Kenali Makna Warna Dasar Rambu-Rambu Lalu Lintas

12/06/2020

Pengemudian

4 menit

Kenali Makna Warna Dasar Rambu-Rambu Lalu Lintas
Bukan hanya simbolnya saja yang punya arti, warna dasar rambu-rambu lalu lintas juga memiliki makna. Yuk, ketahui makna warna tersebut dan mengapa berbeda-beda?

Semua orang pasti tahu di jalan raya ada rambu-rambu lalu lintas. Bentuk, warna, ukuran, dan tulisan simbolnya beragam. Namun belum tentu semua orang tahu apa makna rambu-rambu tersebut.

Bagi pengendara kendaraan bermotor, mengetahui makna rambu-rambu lalu lintas serta maksudnya hukumnya wajib. Itu menjadi syarat mereka untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), selain punya kemampuan mengoperasikan kendaraan.

Makna warna dasar rambu-rambu lalu lintas

Yang kita lihat selama ini, rambu-rambu lalu lintas punya warna berbeda satu sama lain. Itu bukan kebetulan, desain rambu-rambu lalu lintas dibedakan menurut jenis dan warna dasarnya. Tergantung makna rambu-rambu itu sendiri. Yuk, kenali satu persatu!

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 13 Tahun 2014 Tentang Rambu Lalu Lintas, warna dasar rambu-rambu lalu lintas terbagi menjadi 6:

1. Kuning

Foto menunjukkan Rambu-rambu lalu lintas warna dasar kuning

Warna dasar kuning, tanda peringatan

Warna dasar kuning dipakai pada rambu-rambu peringatan kemungkinan adanya bahaya atau tempat berbahaya di depan agar pengemudi berhati-hati. Misalnya ada pekerjaan jalan, ada perlintasan sebidang kereta api, perlintasan kereta api tanpa pintu, lalu lintas pesawat terbang rendah, hembusan angin kencang, lalu lintas dua arah, dan yang lain.

Penggunaan warna dasar kuning biasanya disertai garis tepi hitam, lambang warna hitam, dan huruf dan/atau angka juga hitam sehingga nampak kontras.

2. Putih

Foto menunjukkan Rambu-rambu lalu lintas larangan

Hati-hati, rambu warna Putih tertanda larangan

Warna dasar putih dipakai pada rambu-rambu larangan berjalan terus, rambu larangan masuk, rambu larangan parkir dan berhenti, rambu larangan pergerakan lalu lintas tertentu, rambu larangan membunyikan isyarat suara, dan rambu larangan dengan kata-kata.

Penggunaan warna dasar putih bisa disertai warna garis tepi merah, warna lambang hitam, warna huruf dan/atau angka hitam, dan warna kata-kata merah.

>>> Mengenal 6 Jenis Operasi Lalu Lintas di Indonesia

3. Biru

Foto menunjukkan Rambu-rambu lalu lintas warna dasar biru

Patuhi rambu lalu lintas warna biru

Warna dasar biru menandakan perintah yang wajib dilakukan pengguna jalan. Misalnya perintah mengikuti petunjuk arah, perintah memilih salah satu arah yang ditunjuk, perintah batas minimum kecepatan, dan perintah menggunakan jalur khusus.

Penggunaan warna dasar biru disertai warna garis tepi putih, warna lambang putih, warna huruf dan/atau angka putih, dan warna kata-kata juga putih.

4. Hijau

Foto menunjukkan rambu-rambu petunjuk arah

Rambu warna Hijau untuk menunjukkan arah lokasi

Warna dasar biru dipakai penunjuk jurusan/lokasi wilayah atau informasi lain kepada pengguna jalan. Letak rambu-rambu biasanya menjelang persimpangan, atau di jalur untuk mencapai jurusan yang dituju.

Penggunaan warna dasar hijau disertai warna garis tepi putih, warna lambang putih, dan warna huruf dan/atau angka putih.

>>> 10 Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Sering Muncul di Jalan

5. Coklat

Foto menunjukkan Rambu-rambu lalu lintas larangan

Rambu warna Coklat petunjuk untuk jurusan khusus

Warna dasar coklat dipakai untuk petunjuk jurusan khusus dan kawasan wisata. Penggunaannya disertai garis tepi putih, lambang putih, huruf dan/atau angka juga warna putih. Warna dasar coklat bisa juga disertai simbol atau lambang sesuai dengan kearifan lokal.

6. Jingga

Foto menunjukkan Rambu-rambu lalu lintas warna jingga

Rambu peringatan warna Jingga jarang terpakai

Warna dasar jingga dipakai pada rambu peringatan, rambu  larangan, rambu perintah, dan rambu petunjuk yang bersifat sementara. Karenanya rambu-rambu ini dibuat dalam bentuk kontruksi yang bisa dipindah-pindahkan dan dipasang untuk jangka waktu yang terbatas. Penggunaan warna dasar jingga disertai warna garis tepi hitam, warna lambang dan/atau tulisan hitam.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top