Jeep CJ “Genap”, Produk Ikonik Dengan Segudang Legenda  

13/04/2021

Pengemudian

5 menit

Jeep CJ “Genap”, Produk Ikonik Dengan Segudang Legenda    
Jangan pernah mengklaim sebagai "the true Jeep aficionado" kalau Anda belum tahu dan tidak tahu tentang produk Jeep CJ "Genap" yang ikonik dan legendaris

 

gambar jeep cj

Jeep CJ, produk ikonik dan legendaris 

>>> Tips Nyetir Di Medan Off-Road

Begitu mendengar kata  Jeep, yang langsung terbayang adalah produk ikonik seperti Jeep Willys MB, Jeep CJ-5, Jeep Wrangler, dan Jeep  Cherokee XJ. Begitu pula, Jeep punya product series CJ (Civilian Jeep) yang berderet panjang. Alhasil,  Jeep mempunyai product line-up yang sangat beragam. Secara umum,  Jeep CJ memiliki  nomenklatur angka ganjil dan juga angka genap (Jeep CJ "Genap"). Dan berikut ini beberapa contoh Jeep CJ dengan nomenklatur angka genap alias Jeep CJ "Genap" yang dihimpun tim Cintamobil.com. Jeep CJ "Genap" ini tergolong legendaris justru karena relatif tidak terkenal.

Jeep CJ-6

Pertama kali muncul pada tahun 1953 sebagai Jeep M170 (versi militer), varian sipilnya (Jeep CJ-6) tampil perdana pada tahun 1955 (sebagai model tahun 1956) dan mengakhiri masa dinasnya pada tahun 1981. Dari sisi teknis, Jeep CJ-6 adalah Jeep CJ-5 yang dimelarkan jarak sumbu rodanya hingga 508 mm (menjadi 2.565 mm  pada tahun 1955-1971 dan 2629 mm) untuk model tahun 1972–1981). Berbekal sasis yang lebih panjang, Jeep CJ-6 menawarkan konfigurasi yang lebih beragam termasuk kursi baris kedua dan beragam modifikasi kabin untuk berbagai keperluan operator.

gambar jeep cj-6

Jeep CJ-6, Jeep CJ "Genap" dengan sasis panjang menawarkan konfigurasi yang beragam dan lebih fleksibel 

Dalam perjalanan waktu, Jeep CJ-6 terkesan terlupakan karena terhimpit di antara dua raksasa legendaris;  Jeep CJ-5 dan  Jeep CJ-7. Padahal, Jeep CJ-6 punya banyak pilihan mesin seperti Jeep CJ-5 termasuk mesin 6 silinder AMC. Sayangnya, penjualan di Amerika Serikat kurang bagus sehingga Jeep menghentikan penjualan Jeep CJ-6 pada tahun 1975 bersamaan dengan peluncuran Jeep CJ-7. Pada sisi lain, Jeep tetap memasarkan  Jeep CJ-6 untuk pasar global, terutama ke  Amerika Selatan dan  Swedia. Dan, konsumen terbesar Jeep CJ-6 di Amerika Serikat adalah  US Forest Service.

Jeep CJ-8

Setelah penjualan Jeep CJ-6 di Amerika Serikat dihentikan pada tahun 1975 (seiring kemunculan Jeep CJ-7), para penggemar Jeep langsung berdemo menuntut Jeep untuk menyediakan produk serupa Jeep CJ-6. Jeep yang saat itu berada dalam naungan manajemen AMC menjawab dengan merilis Jeep CJ-8 "Scrambler" pada tahun 1981 dan diproduksi hingga tahun 1986. Secara tampilan, sosok Jeep CJ-8  sama seperti Jeep CJ-7, namun Scrambler memiliki sasis dengan jarak sumbu roda lebih panjang (2.629 mm vs 2.370 mm pada Jeep CJ-7). Selain jarak sumbu roda lebih panjang, Jeep CJ-8 juga dilengkapi  overhang belakang yang lebih panjang untuk memperbesar dimensi ruang bagasi. 

gambar jeep cj-8

Jeep CJ-8, Jeep CJ "Genap" yang melanjutkan generasi Jeep CJ dengan sasis panjang

