Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

20/12/2020

Pengemudian

5 menit

Kenali Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah
Ketika Anda melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, polisi yang bertugas akan memberikan surat tilang biru atau surat tilang merah. Kedua jenis surat tilang ini ternyata memiliki arti serta mekanisme penyelesaian kasus pelanggaran yang berbeda.

Ketika Anda berkendara di jalan raya, pastinya wajib mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Jika tidak, maka siap-siap saja polisi akan memberikan surat tilang kepada Anda. Surat tilang inilah sebagai bukti jika Anda melakukan kesalahan pelanggaran lalu lintas dan wajib membayar denda tilang.

Namun ternyata surat tilang itu terbagi atas dua macam yang dibedakan berdasarkan warna dari kertas surat tilang tersebut. Ada surat tilang biru dan ada surat tilang warna merah. Banyak forum diskusi otomotif yang menyebut, jika Anda ditilang oleh polisi lalu lintas yang sedang bertugas, maka sebaiknya minta surat tilang yang warnanya merah. Kenapa? Apa sih beda kedua model surat tilang tersebut?

Berikut ini Cintamobil.com akan jelaskan lebih lengkap mengenai perbedaan surat tilang biru dan surat tilang merah yang dikutip dari laman Suzuki Indonesia, Rabu (16/12/2020).

>>> Hari Pertama Operasi Patuh 2020, 1.763 Pengemudi Kena Tilang

Arti Surat Tilang Biru

Slip Tilang Warna Biru

Dengan menerima surat tilang ini Anda mengakui melanggar peraturan lalu lintas

Surat tilang biru artinya lembaran kertas tilang yang diberikan polisi lalu lintas yang bertugas dengan warna dasar biru muda. Jika polisi menyerahkan surat tilang warna ini, maka berarti Anda sebagai pengendara kendaraan bermotor mengakui kesalahan akibat pelanggaran lalu lintas yang telah dilakukan tanpa ada keberatan.

Atau dengan kata lain, slip tilang biru diberikan oleh pihak polisi manakala pelanggar lalu lintas menerima dakwaan pelanggaran yang ditujukan kepadanya. Jika demikian, maka proses penyelesaian kasus pelanggaran lalu lintas bisa dilakukan ditempat kejadian dengan cara pengemudi membayar denda yang harus ditanggung akibat perbuatan pelanggaran tersebut tanpa perlu menjalani proses sidang pelanggaran lalu lintas di persidangan setempat.

>>> Sering Jadi Polemik, Ini Dasar Polisi Berhak Menilang Kendaraan Telat Pajak

Arti Surat Tilang Merah

Slip Tilang Merah

Surat tilang merah berarti Anda berhak melakukan pembelaan di sidang

Berbeda dengan slip yang berwarna biru, surat tilang warna merah akan diberikan kepada pelanggar lalu lintas yang merasa keberatan terhadap tuduhan yang diberikan kepadanya. Dengan adanya surat tilang berbentuk lembaran kertas berwarna merah muda ini, pelanggar akan diberikan kesempatan untuk membela diri jika ia tidak bersalah saat menjalani persidangan nanti.

Apabila di persidangan pelanggar terbukti tidak bersalah, maka ia berhak mengambil barang bukti yang disita petugas kepolisian yang memberikan surat tilang itu tanpa perlu membayar denda tilang. Tapi apabila dinyatakan bersalah maka pelanggar wajib membayar denda tilang terlebih dulu untuk bisa membawa pulang barang bukti yang disita polisi.

>>> Review Mercedes-Benz V-Class 2019: MPV Super Mewah ‘Auto Kaya’

Pastikan Membayar Denda Tilang Melalui Bank atau ATM

Slip Bukti Bayar Tilang

Simpan struk pembayaran denda tilang sebagai bukti bagi Anda

Meskipun dengan slip tilang biru proses penyelesaian kasus pelanggaran lalu lintas bisa diselesiakan di lokasi kejadian, namun jangan pernah memberikan uang tunai kepada pihak polisi yang bertugas saat itu. Karena semua pembayaran denda tilang, baik untuk surat tilang biru 2020 atau surat tilang elektronik, maka pembayaran denda tilang dilakuakn dengan cara mentransfer melalui bank atau ATM.

Jadi ketika polisi sudah menyerahkan surat tilang, mintalah kode pembayaran BRIVA untuk melunasi denda tilang atas kesalahan yang telah Anda akui. Pembayaran ini bisa dilakukan melalui Bank BRI atau ATM BRI. Simpan bukti pembayaran denda untuk nantinya ditukarkan dengan barang bukti yang disita polisi seperti SIM atau STNK.

Cara pembayaran denda tilang juga sama jika Anda telah selesai melakukan persidangan untuk mendapatkan kembali barang bukti yang disita polisi.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top