Jangan Khawatir Atau Panik, Berikut Tips Menderek Mobil Mogok Yang Aman

17/05/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Jangan Khawatir Atau Panik, Berikut Tips Menderek Mobil Mogok Yang Aman
Mungkin Anda akan dihadapkan pada situasi darurat yang menuntut Anda untuk menderek mobil yang mogok atau bahkan, Anda yang membutuhkan bantuan orang lain untuk menderek mobil Anda yang mogok. Untuk itu, kami akan berikan tips seputar cara menderek mobil mogok yang aman agar terhindari dari hal yang tak diinginkan.

Ketika Anda dihadapkan pada situasi darurat yang mengharuskan Anda menderek mobil mogok, Anda tak perlu khawatir atau panik, karena situasi tersebut cukup umum terjadi. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah menderek mobil mogok tak bisa sembarangan, karena harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan butuh peralatan serta perhitungan yang cermat. Tujuannya, agar tak terjadi insiden selama proses menderek mobil yang mengakibatkan kecelakaan atau kerusakan lebih besar.

Foto ilustrasi cara menderek mobil yang aman

Saat menderek mobil, hindari akselerasi, pengereman atau manuver yang mendadak

>>> Baca juga:

Sebelum Anda memutuskan untuk menderek mobil yang mogok, pastikan mobil yang akan di derek memiliki dimensi atau bobot lebih kecil dari mobil yang akan menderek atau menarik. Misal jika mobil yang mogok merupakan SUV, tentu tak mungkin untuk diderek dengan mobil yang berukuran lebih kecil seperti LCGC, city car atau hatchback. “Idealnya mobil yang diderek dan menderek satu tipe, jika yang mogok itu MPV, bisa ditarik juga dengan MPV atau dengan mobil yang memiliki tenaga setara. Karena jika mobil yang diderek terlalu besar atau berat, justru berisiko merusak mobil yang menderek karena kelebihan beban dan membuat komponen sepert sasis dan mesin akan cepat fatigue,” ujar Yusuf, mekanik dari Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi.

Foto tali penarik atau towing strap

Sedia selalu towing strap atau tali penarik di mobil Anda untuk mengantisipasi keadaan darurat yang mengharuskan Anda menderek atau diderek

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya pilihannya!

Setelah itu, gunakan tali penarik atau towing strap untuk menderek mobil yang mogok. Towing strap yang digunakan juga tak bisa sembarangan, karena harus cukup kuat dan flesibel saat menarik mobil dengan bobot yang berat. Umumnya, towing strap bahan polyester atau nilon sangat direkomendasi. Karena fungsinya yang cukup vital saat darurat, sebaiknya Anda menyimpan selalu towing strap pada mobil Anda.

Foto lokasi tow hook di bumper depan

Kenali posisi tow point pada mobil Anda dari buku manual, sekaligus cara memasang tow hook yang benar

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

Kaitkan tali penarik atau towing strap pada lokasi tow hook/point yang telah disediakan. Untuk mobil yang menderek, bisa menggunakan tow point yang terdapat di balik atau di bawah bumper belakang. Sementara untuk mobil yang diderek, bisa diikatkan pada tow hook pada bumper depan. ”Gunakan tow hook yang telah disediakan karena sudah diperhitungkan oleh pabrikan sebagai titik terkuat untuk menarik mobil. Jangan diikat pada komponen yang kurang kuat seperti bumper atau suspensi karena bisa rusak atau jebol seketika karena tak tahan dengan entakan dan bobot mobil,” wanti Yusuf. Oiya, jarak antara mobil yang menderek dan diderek disarankan sekitar 4-5 meter.

Foto cara mengikatkan towing strap pada tow hook

Kaitkan towing strap hanya pada tow point yang direkomendasikan untuk menghindari kerusakan saat menderek mobil

Sebelum mulai jalan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu rute yang akan dilalui. Disarankan untuk memilih rute yang tak ada tanjakan/turunan atau banyak persimpangan agar proses menderek mobil yang mogok bisa dilakukan lebih mudah dan aman. Saat menderek mobil, lakukan akselerasi dan pengereman sehalus mungkin. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak. Kecepatan saat menderek disarankan berkisar antara 30-40 km/jam untuk amannya. Jangan gunakan lampu hazzard, melainkan nyalakan lampu utama pada mobil yang menderek. Selalu jaga jarak antara mobil yang menderek atau di derek agar tak terlalu dekat dan lakukan proses menderek mobil hingga tempat yang dituju dengan tenang.

>>> Kumpulan Tips & Trik bermobil lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Pertimbangan Memilih Towing atau Derek Saat Mobil Mogok

Sial bisa menimpa kapan saja dan di mana saja. Misalnya mogok dalam perjalanan sehingga mengharuskan sobat memesan layanan pengiriman mobil. Dalam kondisi seperti ini ada dua pilihan, yaitu towing atau derek. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya lho, sobat. Jadi jangan salah pilih.

Lihat juga

Ada Pengintai Rahasia, Parkir Sembarangan Di Pemukiman Bisa Kena Derek

13/09/2018

Pengemudian

Razia parkir sembarangan di Ibu Kota bakal menyasar ke tempat yang lebih dalam yaitu kawasan pemukiman warga. Kendaraan yang diketahui langsung atau ada pelaporan dari warga diparkir sembarangan bisa kena derek petugas Dinas Perhubungan.

Lihat juga

Kenali Tarif Mobil Derek, Penolong Dikala Susah dan Sendirian

19/08/2018

Pengemudian

Mobil penolong atau mobil derek merupakan jalan keluar terakhir bagi kendaraan yang sakit parah di jalanan. Meskipun kecil kemungkinannya, setiap pengemudi seharusnya mengenal penolong dikala kesusahan ini.

Lihat juga

Hebat banget! Mobil Porsche Dipakai untuk Menderek Airbus A380.

29/07/2017

Event - Promosi

3 menit

Porsche Cayenne yang digunakan adalah versi standar. Modifikasi hanya dilakukan pada bagian penarik agar dapat dihubungkan dengan batang besi khusus untuk menarik pesawat terbang

Lihat juga

Waspadalah, Ini Gejala Mobil Mogok Yang Harus Anda Ketahui

Jelang perjalanan pulang kampung, Anda harus memperhatikan mobil Anda untuk menghindari kejadian tidak menyenangkan seperti mogok. Lalu apa-apa saja gejala mobil mogok? Simak artikel ini untuk tahu lebih jelasnya.

Lihat juga
 
back to top