Keluhan Lampu Xpander: Ganti Saja Kaca Filmnya

22/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Keluhan Lampu Xpander: Ganti Saja Kaca Filmnya
Meskipun menjelma sebagai salah satu penguasa segmen Low MPV di Indonesia, keluhan lampu Xpander mulai mengganggu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Saat ini, Mitsubishi Xpander memang menjadi tulang punggung merek Tiga Berlian di Indonesia. Dengan pemesanan lebih dari 80 ribu unit, Xpander seakan tanpa celah di pasar otomotif Indonesia. Namun, beberapa masalah mulai menghantui, dan adanya keluhan tentang lampu Xpander merupakan masalah yang sering dialami oleh konsumen.

Gambar yang menunjukan ilustrasi lampu Mitsubishi Xpander yang dibawa pada malam hari

Konsumen merasakan lampu Xpander kurang terang jika dibawa berjalan malam hari foto: Rider Tua)

>>> Bagaimana Cara Memperbaiki Foglamp yang Rusak dengan Mudah?

Konsumen mengkritik pencahayaan lampu depan Xpander yang dirasa kurang terang dan mengganggu visibilitas ketika mengemudi pada malam hari. Pihak MMKSI sendiri memang mengakui masalah tersebut mengurangi pandangan ketika berkendara. Dari beberapa keluhan yang sudah dilayangkan kepada produsen, perusahaan mengaku telah mempelajari dan menemukan inti masalah setelah melakukan uji internal.

Dari penelitian yang dilakukan, masalah yang timbul bukan pada sistem pencahayaan, tapi pada lapisan kaca film yang menutup kaca depan. Kaca film disebut menghambat cahaya masuk ke kabin sehingga membuat pengemudi merasakan cahaya yang kurang terang.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips aman dalam perjalanan hanya di sini

Untuk kaca film Xpander, MMKSI menggunakan kaca film asal Jepang, Konica Minolta. Sama seperti yang digunakan untuk Mirage, Outlander Sport, dan Delica. Direktur Penjualan dan Pemasaran Divisi MMKSI, Irwan Kuncoro mengungkapkan solusi yang ditawarkan yaitu mengganti tipe kaca film, tapi masih dengan merek yang sama.

"Itu kan katanya mungkin terlalu gelap ya. Makanya kami ganti tipenya, merek tetap Konica. Tapi tidak ada masalah, hanya pengembangan saja jadi lebih bagus," jelas Irwan ketika ditemui oleh CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar yang menunjukan bagian depan dan lampu depan dari Mitsubishi Xpander

Untuk mengatasinya, ganti saja kaca film pada lampu depan Xpander (foto: YouTube)

Selain lampu Xpander, masalah yang dialami Mitsubishi lainnya yaitu inden kendaraan yang cukup lama. Bukan hanya di Pulau Jawa saja, antrian inden Xpander meluas hingga Batam. Namun pihak MMKSI menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengantisipasi masalah tersebut dengan menggenjot produksi. Pada September nanti, diharapkan konsumen akan hanya akan menunggu satu hingga dua bulan saja.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top