Jangan Sepelekan, 3 Penyakit Ringan Ini Bisa Berbahaya Buat Pengemudi

30/12/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Jangan Sepelekan, 3 Penyakit Ringan Ini Bisa Berbahaya Buat Pengemudi
Kesehatan menjadi salah satu faktor utama keselamatan berkendara. Dan bukan hanya penyakit parah, penyakit ringan pun bisa menjadi berbahaya bagi pengemudi.

Keselamatan berkendara dipengaruhi banyak faktor, mulai kendaraan yang prima, tubuh yang sehat, skill pengendara mumpuni, perilaku berkendara beretika, kondisi lalu lintas dan cuaca yang mendukung, kemampuan mengendalikan emosi, serta berbagai faktor lain. Salah satu ada yang kurang, potensi bahaya di jalan semakin besar.

Foto situasi Tol Cipularang yang lengang

Mengemudi di jalan raya perlu konsentrasi penuh

Terkait kesehatan pengemudi, hal ini sangat penting karena berkendara membutuhkan fokus, konsentrasi tinggi, dan reflek yang baik. Masalahnya, di cuaca yang tidak menentu bahkan cenderung ekstrem seperti sekarang ini beragam penyakit bisa menyerang kapan saja tanpa memandang tempat dan suasana. Mulai dari yang ringan-ringan hingga yang berat-berat.

Penyakit juga bisa datang karena perilaku pengemudi sendiri. Misalnya kurang tidur karena semalam ada acara penting atau sekadar bergadang, mengkonsumsi makanan atau minuman yang kontradiktif dengan penerimaan tubuh, melakukan aktivitas-aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, hingga sekadang kehujanan atau kedinginan.

>>> Kabar Buruk, 3 Kecelakaan Terjadi di Jalan Tol RI Tiap Hari

Penyakit ringan

Beberapa penyakit dikenal sebagai penyakit ringan. Tapi buat pengemudi seringan apapun penyakit tidak boleh disepelekan sebab berpotensi merusak fokus dan konsentrasi. Penyakit ringan juga bisa menurunkan reflek berkendara untuk melakukan manuver saat dibutuhkan. Berikut ini 3 penyakit ringan yang bisa jadi berbahaya buat pengemudi!

1. Flu/Pilek

Foto menunjukkan pengemudi wanita sedang terkena flu

Sedang flu, sebaiknya istirahat dan jangan mengemudi

Banyak orang menganggap ringan penyakit ini hanya karena alasan masih bisa beraktivitas. Umumnya flu disertai pusing kepala hingga badan merasa nyeri dan sedikit lemas. Flu juga membuat orang sering bersin dan berasa ingusan. Bahayanya bagi pengemudi selain mengurangi konsentrasi adalah saat tiba-tiba bersin. Sebagai gambaran jika mobil berjalan dengan kecepatan 50 km/jam, berarti mobil berjalan sejauh 13,8 meter per detik. Jika dalam kecepatan tersebut pengemudi tiba-tiba bersin, itu sama saja mobil berjalan sepanjang 13,8 meter dalam kondisi buta. Lebih berbahaya lagi karena saat bersin pengemudi dapat kehilangan kontrol.

>>> Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi

2. Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah tidak terjadi setiap saat. Bisa datang kapan saja dan dimana saja, bahkan ketika mengemudi. Rasa nyeri yang kadang disertai mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara ini bisa terjadi hanya sesaat atau beberapa jam hingga beberapa hari. Sebagian orang memilih mengabaikan sampai rasa pusingnya hilang sendiri dan tetap beraktivitas seperti biasa. Bahayanya jika migrain ini datang saat mengemudi, konsentrasi bisa terganggu dan reflek menjadi lambat.

Foto pengemudi wanita merasa sakit kepala

Sakit kepala bisa sangat mengganggu

3. Sakit mata

Penyakit lain yang dianggap penyakit ringan yaitu sakit mata atau 'belekan'. Tapi jangan salah, sakit mata apapun bisa membuat tidak nyaman. Saat mengemudi sakit mata bisa menimbulkan gangguan visibilitas dan tentu saja berbahaya.

Solusi

Diserang 3 penyakit ringan di atas, sebaiknya jangan memaksakan diri mengemudi demi meminimalisir risiko kecelakaan. Jangan pula meminum obat sembarangan tanpa mengikuti petunjuk dokter atau petunjuk pemakaian dalam kemasan. Periksa juga obat yang dikonsumsi menimbulkan efek mengantuk atau tidak, sebab akan makin berbahaya jika mengemudi usai meminum obat yang punya efek samping mengantuk.

Paling aman bagi yang mengalami gangguan 3 penyakit di atas adalah beristirahat di rumah sampai kondisi badan benar-benar sehat untuk mengemudi. Atau jika terpaksa bepergian, biar orang lain yang mengemudi.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

Foto beberapa kendaraan singgah di Rest Area 391A ruas Tol Semarang - Batang

Manfaatkan rest area untuk beristirahat

>>> Beragam artikel tips dan trik lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Selamat Sampai Tujuan, Ini Tips Aman Beristirahat Saat Perjalanan Jauh

24/12/2019

Pengemudian

5 menit

Jelang pergantian tahun, tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau yang biasa disebut road trip. Agar selamat sampai tujuan, pengemudi butuh istirahat saat mulai kelelahan di perjalanan. Tentu, Anda juga harus berhati-hati saat beristirahat agar tidak mengalami kejadian yang tidak mengenakan, lalu apa saja tips aman beristirahat saat perjalanan jauh?

Lihat juga

Berikuti Cara Merawat dan Membersihkan Sabuk Pengaman yang Benar

24/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Meski kerap digunakan saat berkendara, tak banyak pemilik mobil yang sadar bahwa sabuk pengaman juga membutuhkan perhatian khusus dan perlu dirawat agar dapat berusia lebih panjang.

Lihat juga

Simak Tips Aman Menerjang Banjir Berikut ini Agar Terhindar Dari Kerusakan Serius

02/01/2020

Pengemudian

3 menit

Anda memang tak disarankan untuk menerjang banjir. Namun jika tak ada pilihan lain atau keadaan darurat, simak tips aman menerjang banjir berikut ini

Lihat juga

Ini Cara Tetap Aman Melewati Banjir dengan Mobil

02/01/2020

Pengemudian

3 menit

Hujan deras mengguyur Jakarta sore ini ciptakan genangan air tinggi yang cukup tinggi. Anda punya dua pilihan menerabas banjir atau tunggu jalan mengering?

Lihat juga

Nyaman dan Irit Buat Taksi Online, Ini Harga Honda Mobilio Bekas 2016

12/12/2019

Jual beli

5 menit

Honda Mobilio bekas 2016 adalah pilihan tepat jika butuh dijadikan armada taksi online. Karena mobil ini irit, nyaman, dan muat banyak barang dan penumpang.

Lihat juga