Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan

05/06/2019

Pengemudian

2 menit

Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan
Ketika pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk membuat pengemudi merasa nyaman dengan mengatasi mabuk kendaraan, Volkswagen malah ingin membuat penumpangnya mabuk di jalan. Kenapa ya?

Ternyata hal tersebut merupakan upaya dari Volkswagen untuk mengembangkan kendaraan swakemudi. Mereka percaya bahwa salah satu tantangan dari kendaraan yang bisa berjalan sendiri adalah seringnya penumpang merasakan mabuk di jalan. Sebelum menemukan cara untuk mencegah mabuk kendaraan, Volkswagen (VW) mencari penyebab spesifiknya.

anak kecil berbaju putih yang sedang memegang kantong plastik berwarna merah

Volkswagen membuat penumpangnya mabuk kendaraan untuk mengatasinya

Peneliti VW di Jerman secara aktif berusaha menemukan cara untuk membuat penumpang mabuk di dalam mobil. Dalam satu pengetesan di trek Ehra-Lessien, seorang relawan ditempatkan di kursi penumpang depan sebuah Audi A4 yang melaju di belakang Volkswagen Passat. A4 menggunakan adaptive control cruise untuk mengikuti Passat diikuti dengan pola stop-and-go. Relawan juga menonton video di tablet, pekerjaan yang seringkali memicu mual selama berkendara.

>>> Sabuk Pengaman Berpenghangat Mercedes-Benz Bukan Hanya untuk Kenyamanan

Berdasarkan hasil tersebut, sepertiga dari relawan yang diuji rentan terhadap mabuk kendaraan. Tetapi VW percaya siapapun bisa mengalaminya dengan kondisi yang tepat. Penumpang lebih cenderung mabuk dibandingkan pengemudi karena pengemudi bisa menganalisa keadaan di depan, memungkinkan mereka untuk menyesuaikan dan beradaptasi.

Namun masalah sebenarnya terletak pada pengembangan kendaraan swakemudi. Teknologi yang membuat tidak ada lagi “pengemudi” selama berkendara memposisikan dua orang yang duduk di depan sama-sama sebagai penumpang. Membuat keduanya lebih rentan mengalami mabuk kendaraan.

>>> Teknologi terbaru dunia otomotif bisa Anda dapatkan di sini

penumpang yang sedang menggunakan kacamata milik Volkswagen

VW menggunakan kacamata untuk mengurangi potensi mabuk kendaraan

Beberapa cara telah dikembangkan untuk mengatasi masalah ini. Termasuk menerapkan kursi yang bergerak sebagai reaksi terhadap perubahan dalam akselerasi, pengereman, maupun ketika menikung. Mereka juga mengembangkan strip LED yang menyala merah dan hijau untuk memberikan peringatan visual bagi penumpang ketika kendaraan akan berakselerasi maupun mengerem.

Meskipun VW mengungkapkan ide-ide awal yang dikembangkan mengalami “kesuksesan awal”, namun teknologi tersebut masih belum siap untuk diproduksi. VW mengungkapkan akan melakukan “penelitian lebih lanjut” tentang mabuk darat dan cara mencegah penumpang mabuk di jalan.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top