Jangan Lakukan Ini pada Mobil Matik Kalau Nggak Mau Cepat Rusak

26/07/2021

Pengemudian

3 menit

Ada sejumlah kebiasaan buruk yang berisiko membuat transmisi mobil matik Anda jadi cepat rusak. Supaya tak kejadian pada Anda simak penjelasannya berikut.

Perawatan mobil matik disebut-sebut lebih merepotkan ketimbang manual. Hal ini lantaran bila terjadi kerusakan pada satu komponen disebut bisa merembet terhadap rusaknya bagian lain. Kerusakan itu sendiri bisa dipicu termasuk kebiasaan buruk manusia ketika tengah berkendara. 

Ini tentu bisa dicegah kalau saja Anda tak melakukan kebiasaan yang semestinya dihindari ketika menyetir. Lalu apa saja ya hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan pada mobil matik? Simak penjelasannya berikut seperti dikutip dari laman Suzuki, Senin (26/7/2021). 

>>> Meramal Nasib Mobil Manual di Masa Depan

1. Langsung Digeber

Hindari untuk menggeber mobil sebelum dikendarai. Tak disadari ada beberapa pemilik mobil yang memposisikan gigi netral dan menginjak pedal gas cukup dalam kemudian memindahkannya tuas transmisi ke posisi 'D' atau Drive. Kalau Anda masih melakukan kebiasaan ini sebaiknya dihindari ya karena lama kelamaan dapat merusak komponen transmisi itu sendiri. 

mobil bertransmisi otomatis

Hindari untuk langsung menggebernya

2. Mengganti Gigi saat Mobil Belum Berhenti

Ketika Anda ingin memindahkan tuas transmisi, pastikan bahwa mobil sudah dalam kondisi diam. Ini biasanya tanpa disadari dilakukan ketika pengendara sedang memarkir mobilnya. Saat mau mundur, posisi mobil masih berjalan namun sudah lebih dulu dipindahkan ke posisi 'R'. Pun demikian saat mobil akan maju sudah lebih dulu digeser ke posisi 'D' padahal belum berhenti sepenuhnya. Jika terus menerus dilakukan transmisi mobil bisa cepat rusak. 

5 Penyakit Umum yang Sering Menjangkiti Mobil Matik

Pastikan mobil berhenti sebelum memindahkan tuas transmisi

Pun demikian ketika Anda berencana memarkir kendaraan. Pastikan mobil sudah dalam posisi diam baru pindahkan ke 'P. Memindahkan tuas transmisi saat mobil belum berhenti, berisiko merusak transmisi dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas P untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan.

>>> Ini Sebabnya Mobil Matik Punya Harga Lebih Mahal dari Manual

3. Memindahkan ke Posisi Netral di Turunan

Kebiasaan buruk yang satu ini masih dilakukan oleh beberapa pengendara mobil matik. Alasannya sederhana yakni lebih hemat bahan bakar. Padahal kebiasaan ini bisa bikin transmisi otomatis Anda jebol lho. 

Transmisi mobil matik

Tak perlu memindahkan ke posisi 'N' saat melintas di turunan

Di era serba modern seperti sekarang, teknologi mobil pun akan mengikuti. Artinya begini, bila pada jalanan menurun posisi gigi ada di D maka mesin juga akan menyesuaikan pemakaian bahan bakarnya. Fuel injector akan tertutup dan  putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin dengan begitu tak ada bahan bakar yang digunakan.

4. Tak Memindahkan Tuas Transmisi ke Posisi Netral saat Berhenti Sesaat

Saat Anda berhenti di lampu merah ada baiknya untuk memindahkan transmisi ke posisi netral. Lewat cara ini Anda dapat membuat usia transmisi pada mobil matik jadi lebih awet. 

>>> Kelalaian yang Biasa Terjadi Saat Mengendarai Mobil Matic

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top