Kenali Tanda-tanda Transmisi Mobil Matic Rusak

05/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Kerusakan pada transmisi mobil matic bisa diketahui dari sejumlah gejala. Berikut ini tanda-tanda transmisi pada mobil matic Anda mengalami kerusakan.

Mobil matic kian hari kian digemari. Hal itu bisa dilihat dari makin banyaknya varian mobil bertransmisi otomatis yang ditawarkan oleh para pabrikan. Pengoperasiannya yang cenderung mudah menjadi salah satu faktor utama mengapa mobil matic cukup digemari. Namun demikian perawatan tetap harus dilakukan dengan rutin untuk mencegah dari kerusakan. 

Tapi tak bisa dipungkiri yang namanya mesin pasti akan mengalami penurunan kinerja. Layaknya manusia bila kelelahan pun bisa sakit. Begitupula dengan mobil matic. Kerusakan pada mobil bertransmisi otoamtis ini sebenarnya bisa dideteksi apabila Anda mengetahui gejalanya. Berikut tanda-tanda kerusakan transmisi mobil matik yang bisa Anda kenali dikutip laman Toyota Astra Motor. 

>>> Mobil Bertransmisi Manual Akan Punah?

1. Muncul Suara saat Pindah Gigi

Masalah pada transmisi mobil matic pertama bisa dikenali dari munculnya suara ketika Anda memindahkan posisi tuas transmisi dari N ke D atau P ke posisi R. Suara tersebut biasanya berbunyi krek-krek. Nah kalau sudah begini, Anda patut curiga dan sebaiknya melakukan pemeriksaan ke bengkel terdekat. 

Tuas transmisi mobil matic

Dengarkan apa ada suara saat Anda memindahkan tuas transmisi

2. Terasa Bergetar

Munculnya getaran ketika Anda tengah mengendarai mobil matic juga merupakan pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan transmisinya. Kemungkinan besar kampas kopling sudah aus atau kemungkinan terburuk malah sudah gosong. 

3. Kesulitan Memindahkan Tuas Transmisi

Kerusakan pada transmisi otomatis juga dapat diketahui ketika Anda kesulitan memindahkakan tuasnya. Jika sudah mengalami hal seperti itu, kemungkinan gangguan pada mekanikal transmisi jika didiamkan bisa semakin parah dan gigi transmisi bisa terkunci.

Itu sangat berbahaya, umumnya terjadi pada mode transmisi mundur (R). Anda bisa melakukan pengecekan pada kabel girboks apakah mengelupas atau tidak.

>>> Suka Gini saat Nyetir Mobil Manual? Jangan Heran Kopling Cepat Rusak 

4. Ada Sentakan

Sekecil apapun keanehan yang muncul pada mobil sebaiknya jangan dianggap wajar. Misalnya adalah sentakan seperti didorong tiba-tiba pada saat gigi dimasukkan di awal yang disebabkan oleh kerusakan elektronis dan mekanis. Kemunculan sensasi sentakan dikarenakan kebocoran oli matic yang memicu selenoid pressure. Kerusakan semacam ini bisa dideteksi dini dengan menggunakan socket OBD pada engine scanner.

5. Tarikan Berat 

Kaki injak pedal rem

Rasakan apakah ada getaran yang muncul 

Jika mesin bergetar ketika pedal gas diinjak dan pedal rem dilepas sedikit demi sedikit kemungkinan ada kerusakan yang timbul. Pada mobil bertransmisi matik jenis elektrik bisa jadi ada kerusakan solenoid pressure atau TCM speed sensor.

Sementara pada mobil bertransmisi otomatis konvensional gejala ini muncul lantaran oli mesin yang bocor atau sudah lama tidak diganti dan kotor.

6. Konsumsi BBM Lebih Boros

Foto Indikator ECO Driving pada layar MID

Kalau Anda merasa penggunaan BBM lebih boros, boleh dicurigai ada masalah pada transmisi otomatis mobil

Konsumsi BBM lebih boros juga menjadi satu pertanda transmisi otomatis pada mobil Anda mengalami masalah. Ini bisa terjadi karena oli mesin yang bocor atau sudah lama tidak diganti dan kotor.

>>> Cara Biar Mobil Tetap Sehat Meski Kelamaan Parkir di Rumah

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top