Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Mengemudi Saat Cuaca Panas

31/07/2018

Pengemudian
Share this post:
Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahaya Mengemudi Saat Cuaca Panas
Pada cuaca panas, tidak hanya pengemudi yang terkena dampak, kendaraan juga akan mengalami hal yang serupa. Banyak masalah yang bisa terjadi ketika mengemudi saat cuaca panas.

Cuaca yang panas memang tidak bisa dianggap remeh, apalagi saat Anda berkendara. Kemungkinan berakibat buruk terhadap mobil dan mengancam kesehatan tubuh. Terlebih ketika Anda memarkirkan mobil Anda pada kondisi cuaca yang panas, suhu kabin akan lebih panas lagi daripada saat Anda berkendara. Berikut beberapa bahaya mengemudi saat cuaca panas,

1. Heat Stroke

Gambar yang menunjukan seorang wanita yang sedang minum air putih ketika cuaca panas

Pastikan minum air yang cukup untuk menghindari heat stroke

Heat stroke (sengatan panas), adalah kondisi ketika tubuh Anda mengalami peningkatan suhu tubuh secara dramatis dalam waktu cepat, dan Anda tidak dapat mendinginkan tubuh. Heat stroke biasanya terjadi saat seseorang merasa kepanasan hebat akibat paparan suhu panas dari sengatan matahari di luar batas toleransi tubuh. Heat stroke dapat terjadi tanpa kondisi awal yang berhubungan dengan panas atau kepanasan sebelumnya, seperti kelelahan.

2. Resiko Kebakaran

Gambar yang menunjukan petugas pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api mobil

Kebakaran karena masalah korsleting sering terjadi

Pada umumnya terjadinya kebakaran pada kendaraan terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya perawatan pada kendaraan. Apabila melakukan pengecekan secara berkala sesuai anjuran pihak pabrikan maka masalah mobil terbakar bisa dihindari, mengingat banyaknya kebakaran mobil terjadi karena kasus korsleting kabel atau mesin terlalu panas. Apalagi ditambah cuaca yang ekstrim, tentunya lebih mudah si jago merah melalap kendaraan.

>>> Bagaimana suhu naik di dalam mobil dan merusak komponen kendaraan?

3. Ban yang rusak

Gambar yang menunjukan bagian ban mobil yang meleleh karena panas

Ada banyak kasus ban meleleh ketika berkendara saat cuaca panas

Cuaca panas berakibat buruk pada ban jika menggelinding kurang angin. Bagian samping (sidewall) dikhawatirkan cepat rusak, bahkan permanen. Perubahan temperatur yang terlampau sering kebanyakan membuat karet kehilangan elastisitas, lalu memicu retak. Selain itu, mulai banyak kasus ban meleleh karena suhu yang terlalu panas ketika mobil diparkirkan di beberapa tempat di belahan dunia.

>>> Ingin membeli mobil baru? Berbagai informasi mobil baru bisa Anda dapatkan di sini

5. Interior Rusak

Gambar yang menunjukan suhu kabin yang semakin meningkat akibat cuaca panas

Suhu kabin akan meningkat apabila mobil diparkir dalam cuaca panas terlalu lama

Cuaca panas juga akan menimbulkan dampak negatif untuk interior mobil Anda. Interior yang pada umumnya terbuat dari bahan plastik dan kulit akan menyerap panas berlebih. Jika dibiarkan dalam kurun waktu yang lama hal ini akan merusak bentuk dan fisik interior mobil.

>>> Begini cara mendinginkan kabin yang menggelegar saat cuaca panas

6. Gangguan penglihatan dan penyakit alergi

Gambar yang menunjukan dua orang wanita yang sedang bepergian menantang matahari

Berkendara menantang matahari mampu membahayakan penglihatan

Sinar ultra violet (UV) tidak hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga dapat mengancam kesehatan mata. Terlebih di saat musim panas seperti sekarang ini, penting bagi Anda untuk menjaga mata dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Suhu yang terlalu panas juga akan membuat Anda berkeringat dan berpengaruh terhadap kemunculan berbagai infeksi kulit.

7. Pingsan di dalam mobil

Gambar yang menunjukan wanita yang tertidur di bagian kemudi mobil

Dalam kondisi panas, bukan tidak mungkin Anda bisa pingsan di dalam mobil

Berkendara dalam kondisi yang cuaca yang panas dengan mobil akan membuat Anda berkeringat. Jika kondisi ini terus berlanjut, kemungkinan terkena dehidrasi karena kekurangan cairan bisa terjadi yang berujung kehilangan kesadaran atau pingsan.

Sebelum keluar atau bepergian, pastikan untuk selalu memperhatikan keadaan di luar rumah. Ketika mengemudi saat cuaca panas, pastikan untuk selalu menyediakan minuman bersama Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat dan memeriksa komponen kendaraan secara teratur untuk mencegah masalah akibat panas berlebih.

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top