Jangan Sekali-Sekali Ngebut, Ini Cara Mengendarai Mobil Baru Di 1.000 Km Pertama

03/10/2019

Pengemudian

7 menit

Share this post:
Jangan Sekali-Sekali Ngebut, Ini Cara Mengendarai Mobil Baru Di 1.000 Km Pertama
Punya mobil baru? Tenang, jangan diajak kebut-kebutan dulu ya sobat. Pasalnya, ada beberapa komponen yang harus melewati masa adaptasi lebih dulu, sebelum akhirnya digunakan buat kebut-kebutan. Berikut cara mengendarai mobil baru di 1.000 Km pertama.

Cara Mengendarai Mobil Baru Di 1.000 Km Pertama

Rasanya punya mobil baru memang benar-benar mengasyikkan. Bahkan, saking gembiranya, kita serasa ingin mengajaknya berjalan-jalan putar kota dan memaksimalkan kecepatan. Mungkin istilah yang sering kita pahami adalah reyen.

Cara Mengendarai mobil baru di 1.000 Km Pertama harus dilakukan semulus mungkin, mengingat seluruh komponennya harus beradaptasi lebih dulu

Mobil baru sebaiknya diperlakukan dengan ‘manja’ jangan malah diajak untuk kebut-kebutan

Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan? Ya, semua pabrikan otomotif menganjurkan agar Anda mengendarai mobil baru sehalus mungkin dan tak perlu terburu-buru. Dilansir dari TUV SUD Germany, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terhadap mobil baru. Mari kita simak bersama cara mengendarai mobil baru di 1.000 Km pertama.

  • Perhatikan Batas RPM Di Setiap Kilometer

Dari pernyataan resminya, TUV SUD Germany mengatakan bahwa ada dua tipe mesin yakni mesin bensin dan mesin diesel. Untuk mesin bensin, pastikan Rotation Per Minute (RPM) tak lebih dari 2.500, khususnya di 1.000 Km pertama. Setelahnya, Anda bisa menaikkan ke angka 3.000 Rpm hingga mencapai 1.500 Km. Lakukan setiap tahapnya secara berlanjut, hingga meraih jarak tempuh 2.500 Km.

Begitu juga pada mesin diesel, yang tak boleh digeber lebih dari 2.200 Rpm di 1.000 Km pertama. Nah, ketika hendak mencapai 1.500 Km, barulah Anda boleh meningkatkan putaran di kisaran 2.500 hingga 2.800 Rpm. Lakukan peningkatan semacam itu hingga berhasil menyentuh jarak 2.500 Km.

Batasi Tingkat Rpm Selama 1.000 Km Pertama sehingga mesin dan seluruh komponen bisa beradaptasi dengan baik

Batasi Rpm seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya

Mengapa begitu Anda perlu perhatikan batas Rpm di setiap kilometer? Alasannya dikarenakan setiap mobil punya masa Running-In. Fenomena tersebut adalah ketika mesin dan komponen lainnya, membutuhkan waktu untuk beradaptasi secara optimal. Tak terkecuali, mesin, transmisi, Bearings dan hal lainnya, masuk dalam proses adaptasi di 1.000 Km pertama.

>>> Ketahui pula ulasan lengkap dari mobil-mobil terbaru dan terlengkap di sini

  • Jangan Melakukan Akselerasi Dan Pengereman Secara Tiba-Tiba

Intinya adalah jangan memberikan tekanan lebih kepada setiap komponen mobil. Terutama jangan melakukan akselerasi dan pengereman secara tiba-tiba, yang tentu saja memberi beban lebih nantinya. Seperti yang dianjurkan oleh semua perusahaan otomotif, sebisa mungkin kendalikan dan kendarai mobil dengan mulus, tak usah terburu-buru. Alangkah baiknya, apabila Anda juga membawa mobil baru di kondisi jalanan yang mulus tanpa menghadapi kemacetan.

Jangan Injak Pedal Gas dan Rem Secara Tiba-Tiba khawatir komponen belum beradaptasi secara sempurna dan dapat menimbulkan kerusakan

Jangan asal injak pedal gas dan pengereman terlalu dalam

>>> Simak juga daftar harga mobil baru dan bekas terlengkap dengan klik ini

  • Penggantian Oli Mesin Di 1.000 Km

Mesin mobil baru butuh waktu beradaptasi. Khawatir serpihan metal dari kerja mesin baru bermunculan dan bercampur dengan oli. Tentu, hal tersebut akan membuat oli mesin mobil baru menjadi sangat kotor dan dapat menggores ruang pembakaran. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan penggantian oli mesin di 1.000 Km pertama.

Ganti Oli Mesin Di 1.000 Km Pertama harus dilakukan karena oli mesin akan sangat kotor akibat gesekan serpihan metal

Ganti oli mesin di 1.000 Km, sesuai anjuran servis berkala dari pabrik otomotif

>>> Pahami juga tips dan trik mobil bermanfaat lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Jangan Sembarangan Membersihkan Ruang Mesin Mobil, Ini Cara yang Benar

30/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Banyak pemilik mobil menginginkan ruang mesin tetap bersih, agar layaknya kendaraan baru. Tapi membersihkan ruang mesin mobil juga tidak bisa sembarangan.

Lihat juga

Hindari Kebiasaan Ini Saat Menyalakan Atau Mematikan Mesin

21/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa melakukan ritual mematikan AC saat hendak mematikan maupun menyalakan mesin mobil. Saat akan menyalakan mesin, AC dalam kondisi mati dianggap dapat mengurangi beban kerja aki dalam memutar mesin. Ada juga beberapa kebiasaan lain yang dianggap berbahaya saat menyalakan atau mematikan mematikan mesin. Apa saja itu?

Lihat juga

Salah Satu Solusi Mengatasi Peraturan Ganjil Genap dengan Auto2000 Mobile, Bagaimana Caranya?

16/09/2019

Pengemudian

3 menit

Auto2000 mengeluarkan sebuah aplikasi yang akan membantu Anda mengatasi peraturan ganjil genap, yaitu dengan Auto2000 Mobile. Aplikasi ini akan membantu Anda mendapatkan rute ketika Anda menuju bengkel Auto2000.

Lihat juga

Tips Terhindar Dari Mobil Bekas Bermasalah

15/09/2019

Jual beli

3 menit

Membeli mobil bekas adalah salah satu solusi untuk Anda yang ingn membeli mobil impian namun belum mampu untuk model terbaru. Namun bila Anda tidak hati-hati, bisa saja tertipu dan mendapatkan mobil bekas bermasalah baik dari sisi teknis dan non-teknis. Nah, agar terhindar dari penjual yang nakal, berikut tips membeli mobil bekas yang aman.

Lihat juga

Ini Beberapa Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Sering Dilakukan

02/09/2019

Pengemudian

5 menit

Para pemilik mobil, kadang kala melakukan kesalahan menyalakan AC mobil. Berharap kabin mobil cepat dingin setelah menyalakan AC, malah hal sebaliknya yang didapat.

Lihat juga