Jangan Panik! Fitur Google Maps Baru Berikan Peringatan Ketika Bencana

26/06/2019

Pengemudian

2 menit

Jangan Panik! Fitur Google Maps Baru Berikan Peringatan Ketika Bencana
Google menambahkan fitur baru pada Google Maps untuk membantu Anda selamat dari bencana alam. Ketika badai, banjir, atau gempa bumi terjadi di daerah Anda, fitur Google Maps akan menunjukan jalan menghindar dari tempat bahaya secepat mungkin.

Google meluncurkan sistem peringatan navigasi baru sebagai bagian dari fitur Google Maps anyar untuk memberikan informasi selama bencana alam terjadi. Peringatan tersebut didapatkan dari sumber-sumber seperti Badan Meteorologi untuk membantu Anda menghindari daerah-daerah yang sedang mengalami bencana.

 bencana alam berupa tsunami yang terjadi di Indonesia
Google Maps akan meluncurkan fitur baru ketika menghadapi bencana alam

Untuk peringatan badai, Google akan menampilkan pemberitahuan jika Anda berada di daerah yang terkena dampak kerusakan. Google Maps akan menunjukan ramalan prediksi lintasan badai, disertai dengan informasi kapan badai tersebut akan terjadi.

>>> Mana yang Terbaik Saat Tak Tahu Jalan, Tanya Orang atau Buka Google Map?

Sedangkan untuk gempa bumi, Google Maps akan mengeluarkan kartu informasi “shakemaps” dengan kode warna. Informasi tersebut akan memvisualisasikan episentrum dan besarnya gempa di daerah sekitarnya. Peta guncangan gempa akan diluncurkan pada perangkat iOS, Android, computer desktop, dan web seluler.

informasi tentang banjir, badai dan gempa di Google Maps 
Berbagai informasi banjir, badai, dan gempa akan ditampilkan pada layar

>>> Temukan tips pengemudian dari Cintamobil.com lainnya di sini

Visualisasi prakiraan banjir juga akan diluncurkan, namun awalnya hanya untuk India. India dipilih karena Google menyebutkan bahwa lebih dari 20% kematian akibat banjir di seluruh dunia terjadi di India. Fitur ini akan diluncurkan di Patna, dilanjutkan ke wilayah Gangga dan Brahmaputra di Android, desktop, dan web seluler.

Selama bencana terjadi, Anda bisa membagikan lokasi Anda dengan keluarga maupun teman. Google Maps akan menyalakan fitur untuk menginformasikan arus lalu lintas, seperti penutupan jalan. Anda juga bisa melaporkan dugaan penutupan jalan kepada orang lain.

>>> Mencari mobil impian? Dapatkan berbagai pilihan hanya disini

smartphone yang menampilkan Google Maps 
Google Maps akan mengumpulkan informasi dari badan bencana alam

Ketika bencana datang, masyarakat biasanya mencari informasi dari berbagai sumber, termasuk berita nasional dan lokal serta sejumlah aplikasi cuaca. Manajer Produk Google Maps Hannah Stulberg menyebutkan bahwa fitur Google Maps baru ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaik dan paling bisa diandalkan dalam peta.

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top