Dalam hal mekanikal, Jeep CJ-8 bisa disebut sama dan sebangun dengan Jeep  CJ-7. Namun demikian, Jeep tidak pernah menawarkan opsi mesin AMC V8 304 (5,0 liter) untuk Jeep CJ-8. Terkait transmisi, tersedia pilihan transmisi otomatis 3-speed AMC Model 904 untuk  varian Scrambler bermesin 6 silinder segaris AMC 258. Dijual secara global dengan nama Jeep  CJ-8,  open cab pickup ini ditawarkan dalam pilihan  soft top atau  hardtop. Varian  Scrambler steel hardtop diekspor  ke  Australia, sedangkan  Scrambler versi  U.S. Postal Service yang berdinas di  Alaska dilengkapi lapisan pelindung kabin plus transmisi otomatis. Salah satu pengguna Scrambler adalah mantan Presiden AS  Ronald Reagan yang biasa memacu CJ-8 berwarna biru di ranch  “Rancho De Cielo” miliknya.  Saat masa produksi berakhir pada tahun 1986, Scrambler digantikan oleh  Jeep Commanche Pickup Truck. Nama  “Scrambler” berasal dari paduan stiker bodi dan velg berdesain unik. Sebagian kalangan menyebut Jeep CJ-8 sebagai mbah buyut Jeep Wrangler Gladiator yang kini menjadi salah satu produk unggulan Jeep.

>>> First Drive Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Off-Roader yang Nyaman

Jeep CJ-10

Boleh disebut hanya penggemar fanatik  Jeep yang paham tentang Jeep CJ "Genap" dengan nama Jeep CJ-10. Maklum saja, Jeep memang menyiapkan CJ-10 sebagai produk untuk pasar ekspor, terutama Australia pada kurun waktu 1981-1985. Sementara produk Jeep CJ lainnya  banyak beredar  untuk konsumen dalam negeri (USA). Jeep memilih  Australia untuk penjualan CJ-10 karena benua kanguru itu menjadi  pasar terbesar di dunia bagi light 4x4 utility pick-up. Berbekal CJ-10, Jeep menggantungkan harapan  untuk memikat  konsumen di Australia agar berpaling dari  Land Rover, Nissan Patrol dan Toyota Land Cruiser. Proyek Jeep CJ-10 dimulai tahun 1980, tetapi persiapan awal berlangsung sejak tahun 1977. 

gambar jeep cj-10

Jeep CJ-10, Jeep CJ "Genap" yang disiapkan khusus untuk pasar ekspor 

Dari sisi teknis, Jeep memakai platform Jeep J-10 Gladiator (pick-up) dengan bodi CJ untuk pengembangan Jeep CJ-10. O iya,  Jeep CJ-10 menjadi satu-satunya Jeep CJ dengan lampu kotak dan mempunyai 10 grille slat. Berdasarkan  riset pasar, AMC (American Motors Company) selaku APM Jeep saat itu membuat dua varian CJ-10 dengan  GVW 2676 kg (medium duty) dan  3039 kg (heavy duty) plus  tiga pilihan mesin (bensin 4 silinder 2,5 liter AMC, bensin 6 silinder 4,2 liter AMC dan diesel 6 silinder 3,3 liter Nissan).  Jeep CJ-10 dilengkapi gardan  depan Dana 44 dan gardan belakang Dana 44  atau  Dana 60, transmisi otomatis 3-speed Chrysler TorqueFlite 727 atau transmisi manual  Tremec T-177 4-speed serta atap soft-top  atau hard-top. 

Gambar Jeep CJ-10

Prototipe Jeep CJ-10 dilakukan tahun 1981

Pengujian  prototipe Jeep CJ-10 dilakukan pada tahun  1981 dan dilanjutkan produksi tahap awal sebanyak  300 unit di  pabrik  AM General di South Bend, Indiana. Memasuki tahun 1983,   produksi Jeep CJ-10 diboyong ke  pabrik VAM (Vehiculos Automores Mexicanos) di Mexico dan sekitar  500-600 unit keluar dari pabrik tersebut. Sebagian besar Jeep CJ-10 dijual ke Australia dan sejumlah  kecil lainnya beredar di  Amerika Selatan,  Sri Lanka, Canada, dan  Selandia Baru. Nilai tukar dolar AS yang terus menguat terhadap dolar Australia akhirnya memaksa  Jeep Australia untuk menghentikan penjualan Jeep CJ-10 mulai tahun 1985.   

>>> 5 Mobil Jeep Termahal di Indonesia

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top