Kenali Cara Kerja Teknologi Cruise Control agar Berkendara Makin Nyaman

09/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Kenali Cara Kerja Teknologi Cruise Control agar Berkendara Makin Nyaman
Teknologi cruise control memungkinkan pengemudi dapat berkendara dengan kecepatan konstan tanpa perlu lelah menginjak pedal gas. Bahkan untuk mengaktifkannya hanya dibutuh menekan satu tombol.

Membahas mengenai teknologi mobil memang tidak ada habisnya. Ada banyak teknologi modern yang kini sudah diterapkan di sejumlah kendaraan. Baik yang membantu keselamatan berkendara, atau yang menambah kenyamanan saat mengemudi.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil

Satu diantaranya keberadaan teknologi cruise control. Apa sih sebenarnya cruise control itu? Ya, sebagian pemilik mobil memang kurang familiar dengan teknologi ini, karena biasanya cruise control baru disematkan pada mobil-mobil mewah.

1. Melaju Tanpa Injak Gas

indikator cruise control

Cruise control memungkinkan mobil melaju konstan tanpa di gas

Secara garis besar, teknologi cruise control memungkinkan kendaraan melaju tanpa harus pengemudi menginjak pedal gas. Mobil akan melaju secara konstan pada kecepatan tertentu secara terus menerus selama teknologi ini diaktifkan.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik disini

Karena berkendara pada kecepatan tertentu secara konstan untuk waktu yang lama, maka cruise control mampu menekan tingkat efisiensi bahan bakar dari kendaraan tersebut. Hal ini karena putaran mesin berlangsung stabil.

2. Cara Aktifkan

Tombol cruise control di setir

Aktifkan cruise control melalui tombol ini

Teknologi cruise control tidak bekerja secara otomatis, melainkan harus diaktifkan oleh pengemudi. Biasanya melalui tombol yang letaknya di setir bersamaan dengan tombol audio dengan tulisan "CRUISE"

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas cek disini

Untuk mengaktifkannya, Anda lebih dulu harus memastikan kondisi jalan tengah lenggang dan memungkinkan berkendara pada kecepatan konstan. Misalnya di jalan tol luar kota. Kemudian berkendaralah pada kecepatan tertentu, minimum 80 km/jam selama sekitar 5 detik.

Selanjutnya tekan tombol cruise control beberapa saat. Nantinya akan ada logo peringatan fitur ini telah aktif pada panel instrument. Jika sudah, coba lepas kaki dari pedal gas, jika mobil masih tetap melaju dan kecepatan mobil konstan, maka fitur ini telah aktif.

Teknologi cruise control bekerja dengan cara membaca sensor dari driveshaft kopel, speedometer, dan tachometer. Saat Anda menginjak pedal rem, maka cruise control akan kembali non aktif.

>>> Tips & trik menarik lainnya cek disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Berkendara Di Berbagai Kondisi Jalan

26/06/2017

Pengemudian

Ada banyak jenis jalan yang kita lalui saat berkendara. Bisa jalanan perkotaan yang padat dan macet, bisa juga jalanan pegunungan yang menanjak dan menurun secara curam. Untuk bisa selamat mengemudikan mobil di setiap kondiai jalan perlu melakukan tips sendiri. Tahukah Anda tips berkendara di berbagai kondisi jalan? Kalau belum tahu, silahkan simak tulisan di bawah ini.

Lihat juga

5 Bahaya yang Mengintai Ketika Anda Memakai Sabuk Pengaman

03/01/2018

Pengemudian

Sistem keamanan mobil yang kita miliki tidak selamanya menghindarkan kita dari masalah. Beberapa pengguna maupun para ahli di bidang otomotif menegaskan bahaya pada sabuk pengaman yang sering dilaporkan oleh pengemudi. Bahaya ini terkadang menghantui pengemudi dalam berkendara.

Lihat juga

Bagaimana Cara Melihat Umur Ban?

Semua komponen yang ada di dalam mobil bisa memberikan kenyamanan maupun petaka bagi pemilik mobil. Sebagai seorang pengendara, sebaiknya kita harus memperhatikan semua yang berhubungan dengan mobil kita sendiri. Tak terkecuali ban, yang merupakan salah-satu koponen penting untuk kenyamanan berkendara anda.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson XG CRDi 2017

08/05/2019

Editor rate:

Setelah dua tahun bersaing di segmen medium SUV Indonesia, akankah Hyundai Tucson XG CRDi 2017 masih jadi pilihan tepat mobil SUV di tahun 2019?

Lihat juga

Harga Polo 2021: Daftar Harga mobil Polo terbaru Januari

01/01/2021

Volkswagen

Bersamaan dengan dilangsungkannya ajang otomotif bergengsi yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menjadi kesempatan emas bagi pihak PT. Garuda Mataram Motor (GMM) untuk merilis varian terbarunya, Volkswagen Polo VRS 2018. Produk terbarunya ini akan memasuki jajaran keluarga Volkswagen Polo. Bagaimana tampilannya? Berapa harga Volkswagen Polo di setiap variannya?

Lihat juga
 
back to top