Jangan Salah Pilih Sepatu Mengemudi Biar Aman dan Nyaman

28/06/2019

Pengemudian

4 menit

Jangan Salah Pilih Sepatu Mengemudi Biar Aman dan Nyaman
Saat harus pilih sepatu mengemudi, sebaiknya Anda jangan hanya terpaku pada selera dan modelnya saja. Namun harus memperhatikan beberapa hal berikut ini. Agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Ketika nyetir mobil, Anda memang disarankan untuk menggunakan sepatu, bukan sandal, atau bahkan telanjang kaki. Namun seperti apa sepatu mengemudi yang harus digunakan, mungkin belum banyak yang paham akan hal ini.

>>> Mengemudi Pakai High Heels, Sandal, Atau Tanpa Alas Kaki

Banyak pengemudi yang memakai sembarang model sepatu sesuai dengan selera dan mode yang mereka gemari. Padahal pilih sepatu mengemudi yang baik akan membuat Anda berkendara lebih aman dan nyaman.

1. Bahan

sepatu kulit

Sebaiknya pilih sepatu berbahan kulit

Ketika memilih sepatu yang akan Anda gunakan untuk mengemudi, sebaiknya pilih sepatu berbahan kulit. Hal ini lantaran kulit mempunyai sifat lentur dan memiliki daya tahan lebih kuat. Selain itu, bahan kuit juga membuat sepatu tetap nyaman walau digunakan untuk waktu yang relatif lama.

>>> Promo mobil baru yang menarik ada disini

Selain itu pilih sepatu yang mengikuti bentuk kaki dan cukup lentur. Tujuannya agar kaki leluasa untuk digunakan menginjak pedal gas, rem, maupun kopling. Jangan gunakan sepatu dengan desain yang kaku, karena membuat kaki jadi mudah lelah.

2. Alas

sepatu wanita

Jangan gunakan sepatu dengan alas yang terlalu tinggi

>>> Cari mobil bekas impian disini

Pilih sepatu mengemudi yang memiliki sol alias alas tidak terlalu tebal. Bagian sol ini juga wajib dipilih yang tidak licin. Ini berguna untuk membuat Anda nyaman saat menginjak pedal-pedal ketika mengemudi.

Pilih sepatu dengan sol antara 1,6 mm - 1,8 mm untuk pria dan 1,4 mm - 1,6 mm untuk sepatu wanita. Jangan pilih sepatu mengemudi yang alasnya terlalu tipis, karena akan membuat kaki nyeri saat harus terlalu sering menginjak pedal rem atau kopling. Sementara jika sol terlalu tinggi juga akan membuat kenyamanan berkendara jadi terganggu.

>>> Temukan tips & trik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top