Kenali 2 Teknik Putar Balik Mobil dan Cara Melakukannya!

23/06/2021

Pengemudian

3 menit

Anda bisa memilih salah satu dari 2 teknik putar balik mobil saat terjadi salah arah di jalan raya maupun saat ingin mengakses lokasi yang telah terlewati.

Banyak hal bisa terjadi dan ditemui saat berkendara di jalan raya. Dari kemacetan, pelanggaran lalu lintas, pengendara ngawur, hingga kesalahan-kesalahan yang berpotensi menimbulkan dampak fatal. Misalnya, pengendara pindah jalur tanpa menghidupkan lampu sein, atau pengendara putar balik mobil secara asal-asalan.

Yang terakhir ini yang cukup sering terjadi. Saat pengendara ingin putar balik mereka akan menempatkan mobilnya di lajur kiri, lalu memutar kendaraan secara penuh ke kanan hingga mobil masuk ke jalur kanan atau arah berlawanan.

Cara ini memang efektif, namun tidak direkomendasikan. Meskipun pengendara menyalakan lampu sein, tidak semua pengendara di belakang melihatnya karena terhalang kendaraan. Pengendara lain bisa saja berasumsi lajur kanan kosong dan mereka terus melaju untuk menyalip dan terjadilah kecelakaan.

>>> Besarnya Denda Putar Balik Di Jalan Tol Bikin Tekor Berlipat-lipat

2 Teknik Putar Balik yang Tepat

Untuk melakukan putar balik ada 2 teknik yang bisa dipilih salah satu sesuai dengan situasi dan kondisi, yaitu Three point Turn dan U-Turn.

  • Three point turn

Teknik ini disebut juga teknik maju mundur dengan tiga titik penghentian. Dilakukan maju mundur karena kendaraan tidak bisa berputar arah dalam sekali percobaan sebab lokasi kurang luas atau kendaraan terlalu besar.

Pertama; Hentikan kendaraan dan posisikan tetap di lajur kanan pada sisi paling luar. Tujuannya agar mendapatkan ruangan lebih untuk melakukan manuver. Jangan lupa lampu sein kanan sudah dinyalakan sejak sebelum sampai lokasi putar balik.

Kedua; Pastikan lokasi sekitar aman. Lihat spion untuk memastikan tidak ada sepeda motor yang nyelonong ingin menyalip. Sedangkan dari depan pastikan lalu lintas aman, tidak ada kendaraan melaju kencang. Jika lalu lintas tengah ramai, Anda bisa memberi kedipan sebagai pertanda ingin masuk.

Gambar menunjukkan Teknik putar balik Three Point Turn

Teknik putar balik Three Point Turn

Untuk melakukannya, masih dalam kondisi berhenti masukkan gigi satu untuk mobil transmisi manual atau tuas D untuk mobil matik. Putar kemudi penuh ke arah kanan lalu maju secara perlahan hingga sejauh mungkin dan berhenti.

>>> Mengenal Radius Putar Mobil, Hitungan Matematika untuk Berbelok

Masukkan gigi R, putar kemudi penuh ke kiri dan mundur secara perlahan dengan jarak secukupnya, lalu berhenti lagi. Masuk lagi ke gigi satu, putar kemudi ke kanan ke arah jalan sambil maju perlahan. Setelah dirasa pas Anda bisa menambah kecepatan dengan berpindah ke gigi 2 dan seterusnya.

  • U-Turn

Teknik U-Turn digunakan untuk putar balik dalam sekali percobaan. Teknik putar balik ini bias dilakukan jika lokasinya luas atau mampu mengakomodir radius putar kendaraan. U-turn hampir sama dengan three point turn kecuali dalam hal eksekusi putar baliknya.

Masukkan gigi satu atau D dan putar kemudi secara penuh ke kanan. Setelah jalur kanan dirasa aman. maju secara perlahan sampai kendaraan berbalik arah. Putar kemudi ke kiri dan arahkan ke jalan.

Foto mobil putar balik di jalan

Jika lokasi memungkinkan, putar balik bisa dilakukan dalam sekali percobaan

Untuk kedua teknik di atas, ada hal-hal penting yang wajib diperhatikan sebelum melakukannya. Pertama pastikan lokasinya tidak terlarang untuk putar balik atau tidak ada rambu larangan.

Foto menunjukkan pengendara motor melanggar rambu-rambu larangan putar balik

Putar balik di lokasi yang dilarang, selain melanggar aturan berlalu lintas juga membahayakan diri sendiri dan orang lain

Kedua dilakukan dengan penuh konsentrasi. Bagi pengemudi pemula mungkin sedikit kesulitan menggabungkan dasar mengoperasikan kendaraan dengan konsentrasi di jalanan. Jadi, harus sering-sering berlatih.

>>> Ada-ada Saja! Pengemudi Suzuki Jimny di China Nekat Putar Balik di JPO

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top