Jangan Cuma Ditonton, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Melihat Kecelakaan di Jalan

07/07/2019

Pengemudian

4 menit

Saat Anda melihat kecelakaan di jalan raya, sebaiknya jangan cuma di tonton dan diabadikan peristiwanya melalui kamera ponsel. Namun menepi dan tolonglah si korban. Siapa tahu mereka membutuhkan pertolongan dari Anda saat itu.

Populasi kendaraan di jalan raya semakin hari semakin bertambah. Hal ini tentu akan menambah juga kemungkinan terjadinya kecelakaan jalan. Kecelakaan pun bisa Anda alami sendiri, atau melihat pengguna jalan lain yang mengalami kecelakaan.

>>> Kecelakaan Akibat Mengantuk Bisakah Klaim ke Pihak Asuransi?

Mirisnya, saat ada pengguna jalan yang mengalami kecelakaan di jalan, pengguna jalan yang lainnya hanya sekedar menonton atau mengabadikan lewat ponsel berupa foto atau video. Padahal ada banyak hal bisa dilakukan ketika melihat kecelakaan di jalan. Tentunya bantuan Anda akan sangat dibutuhkan saat itu.

1. Menepi

mobil berhenti di pinggir jalan

Tepikan kendaraan saat akan membantu pengemudi yang kecelakaan

Saat melihat kecelakaan di jalan segeralah menepi, karena siapa tahu pihak-pihak yang terlibat kecelakaan sangat membutuhkan bantuan pihak lain seperti Anda. Segeralah berhenti di tepi jalan agar kendaraan Anda tidak mengganggu pengguna jalan lainnya karena menimbulkan kemacetan.

>>> Temukan promo mobil baru terbaik disini

2. Plat Nomor

foto mobil kecelakaan

Foto plat nomor kendaraan termasuk kondisi kendaraan di lokasi kecelakaan

Sebaiknya catat plat nomor kendaraan yang terlibat kecelakaan, bisa juga Anda memfoto plat nomor tersebut. Ini bisa menjadi bukti tambahan saat proses laporan ke pihak kepolisian.

3. Kondisi Pengemudi dan Penumpang

pengemudi alami kecelakaan

Cek kondisi pengemudi dan penumpang

Hampiri dan lihat kondisi pengemudi dan penumpang pada kendaraan yang kecelakaan di jalan. Cek apakah kondisi mereka baik-baik saja atau mengalami cedera. Cek juga apakah ada pengguna jalan lain yang terlibat pada kecelakaan itu, misalnya pejalan kaki atau pedagang asongan di pinggir jalan.

4. Hati-hati dengan Korban

dua mobil kecelakaan di jalan

Sebaiknya hubungi tim medis jika ada korban

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Jika menemui ada korban akibat kecelakaan jalan, sebaiknya hati-hati saat menyelamatkan korban. Jangan sembarangan angkat tubuh korban, lebih baik tanyakan dahulu apakah dirinya masih dalam keadaan sadar atau tidak. Kemudian hubungi pihak medis untuk dilakukan penanganan tindak kecelakaan.

5. Identitas Pengemudi

pengemudi menelpon saat kecelakaan

Catat identitas pengemudi termasuk nomor telepon keluarganya untuk dihubungi

Sebaiknya Anda mencatat identitas dari pengemudi. Misalnya nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tanyakan pula jika ada pihak keluarga yang dapat dihubungi untuk memberitahu kondisinya saat terlibat kecelakaan.

6. Hubungi Polisi

Langsung hubungi pihak kepolisian saat Anda melihat kecelakaan di jalan. Karena nantinya pihak kepolisian yang akan menentukan tidakan selanjutnya. Dan informasi yang telah Anda catat atau foto bisa untuk membantu pihak kepolisian.

>>> Tips & trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top