Jangan Panik, Begini Cara Mengurus SIM Hilang Dan Biayanya

28/01/2019
Sebagai salah satu surat kelengkapan wajib bagi pengendara motor maupun mobil, SIM (Surat Izin Mengemudi) wajib dibawa setiap kali mengemudi. Bagaimana jika hilang? Tentu saja Anda harus mencarinya lagi sebab kalau tidak, Anda tidak memiliki bukti yang memperkenankan mengemudi kendaraan di jalan raya. Berikut cara mengurus SIM hilang dan perkiraan biayanya.

Foto Surat Izin Mengemudi

SIM, kelengkapan wajib bagi pengemudi kendaraan bermotor

Ada beberapa hal yang membuat Anda tidak bisa menunjukkan SIM kepada petugas saat terkena razia seperti belum pernah memiliki SIM, memiliki SIM tapi tertinggal alias lupa tidak dibawa, memiliki SIM tapi tak sesuai golongan mobil, memiliki SIM tapi hilang. Polisi tidak kompromi dengan ketiga alasan tersebut, apapun alasannya kalau Anda tidak bisa menunjukkan SIM pasti ditilang.

Solusinya; kalau Anda belum pernah memiliki SIM, Anda wajib membuat SIM di lokasi yang disediakan seperti di Satpas SIM, SIM Keliling, atau gerai SIM terdekat. Kalau Anda sudah punya SIM tapi lupa membawa, Anda harus menunjukkan SIM saat mengikuti sidang tilang. Yang terakhir kalau SIM hilang, Anda wajib mengurusnya sampai Anda benar-benar punya SIM lagi.

>>> Hati-Hati, SIM yang Kadaluarsa Sehari Wajib Bikin Baru

Untuk mengurus SIM hilang hampir sama dengan membuat SIM baru, hanya tidak ada ujian tertulis atau ujian praktik mengemudi serta harus melampirkan surat kehilangan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lapor ke pihak berwajib dan minta surat kehilangan

Surat kehilangan dari pihak kepolisian wajib hukumnya saat Anda ingin mengurus SIM hilang. Tidak hanya SIM saja, surat kehilangan juga wajib dilampirkan saat mengurus kehilangan dokumen penting seperti STNK, BPKB, Sertifikat Tanah, buku rekening Bank, ATM, dan yang lain.

  • Datang ke Satpas SIM terdekat

Datangi Satpas SIM terdekat sambil membawa KTP/Fotokopinya, fotokopi SIM lama yang hilang (jika ada) dan surat kehilangan dari kepolisian untuk bukti kalau Anda pernah memiliki SIM.

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan

Anda akan diarahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tes mata, tensi darah dan sebagainya. Proses pemeriksaan kesehatan ini biasanya berlangsung singkat, 10-15 menit. Anda akan mendapat bukti tes kesehatan yang harus dilampirkan saat pendaftaran. Berdekatan dengan loket pemeriksaan kesehatan biasanya ada loket asuransi. Bagi yang menghendaki mengurus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) bisa dilayani di tempat ini. Tapi bagi yang tidak bisa langsung menuju loket pendaftaran.

  • Lakukan pendaftaran

Setelah semua dokumen lengkap, ambil formulir pendaftaran di isi dengan lengkap. Setelah itu serahkan ke loket pendaftaran yang disediakan beserta berkas tersebut diatas. Tunggu sampai petugas selesai melakukan pengecekan.

  • Verifikasi SIM

Setelah semua lengkap dan valid, Anda akan diminta melakukan verifikasi untuk mengambil data SIM lama. Proses ini pun tidak lama antara 5-10 menit.

  • Foto dan Sidik Jari

Selanjutnya adalah proses pengambilan foto yang bakal dipasang di SIM, sidik jari dan tanda tangan. Di sini data kembali di cek oleh petugas untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan nama, alamat, serta tanggal kelahiran.

  • Menunggu SIM jadi

Proses terakhir adalah menunggu SIM Anda jadi dan diserahkan petugas. Untuk yang satu ini waktunya relatif, bisa lama bisa singkat tergantung jumlah banyak sedikitnya pembuat SIM yang mengantre.

>>> Ini 7 Pelanggaran Paling Diincar Polisi saat Operasi Zebra 2018

Petugas memeriksa sopir truk

Punya SIM tapi tak sesuai golongan kendaraan juga kena tilang

Berapa biaya mengurus SIM hilang ini?

Biaya mengurus SIM hilang bisa saja berbeda satu wilayah dengan yang lain. Namun sebagai patokan, tarif Penerbitan SIM baru sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Polri sebagai berikut:

JENIS

TARIF

SIM A

120,000

SIM B I

120,000

SIM B II

120,000

SIM C

100,000

SIM C I

100,000

SIM C II

100,000

SIM D

50,000

SIM D I

50,000

SIM International

250,000

Nah, jadi tahu kan kalau mengurus SIM hilang sebenarnya tidak sulit. Hanya saja prosesnya bisa menyita waktu mulai dari melaporkan kehilangan hingga pembuatan SIM pengganti. So, kalau sudah jadi SIM yang baru, simpan baik-baik agar tidak hilang lagi. Dan jangan lupa, selalu bawa SIM saat mengemudi!

>>> Simak juga tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

berita lain

Review mobil terbaru