Kebiasaan-kebiasan Kecil Ini Bisa Merawat Rem Mobil Anda

08/10/2019

Pengemudian

5 menit

Kebiasaan-kebiasan Kecil Ini Bisa Merawat Rem Mobil Anda
Merawat rem mobil ternyata bukanlah pekerjaan yang sulit. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari, Anda dapat membantu menjaga kinerja rem tetap prima.

Rem merupakan komponen pada kendaraan yang punya fungsi sangat penting. Karena melalui komponen inilah laju kendaraan bisa dihentikan saat dibutuhkan. Untuk itu, penting untuk selalu merawat rem mobil Anda.

Dalam merawat rem mobil, ternyata tidak perlu biaya mahal dan menghabiskan waktu lama. Cukup Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil, maka Anda bisa menghindari risiko rem rusak saat kendaraan digunakan.

>>> 10 Penyebab Rem Blong Serta Solusinya

Berikut trik mudah dalam merawat rem mobil :

1. Cek Setiap Pagi

minyak rem mobil

Periksa kondisi minyak rem sebelum mesin mobil dipanaskan

Lakukan pengecekan rutin terhadap kondisi rem mobil Anda sebelum Anda berpergian. Ini bisa dilakukan pagi hari sebelum mesin mobil dinyalakan. Pertama buka kap mesin dan lakukan pengecekan kondisi minyak rem. Pastikan jumlah minyak rem tidak kurang dari batas garis minimum. Jika warna minyak rem sudah berubah kecokelatan, maka itu juga jadi pertanda minyak rem harus diganti.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Tes Kondisi Rem Mobil di Rumah

injak pedal rem mobil

Tes kondisi rem sebelum Anda berpergian

Setelah mesin dipanaskan, maka sebaiknya Anda lakukan juga pengetesan rem secara berkala sebagai bagian dalam merawat rem mobil Anda. Caranya bisa dengan memaju atau mundurkan mobil beberapa meter lalu rem tiba-tiba.

Tes ini bisa Anda lakukan saat masih berada di dalam garasi, atau ketika mobil akan keluar garasi. Jika terdengar bunyi saat rem diinjak, atau rem baru bekerja saat pedal sudah diinjak terlalu dalam, maka tandanya harus dilakukan perbaikan pada komponen tersebut.

3. Perhatikan Teknik Pengereman

kaki mengerem

Teknik pengereman yang tepat juga membantu merawat rem mobil Anda

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Merawat rem mobil bisa juga dilakukan dengan perlakuan terhadap komponen tersebut saat mobil melaju. Untuk mobil yang belum dilengkapi sistem ABS (Antilock Braking System), maka saat hendak mengerem, lakukan secara bertahap. Jangan injak pedal rem langsung secara dalam, karena bisa membuat rem mengunci dan menimbulkan panas pada kampas rem.

4. Rutin Cuci Mobil

membersihkan rem mobil

Jangan biarkan debu atau kotoran menempel terlalu lama di komponen rem

Selain untuk membuat eksterior dan interior mobil bersih, rutin mencuci mobil juga sekaligus menjadi bagian dalam merawat rem mobil Anda. Karena kotoran yang menumpuk pada ban atau pelek, bisa juga membuat cakram atau komponen rem lainnya ikut kotor. Jika penuh debu, maka kinerja rem akan menurun.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top