. Bersikap tenang untuk menganalisa semua kejadian dengan logis dan pikiran yang jernih. Jika mobil memang sudah tidak bisa tertolong lagi, ada tarif mobil derek atau mobil gendong gratis yang bsa menjadi salah satu solusi Anda.

Jika Anda memiliki asuransi kendaraan maka mereka adalah pihak pertama yang akan Anda hubungi. Lain ceritanya jika insiden yang Anda alami terjadi di jalan tol. Maka memanfaatkan jasa derek gratis adalah langkah yang bisa Anda tempuh terlebih dahulu.

Gambar yang menunjukan mobil derek gratis untuk jalan tol

Mobil derek jalan tol disediakan gratis, tapi hanya mengantarkan hingga pintu tol (foto: Berita Satu)

Apapun keperluannya menggunakan mobil emergency ada cara dan tahapannya. Memang semuanya proses diserahkan pada petugas yang mengoperasikan, namun sebagai pengguna jasa juga harus memahami langkah-langkahnya.

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Macam-macam Mobil Emergency

Mobil emergensi ada banyak macamnya. Mobil gendong (car carrier) dengan penampang yang bisa diturunkan dan bersudut landai ampuh untuk menangani mobil ceper seperti sports car. Sementara mobil derek (towing car) lebih diperuntukkan mobil dengan spesifikasi lebih umum.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang diderek atau towing

Contoh car towing untuk menderek mobil Anda (foto: Merdeka)

Meskipun keduanya sama-sama memiliki keterbatasan dalam hal rute atau jangkauan pengiriman, namun biaya pengiriman mobil menggunakan sistem ini harganya lebih mahal. Hal ini cukup masuk akal sebab car towing adalah pengiriman mobil dimana armada yang digunakan hanya berisi 1 unit mobil saja.

Oleh sebab itu jenis pengiriman ini sering disebut pengiriman mobil khusus. Satu keunggulan dari sistem pengiriman car towing adalah dapat diberangkatkan sewaktu-waktu sesuai permintaan customer. Jadi, untuk pengiriman mobil yang sifatnya darurat, car towing adalah pilihan paling tepat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Berapa Biayanya?

Mobil derek dari perusahaan asuransi tidak dibebani biaya dan berlaku eksklusif hanya untuk pemegang polis. Meski begitu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan fasilitas ini kepada non pemegang polis. Derek resmi jalan tol pun tetap memiliki tarif. Fasilitas mobil ini gratis hanya sampai pintu keluar tol terdekat.

Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No.1 Tahun 2015 menjelaskan tentang Retribusi dan Penderekan Atas Permintaan Pemilik Kendaraan. Mobil penumpang (sedan, Jeep, station wagon dan sejenisnya), mobil bus kecil sampai dengan 10 km bernilai Rp20.000 per kendaraan, sedangkan jarak 10 km hingga 20 km, hanya Rp35.000. Sedangkan untuk pemakaian lebih dari 20 km dikenakan tambahan setiap 5 km berikutnya sebesar Rp 10.000.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips aman di jalan hanya di sini

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang diderek

Jangan tertipu, tarif derek diatur dalam Perda masing-masing daerah (foto: Kompas)

Harga untuk derek mobil bus (bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel), dan mobil barang (truk, kereta penarik, tempelan/gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan ransus) sampai 10 km hanya Rp 45.000, dari 10 km hingga 20 km Rp 80.000, dan untuk pemakaian lebih dari 20 km dikenakan tambahan Rp 20.000 setiap 5 km berikutnya.

Bagi pengemudi, tidak perlu sungkan untuk melihat dan mengerti tentang proses serta tarif mobil derek. Mana tahu, meskipun dengan probabilitas rencah, Anda menemukan kondisi dimana Anda membutuhkan bantuan mobil dorong untuk kendaraan Anda.

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top