JLR Perkenalkan Kabin Dengan Teknologi Active Noise Cancellation

13/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
JLR Perkenalkan Kabin Dengan Teknologi Active Noise Cancellation
JLR memperkenalkan teknologi Active Noise Cancellation di line-up terbarunya. Klaimnya, konsep ini dapat mengurangi kebisingan dalam kabin sebesar 10 dB.

Jadi salah satu cara untuk meningkatkan kekedapan dalam kabin, fitur noise cancellation bisa jadi konsep yang menarik untuk diterapkan ke line-up mobil modern.  Jaguar Land Rover jadi salah satu pabrikan yang sudah mengadopsi teknologi ini ke line-up Jaguar F-Pace, Jaguar XF, dan Range Rover Velar.

>>> Pangsa pasar kecil, JLR masih mau fokus impor

Mengurangi road noise sampai 10 dB

Klaimnya, teknologi active noise cancellation JLR bisa mengurangi road noise sampai 10 dB, dengan rata-rata berada di angka 3 sampai 4 dB. 
Ini sama seperti mengurangi volume radio sebanyak empat angka. Berkurangnya suara berfrekuensi rendah mulai 300 Hz juga dapat meminimalisir efek kelelahan pada pengemudi dalam perjalanan jauh.

Detail teknologi Active Noise Cancellation JLR

Teknologi ini dapat mengurangi kebisingan dalam kabin sampai 10 dB

Menurut studi dampak suara lalu-lintas terhadap reaksi berkendara yang dilakukan National Center for Biotechnology Information, pengemudi yang kelelahan mengalami peningkatan waktu respon sebesar 16,72% dibandingkan yang benar-benar sadar.

Teknologi active noise cancellation Jaguar Land Rover

Cara kerja teknologi ini menggunakan sound system kendaraan memakai sound system bawaan mobil

Adapun cara kerja teknologi active noise cancellation JLR dalam menghalau gelombang suara memanfaatkan sound system kendaraan, yang memonitor dan mengoptimalkan suara untuk seluruh penumpang mobil.

>>> JLR kembangkan teknologi layar sentuh predictive touch

Bersinergi dengan teknologi engine noise cancellation

Teknologi active road noise cancellation berkolaborasi dengan engine noise cancellation di F-Pace dan Range Rover Velar P400e plug-in hybrid untuk meningkatkan kenyamanan dalam kabin Jaguar Land Rover.

“Teknologi Active Road Noise Cancellation tidak hanya memiliki potensial untuk meningkatkan keselamatan berkendara, tapi juga meningkatkan kenyamanan pelanggan kami,” ujar Chief Medical Officer Jaguar Land Rover, Dr. Steve Iley.

“Di tengah pandemi ini, di mana ‘new normal’ muncul sebagai kebiasaan baru, kami berharap ekspektasi pelanggan terhadap transportasi pribadi berubah. Fokus ekstera akan diarahkan ke keselamatan, dan mobilitas bersih di mana ruang pribadi, kenyamanan, dan kebersihan jadi nilai utama.”

Selain teknologi active noise cancellation, Jaguar Land Rover juga tengah mengembangkan teknologi kabin lain seperti driver Condition monitor, dan juga cabin air ionisation dengan penyaring udara PM 2.5.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top