Jangan Sembarangan, Pakai Seatbelt yang Benar Juga Ada Aturannya

23/10/2019

Pengemudian

3 menit

Jangan Sembarangan, Pakai Seatbelt yang Benar Juga Ada Aturannya
Sabuk pengaman merupakan perangkat keselamatan kendaraan yang dirancang untuk mengamankan pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan di jalan.

Semua mobil pada umumnya dilengkapi dengan sabuk pengaman atau dikenal juga sebagai seatbelt. Fungsi utama dari seatbelt untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi hal yang tidak inginkan karena kecelakaan.

>>> Berikut Tips Mudah Hadapi Pengendara Motor Di Jalan

seatbelt mobil bagian dari keselamatan berkendara

Sabuk pengaman merupakan bagian dari fitur keselamatan berkendara

Pengemudi dan penumpang yang menggunakan seatbelt saat terjadi benturan ketika terjadi kecelakaan akan tertahan oleh sabuk pengaman. Sehingga pengemudi dan penumpang aman tidak akan terpental ke luar dengan risiko menyebabkan cidera yang cukup fatal.

>>> Promo mobil baru ada di sini

Dilansir dari situs Auto2000 Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat mengatakan, cara benar menggunakan sabuk pengaman adalah sebagai berikut:

Seatbelt atau sabuk pengaman

Perhatikan cara menggunakan sabuk pengaman yang benar untuk keselamatan Anda di jalan

1. Posisi duduk harus sejajar dengan punggung dengan sandaran kursi. Hindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang dibutuhkan.

2. Jika sandaran diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi kecelakaan ikat pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut, sehingga bisa menyebabkan cidera yang lebih serius.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada di sini

3. Sangat penting sabuk pengaman ada di bahu penumpang atau pengemudi. Jarak antara dada dan kepala atau bagian atas minimal 25 cm. Jadi, jangan meletakkannya di dekat leher atau di bawah ketiak.

4. Jangan sampai sabuk pengaman ditempatkan di perut. Sebab, seatbelt dirancang untuk memberikan kekuatan pada pinggang, sehingga tubuh tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan.

>>> Tips dan trik lainnya ada di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top