Kena Tilang Elektronik Karena Dijahili Oknum? Lakukan Hal Ini

30/07/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Kena Tilang Elektronik Karena Dijahili Oknum? Lakukan Hal Ini
Sistem tilang elektronik membuat kita semakin waspada dan semakin patuh dalam berlalu-lintas, namun apa yang terjadi jika kita mendapatkan surat tilang elektronik karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab?

Untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, sistem e-TLE (Elektronic Traffic Law Enforcment) atau biasa disebut tilang elektronik diaplikasikan oleh pihak kepolisian Indonesia. Dan sudah beroperasi sejak awal Juli.

Cara kerja sistem tilang elektronik menggunakan kamera berteknologi tinggi yang dapat mengawasi gerak-gerik pengguna jalan, tiap pelanggaran akan dianalisa oleh kepolisian, mulai dari hal paling remeh seperti melewati garis saat berhenti di lampu merah, tidak menggunakan sabuk pengaman, sampai pelanggaran lajur ganjil-genap.

Gambar menunjukkan Polisi menganalisa tilang elektronik

Petugas menganalisa pelanggaran e-TLE

>>> Serba serbi e-TLE, sistem tilang elektronik yang sedang viral saat ini

Setelah dianalisa oleh polisi, pasal yang dilanggar dan detail lainnya, sang pelanggar akan dikirimi surat oleh kepolisian menuju alamat rumah sesuai dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Untuk mengakali pelanggaran lajur ganjil-genap, para pengendara nakal kerap memalsukan nomor polisi pengendara lainnya, dan ini yang dialami seorang pemilik mobil Yaris bernomor polisi B-1826-UOR. Nomor mobilnya dipalsukan oknum nakal, dan naasnya ia mendapatkan surat yang menyatakan dirinya terkena tilang elektronik.

Dalam surat tilang itu, disebutkan ia melanggar lalu lintas karena tidak menggunakan sabuk pengaman di kawasan Monas pada tanggal 18 Juli 2019, padahal saat itu ia menuturkan tidak wara-wiri di kawasan tersebut. Setelah menerima lampiran serta mengakses e-TLE dan memastikan bahwa yang ditilang itu bukanlah mobilnya, sang pemilik mobil langsung melapor ke petugas Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya di Pancoran, Jakarta Selatan.

Kepada petugas, pemilik mobil menjelaskan perbedaan-perbedaan kendaraan miliknya dengan kendaraan pelanggar yang diduga menggunakan plat nomornya.

>>> Inilah Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Parking Brake di Lampu Merah

“Saya aneh dan saya coba teliti foto dan video yang ada di webnya e-TLE, jenis mobil dan nopolnya sih sama dengan mobil saya (Yaris 2012 B-1826-UOR), tapi bentuk grill dan warna mobilnya beda banget. Bisa diliat ini lagi,” ujar sang pemilik mobil seperti dilansir NTMC Polri.

Kasus pelanggaran tilang elektronik yang sedang viral

Kasus tilang elektronik yang sedang viral, sekaligus membuka borok pemalsuan plat kendaraan (sumber: Twitter @rdtyou)

Pihak kepolisian juga mengonfirmasi adanya dugaan pemalsuan pelat nomor tersebut, dan menyebutkan sang pemilik mobil telah melakukan konfirmasi serta pelaporan atas surat tilang elektronik yang ‘salah alamat’ itu.

“Yang bersangkutan menjelaskan ‘itu bukan kendaraan saya’, secara fisik dan pelat nomor memang sama, tetapi ia memastikan ada beberapa tanda khusus pada mobilnya yang berbeda dengan mobil si pelaku,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir.

Jika Anda terkena tilang elektronik dan merasa tidak melakukan pelanggaran tersebut, Anda dapat mengakses bukti-buktinya di website e-TLE (https://etle-pmj.info/). Dan jika memang benar Anda adalah korban ‘oknum nakal’, segera konfirmasi ke kepolisian bisa secara langsung, ataupun sosial media.

Berikut tips menghindari tilang elektronik akibat oknum nakal, untuk tips & trik lainnya bisa dilihat di Cintamobil.com.

>>> Simaklah tips dan trik yang berguan lainnya dengan klik sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Agar Tidak Salah, Ini Jenis Surat Tilang Yang Ada di Indonesia

27/07/2019

Pengemudian

2 menit

Beredarnya video viral pengemudi mobil yang menerobos razia hingga menabrak seorang polisi disayangkan oleh seluruh netizen. Diduga pengemudi tersebut takut ditilang. Padahal tidak perlu takut bila memang tidak melakukan kesalahan. Lantas aja jenis tilang apa saja di Indonesia?

Lihat juga

Ini Besaran Denda Tilang Paling Sering Dilakukan Pengemudi

26/07/2019

Pengemudian

2 menit

Razia yang kerap dilakukan polisi adalah untuk menertibkan para pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Ternyata ada 7 pelanggaran yang sering ditemukan baik saat razia maupun melakukan pelanggaran. Setiap pelanggaran tersebut tentu berbeda-beda besaran dendanya. Berikut besaran denda tilang yang sering dilakukan pengemudi di Indonesia.

Lihat juga

Tilang Elektronik Berlaku Untuk Pelat B, Bagaimana Dengan Yang Lain

03/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Polda Metro Jaya menegaskan tilang elektronik diberlakukan untuk kendaraan pelat B. Meski demikian kendaraan lain yang melakukan pelanggaran tetap bakal ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Lihat juga

Bakal Ada Syarat Baru Kredit Mobil Harus Bebas Denda Tilang

15/01/2019

Jual beli

Surat atau denda tilang yang tak diurus tak hanya bakal berbuah pemblokiran dokumen kendaraan, tapi bakal menimbulkan kesulitan lain. Si pelanggar bakal kesulitan saat mengajukan kredit mobil di perbankan dan dealer.

Lihat juga

Ini Pelanggaran Paling Banyak Ditilang Polisi Semarang di Hari Pertama Operasi Zebra

05/11/2018

Event - Promosi

Operasi Zebra 2018 yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai 30 Oktober 2018 menghasilkan banyak catatan pelanggaran dan tindakan tilang. Seperti yang dilangsungkan di kota Semarang Jawa Tengah, hari pertama Operasi Zebra 2018 mencatatkan sebanyak 537 penindakan.

Lihat juga
 
back to top