Jangan Langsung Marah-marah, Ini Cara Mengatasi Stres di Jalan Saat Mudik

03/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Jangan Langsung Marah-marah, Ini Cara Mengatasi Stres di Jalan Saat Mudik
Pemahaman akan cara mengatasi stres di jalan wajib Anda ketahui, apalagi saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Hal ini agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman sampai tujuan ke kampung halaman.

Perjalanan mudik Lebaran sering kali lebih berat dari perjalanan hari-hari biasa. Hal itu karena populasi kendaraan saat musim mudik cenderung meningkat hingga dua kali lipat. Pada akhirnya kondisi jalan pun lebih sering macet.

>>> Jangan Anggap Sepele, Macet Parah Bisa Berakibat Fatal

Pada situasi inilah terkadang Anda akan merasakan stres di jalan. Emosi pun lebih mudah tersulut, padahal disatu sisi hal itu akan membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, yuk ketahui cara mengatasi stres di jalan terutama ketika perjalanan mudik Lebaran.

1. Tahan Emosi

Pengemudi arogan di jalan

Jangan mudah terpancing emosi dari pengendara lain

Ketika jalanan macet parah berjam-jam, apalagi kondisi cuaca saat itu panas terik, maka emosi seseorang akan mudah tersulut. Untuk mengatasinya coba tarik nafas panjang dan buang perlahan dari mulut. Lakukan secara berulang sampai Anda merasa lebih tenang.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

2. Dengarkan Musik

Headunit mobil

Pilih musik yang bisa menenangkan

Musik bisa membuat Anda lebih tenang saat mengemudi, namun dengan catatan, pilih lagu dengan beat yang lembut dan suara yang tidak terlalu keras. Anda bisa pilih lagu-lagu beraliran jazz atau slow pop, jangan lagu-lagu bernuansa rock atau bahkan heavy metal.

>>> Dapatkan tips mengemudi lainnya hanya di sini

3. Atur Posisi Berkendara

Posisi nyetir mobil

Posisi berkendara yang tepat bisa menghindari stres

Tanpa Anda sadari, posisi berkendara bisa memicu stres di jalan. Untuk mengatasinya, atur posisi duduk sesuai ilmu defensive driving. Caranya, duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah karena nantinya malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan pegang setir dengan rileks, sehingga akan menciptakan situasi yang lebih nyaman.

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

4. Pastikan Kabin Nyaman

Interior mobil

Buat kabin mobil bersih dan rapih

Cara mengatasi stres di jalan juga bisa dengan memperhatikan kondisi kabin mobil Anda. Pastikan kabin dalam kondisi bersih, AC tidak bau, dan barang-barang tertata dengan rapih. Hal ini akan menimbulkan suasana rileks sepanjang perjalanan.

5. Tentukan Rute

Menggunakan GPS saat nyetir

GPS akan berguna mengetahui jalan yang macet

Tindakan paling ampuh sebagai cara mengatasi stres di jalan adalah mengindari jalur yang macet. Untuk itu sebaiknya tentukan rute perjalanan Anda, termasuk jam keberangkatan perjalanan. Gunakan juga GPS Navigation untuk mengetahui kondisi jalan raya secara real time. Sehingga jika di tengah perjalanan ada kemacetan, Anda bisa memilih rute alternatif.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Terjebak Macet Parah Saat Mudik? Yuk Manfaatkan dengan Hal Kreatif

19/05/2019

Pengemudian

4 menit

Terjebak macet parah saat mudik Lebaran mungkin hal yang tidak bisa Anda hindari. Namun ini bukan menjadi alasan Anda untuk stres dan mengganggu konsentrasi berkendara. Yuk manfaatkan kemacetan dengan hal-hal kreatif.

Lihat juga

Tips Menggunakan Aromaterapi untuk Mobil

06/02/2018

Pengemudian

Mengemudi sendirian bisa dibilang pengalaman yang mengasyikan, namun juga bisa membosankan tergantung perjalanan yang akan teman tempuh. Memilih aromaterapi untuk mobil bisa membantu untuk perjalanan jauh.Berhadapan dengan jalanan yang macet, panas, dan kendaraan lain yang menyalip tak karuan, saat inilah aroma terapi menjadi penenang anda.

Lihat juga

Tips Berkendara Di Berbagai Kondisi Jalan

26/06/2017

Pengemudian

Ada banyak jenis jalan yang kita lalui saat berkendara. Bisa jalanan perkotaan yang padat dan macet, bisa juga jalanan pegunungan yang menanjak dan menurun secara curam. Untuk bisa selamat mengemudikan mobil di setiap kondiai jalan perlu melakukan tips sendiri. Tahukah Anda tips berkendara di berbagai kondisi jalan? Kalau belum tahu, silahkan simak tulisan di bawah ini.

Lihat juga

Review BMW Z4 sDrive30i M Sport 2019

02/05/2019

Editor rate:

BMW Z series sebagai ikon roadster 2-seater dari BMW kini memasuki chapter ke enam. Masih dengan BMW Z4, apakah generasi terbaru dari mobil ini bisa memuaskan hasrat para penikmat BMW yang gemar mobil atap terbuka?

Lihat juga

Harga Polo 2020: Daftar Harga mobil Polo terbaru November

01/11/2020

Volkswagen

Bersamaan dengan dilangsungkannya ajang otomotif bergengsi yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menjadi kesempatan emas bagi pihak PT. Garuda Mataram Motor (GMM) untuk merilis varian terbarunya, Volkswagen Polo VRS 2018. Produk terbarunya ini akan memasuki jajaran keluarga Volkswagen Polo. Bagaimana tampilannya? Berapa harga Volkswagen Polo di setiap variannya?

Lihat juga
 
back to top