Kenali Cara Kerja Teknologi Cruise Control agar Berkendara Makin Nyaman

09/07/2019
Teknologi cruise control memungkinkan pengemudi dapat berkendara dengan kecepatan konstan tanpa perlu lelah menginjak pedal gas. Bahkan untuk mengaktifkannya hanya dibutuh menekan satu tombol.

Membahas mengenai teknologi mobil memang tidak ada habisnya. Ada banyak teknologi modern yang kini sudah diterapkan di sejumlah kendaraan. Baik yang membantu keselamatan berkendara, atau yang menambah kenyamanan saat mengemudi.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil

Satu diantaranya keberadaan teknologi cruise control. Apa sih sebenarnya cruise control itu? Ya, sebagian pemilik mobil memang kurang familiar dengan teknologi ini, karena biasanya cruise control baru disematkan pada mobil-mobil mewah.

1. Melaju Tanpa Injak Gas

indikator cruise control

Cruise control memungkinkan mobil melaju konstan tanpa di gas

Secara garis besar, teknologi cruise control memungkinkan kendaraan melaju tanpa harus pengemudi menginjak pedal gas. Mobil akan melaju secara konstan pada kecepatan tertentu secara terus menerus selama teknologi ini diaktifkan.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik disini

Karena berkendara pada kecepatan tertentu secara konstan untuk waktu yang lama, maka cruise control mampu menekan tingkat efisiensi bahan bakar dari kendaraan tersebut. Hal ini karena putaran mesin berlangsung stabil.

2. Cara Aktifkan

Tombol cruise control di setir

Aktifkan cruise control melalui tombol ini

Teknologi cruise control tidak bekerja secara otomatis, melainkan harus diaktifkan oleh pengemudi. Biasanya melalui tombol yang letaknya di setir bersamaan dengan tombol audio dengan tulisan "CRUISE"

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas cek disini

Untuk mengaktifkannya, Anda lebih dulu harus memastikan kondisi jalan tengah lenggang dan memungkinkan berkendara pada kecepatan konstan. Misalnya di jalan tol luar kota. Kemudian berkendaralah pada kecepatan tertentu, minimum 80 km/jam selama sekitar 5 detik.

Selanjutnya tekan tombol cruise control beberapa saat. Nantinya akan ada logo peringatan fitur ini telah aktif pada panel instrument. Jika sudah, coba lepas kaki dari pedal gas, jika mobil masih tetap melaju dan kecepatan mobil konstan, maka fitur ini telah aktif.

Teknologi cruise control bekerja dengan cara membaca sensor dari driveshaft kopel, speedometer, dan tachometer. Saat Anda menginjak pedal rem, maka cruise control akan kembali non aktif.

>>> Tips & trik menarik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain