Kebiasaan-kebiasan Kecil Ini Bisa Merawat Rem Mobil Anda

08/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Kebiasaan-kebiasan Kecil Ini Bisa Merawat Rem Mobil Anda
Merawat rem mobil ternyata bukanlah pekerjaan yang sulit. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari, Anda dapat membantu menjaga kinerja rem tetap prima.

Rem merupakan komponen pada kendaraan yang punya fungsi sangat penting. Karena melalui komponen inilah laju kendaraan bisa dihentikan saat dibutuhkan. Untuk itu, penting untuk selalu merawat rem mobil Anda.

Dalam merawat rem mobil, ternyata tidak perlu biaya mahal dan menghabiskan waktu lama. Cukup Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, maka Anda bisa menghindari risiko rem rusak saat kendaraan digunakan.

>>> 10 Penyebab Rem Blong Serta Solusinya

Berikut trik mudah dalam merawat rem mobil :

1. Cek Setiap Pagi

minyak rem mobil

Periksa kondisi minyak rem sebelum mesin mobil dipanaskan

Lakukan pengecekan rutin terhadap kondisi rem mobil Anda sebelum Anda berpergian. Ini bisa dilakukan pagi hari sebelum mesin mobil dinyalakan. Pertama buka kap mesin dan lakukan pengecekan kondisi minyak rem. Pastikan jumlah minyak rem tidak kurang dari batas garis minimum. Jika warna minyak rem sudah berubah kecokelatan, maka itu juga jadi pertanda minyak rem harus diganti.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Tes Kondisi Rem Mobil di Rumah

injak pedal rem mobil

Tes kondisi rem sebelum Anda berpergian

Setelah mesin dipanaskan, maka sebaiknya Anda lakukan juga pengetesan rem secara berkala sebagai bagian dalam merawat rem mobil Anda. Caranya bisa dengan memaju atau mundurkan mobil beberapa meter lalu rem tiba-tiba.

Tes ini bisa Anda lakukan saat masih berada di dalam garasi, atau ketika mobil akan keluar garasi. Jika terdengar bunyi saat rem diinjak, atau rem baru bekerja saat pedal sudah diinjak terlalu dalam, maka tandanya harus dilakukan perbaikan pada komponen tersebut.

3. Perhatikan Teknik Pengereman

kaki mengerem

Teknik pengereman yang tepat juga membantu merawat rem mobil Anda

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Merawat rem mobil bisa juga dilakukan dengan perlakuan terhadap komponen tersebut saat mobil melaju. Untuk mobil yang belum dilengkapi sistem ABS (Antilock Braking System), maka saat hendak mengerem, lakukan secara bertahap. Jangan injak pedal rem langsung secara dalam, karena bisa membuat rem mengunci dan menimbulkan panas pada kampas rem.

4. Rutin Cuci Mobil

membersihkan rem mobil

Jangan biarkan debu atau kotoran menempel terlalu lama di komponen rem

Selain untuk membuat eksterior dan interior mobil bersih, rutin mencuci mobil juga sekaligus menjadi bagian dalam merawat rem mobil Anda. Karena kotoran yang menumpuk pada ban atau pelek, bisa juga membuat cakram atau komponen rem lainnya ikut kotor. Jika penuh debu, maka kinerja rem akan menurun.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda

13/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Servis rutin rem mobil perlu dilakukan secara insentif agar komponen ini bekerja maksimal. Namun servis tidak selalu harus dilakukan ke bengkel, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah.

Lihat juga

Tanpa Bantuan Montir, Ini Cara Membersihkan Rem Mobil

06/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Melakukan perawatan mekanikal pada mobil tidak semuanya harus dilakukan ke bengkel, Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Termasuk cara membersihkan rem mobil. Berikut langkah-langkahnya.

Lihat juga

Rem Mobil Berdecit? 2 Komponen Ini Penyebabnya

Banyak pemilik mobil yang membiarkan saat rem mobil berdecit. Padahal jika dibiarkan rem bisa blong atau cakram rem melenting. Jika sudah seperti ini akan membahayakan Anda ketika berkendara dan perbaikannya bakal sangat mahal.

Lihat juga

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019

Editor rate:

Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

Lihat juga

Suzuki Grand Vitara 2020: Daftar Harga mobil Grand Vitara terbaru September

01/09/2020

Suzuki

Suzuki memang tidak jemu-jemunya dalam memberikan pembaharuan pada produk-produk legendarisnya. Pada kategori mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Suzuki Grand Vitara misalnya, produk yang satu ini dirilis pertama kali pada tahun 1998 lalu dan terus diberikan pembaharuan inovatif hingga tahun 2014. Kira-kira apa saja yang menarik dari mobil ini? Berapa harga Suzuki Grand Vitara terbaru ini? Berikut informasi selengkapnya sobat Cintamobil.com.

Lihat juga