Kebiasaan-Kebiasaan Mengurangi Umur Transmisi Mobil

16/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Kebiasaan-Kebiasaan Mengurangi Umur Transmisi Mobil
Tiba-tiba berhenti mobil, tidak memanaskan mobil dulu, lupa mengganti oli adalah beberapa kebiasaan yang buruk akan mengurangi umur transmisi mobil.

Transmisi mobil adalah bagian yang sangat sensitif dan mudah dilukai kalau sopir tidak mengetahui cara tepat memakainya. Ternyata ada banyak  orang yang  mempunyai kebiasaan biasaan yang tidak bagus dalam memakai transmisi. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang Anda harus  hindari dalam memakai  mobil supaya transmisi mobil tidak cepat rusak.
 

Gambar Sistem transmisi mobil
Sistem transmisi sangat sensitif 
 

1. Tiba-tiba berhenti mobil

Jangan tiba-tiba berhenti mobil karena aksi itu akan langsung mempengaruhi sistem transmisi mobilnya. Transmisi selalu mengalami masalah karena ceroboh sopir.Aksi tiba-tiba  menghentikan  mobil tidak hanya membuat transmisi bermasalah saja tetapi juga mempengaruhi bagian-bagian lain mobil seperti ban mobil cepat tipis dan konsumsi bahan bakar juga naik.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman mengemudi mobil

2. Tidak memanaskan mobil dulu

Hampir semua pengemudi lupa melakukan aksi ini sebelum menggunakan mobil. Seperti kebiasaan, ketika masuk ke dalam mobil, pengemudi mulai operasi mesin dan pergi. Jika mesin  belum dipanaskan dulu, banyak bagian lain dalam mobil belum mencapai suhu ideal dan  oli pun belum efisien. Oleh karena itu, transmisi cepat aus karena oli belum mencapai suhu yang dibutuhkan.
>>> Baca juga: 4 tanda sistem transmisi mengalami masalah

laki-laki sedang mengganti oli untuk mobil

Lupa mengganti oli mobil akan menurunkan umur sistem transmisi 

3. Lupa mengganti oli

Ada banyak alasan untuk  telat  mengganti oli mobil. Tetapi Anda harus ingat bahwa  oli sudah lama memakai akan memunculkan beberapa kotoran dan langsung mempengaruhi kelancaran dalam operasi transmisi. Di samping itu, memakai oli berkualitas rendah juga berdampak negatif bagi sistem transimi.

Transmisi adalah bagian yang sangat sensitif jadi Anda harus lebih banyak merawatnya. Jangan melakukan hal-hal yang tidak bagus untuk transmisi. Jagalah sistem transmisi mobil supaya mobil Anda berjalan dengan bagus dan tidak tiba-tiba mogok di tengah jalan.
>>> Untuk tahu tips dan trik otomotif lainnya, klik sini

Share this post:
 
back to top