Kenali Modus Kejahatan Jalan Raya Di Bulan Puasa

24/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Kenali Modus Kejahatan Jalan Raya Di Bulan Puasa
Mari mengenali dan mewaspadai berbagai modus kejahatan jalan raya di bulan puasa.

Tidak bisa dipungkiri setiap tahunnya, angka tingkat kriminalitas trennya selalu naik ketika bulan puasa dan menjelang lebaran. Faktornya bisa bermacam-macam, mulai dari harga kebutuhan pokok yang naik, biaya hidup makin tinggi, faktor biaya pulang kampung yang mahal, dan lain sebagainya.

Tidak hanya rumah kosong yang menjadi sasaran. Anda ketika mengemudi pun dapat menjadi target empuk komplotan penjahat. Bahkan awak redaksi Cintamobil.com juga sempat hampir menjadi korban kejahatan tersebut. Nah berikut ini ada 3 modus kejahatan jalan raya di bulan puasa yang paling sering terjadi dan dilakukan penjahat di Indonesia.

Modus melempar tepung atau telur ke kaca mobil

Anda ketika mengemudi pun dapat menjadi target empuk komplotan penjahat​​

1. Modus melempar telur atau tepung ke kaca depan mobil

Teknik kejahatan ini biasanya terjadi di jalur luar kota yang lengang. Ketika Anda pembaca setia CintaMobil.com melakukan cruising baik siang maupun malam hari, tiba-tiba dari sisi tertentu ada komplotan penjahat yang melempar telur atau tepung ke kaca mobil Anda. Hal ini sudah tentu sangat berbahaya, karena akan mempengaruhi daya pandang pengemudi terutama ketika sedang melaju di kecepatan tinggi.

Untuk mengatasinya pastikan jangan panik dan jangan pernah mengaktifkan wiper alias penyeka kaca ketika telur atau tepung masih menempel di kaca. Karena tindakan ini hanya akan membuat kotoran tersebut lengket dan menjadi kental seperti susu apabila tepung dan telur tadi tercampur oleh air wiper. Segera buka jendela pengemudi dan intip dari samping sambil mencari tempat yang aman untuk menepi dan membersihkan kaca.

>>> Baca juga Peralatan yang dibutuhkan ketika membawa hewan peliharan mudik

2. Modus menebar ranjau paku di jalan

Modus menebar ranjau paku dijalan sangat jamak dilakukan oleh para pelaku kejahatan. Tidak hanya ditempat sepi, bahkan ditempat ramai juga mereka berani melakukan aksinya. Merasa aman karena ban mobil Anda sudah bersistem tubeless? Jangan senang dulu, karena komplotan begal tidak kalah pintar. Biasanya mereka membuat ranjau paku dengan dudukan agar ban tubeless pun bisa segera kempis.

Menebar ranjau paku

Cara mengatasinya adalah jika ban sudah terlanjur kempis

Cara mengatasinya adalah jika ban sudah terlanjur kempis. Pantau area sekitar, jika ada kantor polisi, pos ronda, tempat yang ramai segera berhenti ditempat tersebut untuk mengganti ban Anda. Jangan lupa untuk kunci semua pintu kendaraan ketika keluar dari mobil. Namun jika tidak menemuka tempat yang aman, tetap paksakan saja ban berjalan meski dalam keadaan kempis. Rata-rata dinding ban memiliki kekuatan tertentu untuk diajak jalan dalam keadaan tanpa angin sekalipun, sampai ketemu tempat yang aman.

Bahkan, pemilik mobil mewah dengan ban RFT (run flat tyre) juga tidak kalah rentan. Karena oknum pelaku biasanya akan merobek dinding ban. Anda memang akan tetap aman lantaran mobil bisa berjalan, tetapi bunyi sensor ban terus berbunyi akan mengganggu. Sehingga mengundang Anda untuk berhenti dan memeriksa. Untuk mobil dengan ban RFT, teruslah berjalan sampai ke rumah.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

3. Modus menabrakkan kendaraan

Ini adalah modus lama dan sudah agak jarak diterapkan, apalagi di kota besar yang lalu lintasnya ramai dan jiwa sosial masyarakatnya tinggi. Namun tidak salah juga kita tetap waspada terhadap modus ini. Para kriminal kejahatan biasanya akan memilih target untuk kemudian ditabrakkan kendaraan mereka ke mobil Anda. Dengan harapan, Anda akan otomatis turun untuk mengecek seberapa parah kerusakan yang terjadi pada mobil Anda.

Dengan sengaja menyerempetkan mobil

Untuk mengatasinya, think first apakah posisi Anda aman dan lingkungan sekitar juga aman

Untuk mengatasinya, think first apakah posisi Anda aman dan lingkungan sekitar juga aman. Kedua, jangan terbawa emosi, karena nyawa Anda jauh lebih penting dari kerusakan mobil. Jika Anda terpaksa harus turun dari mobil, pastikan segera kunci pintu mobil Anda untuk menghindari pencolong masuk ke mobil Anda. Terakhir jika pelaku melarikan diri, sempatkan untuk mengingat jenis kendaraan dan pelat nomor kendaraan pelaku.

Itulah tiga modus kejahatan jalan raya yang sering terjadi saat bulan puasa. Modus diatas harus dikenali dan diwaspadai oleh Anda pembaca setia Cintamobil.com. Ingat keselamatan nyawa Anda jauh lebih penting dibandingkan dengan kerusakan harta benda.

Waspada selalu dijalan raya, ya.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top