Kelalaian yang Biasa Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic

19/05/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Meski berkendara menggunakan mobil matic terbilang lebih sederhana ketimbang mobil manual, ada beberapa kelalaian yang kerap terjadi dan patut Anda waspadai.

Mobil dengan transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan mobil matic merupakan jenis mobil yang sangat digemari di Indonesia belakangan ini, khususnya oleh kaum hawa. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena mobil bertransmisi otomatis lebih nyaman untuk digunakan, pengoperasiannya lebih sederhana, serta praktis mengingat kondisi jalanan yang padat dan macet. Meski begitu, para pengendara tetap harus waspada dan berhati-hati saat mengendarainya. Pasalnya tetap ada risiko kecelakaan mengintai saat mengendarai mobil matic

Penyebab kecelakaan pun beragam, mulai dari kesalahan teknis, human error, hingga kelalaian manusia. Namun, ternyata risiko kecelakaan akibat kelalaian yang dilakukan oleh pengendara mobil matic jauh lebih besar dibandingkan kelalaian yang disebabkan oleh pengendara mobil manual. Berikut adalah beberapa macam kelalaian yang kerap terjadi ketika mengendarai kendaraan matic.

1. Salah Injak Pedal

Salah menginjak pedal mungkin terdengar sepele, namun akibat yang ditimbulkan cukup fatal. Kelalaian salah menginjak pedal umumnya terjadi pada orang-orang yang baru belajar mengendarai mobil atau pemula serta mereka yang sudah terbiasa mengemudikan kendaraan matic menggunakan dua kaki. Pada orang-orang yang baru belajar berkendara, tingkat kepekaan atau refleksnya masih sangat rendah sehingga risiko salah menginjak pedal akan semakin sering terjadi. 

Tidak menutup kemungkinan situasi seperti ini juga bisa dialami oleh mereka yang sudah terbiasa mengendarai kendaraan matic dengan dua kaki. Ketika ada hal yang terduga terjadi saat berkendara, para pengendara seringnya merasa panik dan tidak bisa berpikir jernih. Ketika seharusnya menginjak pedal rem, yang diinjak malah pedal gas. Akibatnya, mobil akan melaju tanpa terkendali dan berisiko menabrak apa pun yang ada di depannya. 

>>> Jangan Asal Terobos, Ini Cara Mengendarai Mobil Matic saat Banjir

salah menginjak pedal sering menjadi kesalahan saat menyetir mobil matic

Salah injak antara pedal rem dan pedal gas dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan

2. Salah Memindahkan Gigi

Saat belajar berkendara, salah satu hal terpenting yang harus Anda kuasai adalah cara memasukkan atau memindahkan gigi. Seperti yang Anda ketahui, setiap gigi kendaraan matic maupun manual tentunya memiliki fungsi masing-masing. Namun, mengingat transmisinya otomatis, perpindahan gigi pada kendaraan matic jauh lebih mudah ketimbang mobil manual yang butuh pola khusus untuk memindahkannya. 

Karena mudah, pengendara menjadi sering tidak sadar kalau gigi pada mobilnya sudah berpindah akibat tidak sengaja tersentuh. Oleh karena itu, sebelum merilis pedal rem dan menginjak pedal gas, sebaiknya pastikan posisi gigi sudah tepat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

>>> Mengenal 3 Jenis Oli Mobil Matic dan Perawatannya

3. Tidak Masuk Gigi Netral saat Berhenti

Tidak masuk gigi Netral ketika dalam posisi berhenti juga merupakan salah satu kelalaian yang harus diwaspadai saat mengendarai kendaaran matic. Bagi pemula, sangat disarankan untuk memindahkan gigi ke posisi netral saat sedang berada di tengah kemacetan atau di lampu merah. Mengapa demikian? Apabila Anda menginjak rem terus-terusan dalam kondisi itu, maka akan berdampak pada kampas rem yang menjadi cepat aus. 

Selain itu, menggunakan rem kaki dalam situasi tersebut juga berpotensi memicu kecelakaan. Misalnya, menabrak kendaraan yang ada di hadapan Anda. Kecelakaan semacam itu akan terjadi apabila Anda kurang fokus atau tanpa sadar melepaskan injakan pada rem. Padahal pada kendaraan matic, jika Anda melepaskan rem, mobil Anda akan melaju pada kecepatan rendah meski pedal gas tidak diinjak.

tidak memasukkan gigi netral saat berhenti menjadi kesalahan saat mengendarai matic

Memindahkan gigi dengan tepat merupakan hal yang harus dikuasai oleh pengemudi saat berkendara

>>> Dear Ladies, Sudah Tahu Belum Kelebihan-Kekurangan Mobil Matic Vs Manual?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top