Mengenal Lebih Dekat Kabin Truk, Tempat Pengemudi 'Ngantor'

07/06/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Lebih Dekat Kabin Truk, Tempat Pengemudi 'Ngantor'
Kabin truk bukan lagi sekadar ruang tertutup yang ditempati oleh pengemudi dan asisten (kernet) karena berkembang dengan tambahan ruang istirahat yang nyaman

Secara umum, kabin truk memiliki definisi sebagai ruang tertutup yang ditempati oleh pengemudi dan penumpang (lebih tepatnya asisten pengemudi alias kernet). Seiring perjalanan waktu, desain kabin untuk truk berkembang dengan tambahan ruang khusus sebagai tempat istirahat pengemudi atau kerap disebut sebagai 'sleeper cab'.

Nah,  kabin untuk truk versi sleeper cab dirancang pada truk yang melakukan perjalanan jarak jauh dan memungkinkan  pengemudi melepas lelah serta tidur di dalam ruang kabin. Sedangkan kabin untuk truk tanpa ruang tidur punya nama “day cab” karena hanya digunakan pada perjalanan dengan jarak relatif dekat dan tidak memungkinkan pengemudi untuk tidur di dalam kabin truk. Saat ini secara umum ada dua macam desain kabin yang dominan untuk truk; cab over engine dan conventional  cab. 

>>> Ragam Karoseri Truk Sesuai dengan Kebutuhan Pemakainya

Cab Over Engine

gambar truk

Kabin jenis COE sangat populer untuk truk yang beredar di kawasan Eropa 

"Cab over engine" (COE) atau "flat nose" mengacu pada posisi pengemudi yang berada di atas sumbu roda depan dan mesin. Desain kabin truk jenis COE sangat populer di Eropa yang memberlakukan regulasi ketat terkait ukuran panjang maksimal truk dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Selain di Eropa, desain kabin truk model COE juga populer di Amerika Serikat terutama sebelum tahun 1980-an, dan salah satu contohnya adalah truk yang populer dalam film serial televisi “BJ and the Bear”. Namun kemudian desain kabin truk versi COE kalah bersaing dengan desain kabin truk berhidung setelah regulasi soal ukuran panjang truk di Amerika Serikat dilonggarkan mulai tahun 1980-an. Lebih tepatnya, peraturan soal panjang truk di Amerika Serikat hanya  membatasi panjang minimal truk, bukan panjan maksimal.

gambar truk

Kabin jungkit menjadi ciri khas pada truk yang menganut desain kabin jenis COE 

Oh iya, satu ciri khas COE adalah kabin jungkit ("tilt-cab") untuk memaksimalkan akses ke ruang mesin. Sebelumnya, mekanik harus mengangkat jok pengemudi dan kernet untuk mendapatkan akses ke ruang mesin. Sesuai kebutuhan operasional, kabin untuk truk jenis COE tersedia dalam pilihan day cab dan sleeper cab. Pilihan kabin truk day cab cocok untuk truk dengan rute perjalanan relatif dekat dan tidak menginap. Sedangkan desain kabin untuk truk sleeper cab mencakup dengan ruang istirahat termasuk ruang tidur untuk pengemudi di bagian belakang.  

Conventional Cab 

gambar truk

Truk dengan kabin berhidung sangat populer di Amerika Utara dan Australia  

"Conventional cab” alias truk berhidung menjadi jenis kabin yang paling populer di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Canada) serta Australia (road train). Di Inggris, sebutan untuk truk dengan kabin konvensional adalah "American cabs", sedangkan predikat  "torpedo cabs" berlaku di Belanda. Pada truk dengan kabin konvensional, pengemudi berada di belakang mesin, sama seperti mobil penumpang atau pick-up. Kini, sebanyak truk dengan kabin konvensional generasi terbaru yang menampilkan desain streamline berupa kap mesin landai dan deflektor angin di bagian atap untuk mereduksi hambatan angin. Awalnya, akses ke ruang mesin dibantu oleh kap mesin yang membuka ke arah samping atas. Belakangan, desain kabin pada truk berhidung dibuat dengan tilt cab untuk  ruang mesin sehingga akses pemeliharaan semakin mudah.

gambar truk

Truk berhidung yang merangkap sebagai rumah berjalan dengan ruang tidur yang nyaman   

Kabin untuk truk berhidung juga tersedia dengan pilihan day cab dan sleeper cab. Namun, karena banyak pengemudi truk di Amerika Serikat yang berstatus sebagai “owner & operator”, maka para produsen truk di negeri Uncle Sam saling berlomba membuat truk berhidung dengan sleeper cab. Dengan demikian, truk berhidung merangkap sebagai rumah berjalan dan memiliki  ruang tidur yang nyaman.  

>>> Tips Aman Mengemudi di Sekitar Truk
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com. Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk memb
 
back to top