Jujur Aja Sama Pacar Kalau Tidak Bisa Nyetir Mobil

13/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Jujur Aja Sama Pacar Kalau Tidak Bisa Nyetir Mobil
Jujur saja pada pacarmu kalau kamu tidak bisa nyetir mobil. Itu lebih baik dibanding mencari seribu alasan, atau coba-coba nyetir yang justru berbahaya besar.

Bagi sebagian orang, mengemudi adalah kebutuhan, sebagian yang lain merasa sebagai kebanggaan. Meski belum punya mobil, asal bisa mengemudi orang bisa dengan mudah mendapatkan mobil dengan jalan meminjam orang lain atau menyewa di rental.

Di hadapan orang lain seperti pacar, bisa nyetir mobil boleh menjadi nilai plus. Bagaimana jika tidak bisa nyetir, sementara sang pacar punya mobil dan minta disopiri?

Jujur tidak bisa nyetir

Yang terbaik adalah jujur jika kamu memang tidak bisa nyetir mobil atau mungkin belum. Hal itu bukan berarti kamu mati gaya, justru dengan kejujuran kamu tetap bisa romantis dengan pacarmu. Setidaknya kamu sudah menjaga keselamatan dirinya dengan tidak mengaku-ngaku bisa.

Ingat, jangan pernah coba-coba nyetir mobil tanpa belajar. Bukan hanya melanggar aturan berlalu lintas, tapi juga berbahaya bagi keselamatan karena 99 persen kamu pasti kecelakaan.

Foto menunjukkan saat sedang mengemudi

Wajib punya kompetensi untuk bisa mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan raya

Melanggar dan membahayakan

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 77 disebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai kendaraan bermotor yang dikemudikan. Sementara SIM hanya bisa didapat kalau pengemudi memiliki kompetensi mengemudi atau benar-benar bisa mengemudi, dibuktikan dengan ujian praktek saat mengajukan SIM di kepolisian.

>>> Sekarang Ada SIM Satnight, Layanan Perpanjangan SIM di Malam Minggu

Jika kamu tidak bisa nyetir mobil berarti kamu sama sekali tidak bisa memiliki SIM. Artinya, jika memaksakan diri mengemudi kamu sudah melanggar aturan berlalu lintas. Ancaman hukumannya penjara maksimal 4 bulan dan denda maksimal Rp1 juta. Cukup sampai disitu? Tidak!

Coba-coba nyetir padahal tidak bisa sama saja siap menjadi korban dan memakan banyak korban. Kamu mungkin salah menginjak gas dan rem. Harusnya berhenti menginjak rem malah menginjak gas, jadinya kalau tidak menabrak ya terperosok atau bahkan terjun.

Kamu mungkin tahu pedal gas, rem, dan kopling. Tapi tidak pernah tahu seberapa besar porsi tekanan yang dibutuhkan. Terlalu kuat menginjak gas mobil bisa menggerung kalau tidak melesat. Terlalu kuat menginjak kopling mobil tak bisa jalan, terlalu kuat melepas kopling mobil bisa mati. Terlalu kuat mengijak rem mobil bisa berhenti mendadak dan mesin mungkin mati karena kamu tidak tahu harus menginjak kopling juga. Belum lagi kamu tidak tahu bagaimana cara mundur yang benar, cara berbelok yang benar, cara mengepas jalan agar mobil tetap di jalur dan masih banyak lagi.

>>> Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan Cara Menyetir Mobil bagi Pemula

Foto menunjukkan dua mobil terlibat kecelakaan

Banyak sekali risiko di jalan raya

Intinya, jangan pernah coba-coba nyetir mobil kalau belum bisa sama sekali. Risikonya sangat besar bisa mengakibatkan korban harta benda dan jiwa. Kalau sampai membuat barang orang lain rusak atau orang lain terluka, hingga meninggal dunia hukumannya sangat berat.  Paling ringan penjara 6 bulan dan/denda Rp1 juta karena mengakibatkan kerusakan barang (Pasal 310 UU No.22 Tahun 2009), hingga penjara 12 tahun dan/denda Rp24 juta (Pasal 311 No.22 Tahun 2009).

Kembali ke awal, tak perlu malu di hadapan pacar hanya karena tidak bisa nyetir mobil. Justru dengan kejujuranmu dia bakal makin sayang dan mungkin juga mengarahkan kamu untuk belajar.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ini Cara Mengemudi Mobil Matic Avanza Veloz

26/04/2020

Pengemudian

8 menit

Cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil matic lain. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai mobil ini

Lihat juga

Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet

09/04/2020

Pengemudian

8 menit

Ada trik-trik tertentu untuk mengetahui cara mengemudi mobil manual di jalan macet yang perlu Anda pelajari. Ini agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman hingga tiba ditujuan.

Lihat juga

Nih Buktinya Main HP Saat Mengemudi Membahayakan Nyawa Orang Lain

03/04/2020

Pengemudian

3 menit

Pengemudi Honda Brio itu mengakui main HP saat mengemudi yang membuatnya kehilangan konsentrasi dan akhirnya menabrak pejalan kaki hingga meninggal dunia.

Lihat juga
 
back to top