Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi

28/11/2019
Kantuk adalah musuh utama saat berkendara, tak jarang kecelakaan dari yang ringan sampai fatal terjadi karena si pengemudi kehilangan fokus karena kantuk. Memang, apa saja sih penyebabnya?

Tak hanya masalah teknis dan kondisi cuaca, kecelakaan lalu lintas juga disebabkan oleh human error, atau kesalahan si pengemudi. Tidak tanggung-tanggung, menurut data Korlantas Mabes Polri, sekitar 65,67% penyebab kecelakaan adalah kesalahan pengemudi.

>>> Jadi salah satu penyebab kecelakaan, apa sih itu Microsleep?

Biasanya, kesalahan pengemudi ini disebabkan hilangnya fokus sepanjang perjalanan dan tak jarang disebabkan kondisi fisik pengemudi, mulai dari kelelahan sampai mengantuk.  Menurut Nissan Indonesia, setidaknya ada empat hal yang jadi penyebab kantuk saat mengemudi, apa saja? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Kondisi tubuh tidak fit

Minum obat yang dapat menimbulkan kantuk saat mengemudi

Kebanyakan obat dapat menimbulkan kantuk, dan itu tak ideal saat mengemudi

Larangan mengemudi saat tidak fit tak bisa dianggap remeh, ketika tubuh sedang rentan berbagai kemungkinan bisa terjadi, mulai dari pusing atau bahkan pingsan secara tiba-tiba.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan Untuk Anda

Jika Anda diharuskan minum obat, itu juga sangat tidak dianjurkan karena tidak sedikit obat yang menimbulkan kantuk yang bisa jadi berakibat fatal. Oleh karena itu, jangan paksakan diri untuk mengemudi saat tubuh kurang fit.

2. Gangguan tidur

Masalah sulit tidur

Kacaunya jadwal tidur juga dapat membuat Anda mudah lelah dan kantuk saat mengemudi

Hal lain yang merupakan penyebab kantuk saat mengemudi adalah gangguan tidur. Saat Anda memiliki ritme tidur yang tidak teratur, Anda akan mudah lelah dan selalu mengantuk saat mengemudi.

3. Pengaruh minuman keras

Ilustrasi mengemudi sambil mabuk

Banyak sekali kecelakaan yang disebabkan pengemudi mabuk

Pengaruh alkohol atau minuman keras pada tiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya minuman keras bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk.

>>> Tips mengemudi lainnya bisa Anda lihat di sini

Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan mengemudi jika sedang di bawah pengaruh alkohol karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

4. Jalanan panjang dan lurus

Selain faktor internal, faktor eksternal juga tak kalah berpengaruhnya sebagai penyebab kantuk saat mengemudi. Salah satunya saat Anda berkendara di jalan yang panjang dan lurus, karena suasana berkendara di tengah kota yang ramai tentu jauh berbeda di daerah ataupun jalan tol yang sepi.

Suasana Tol Cipularang saat sepi

Jalanan seperti tol Cipularang dapat membuat pengemudi bosan dan mengantuk

Sebagai contoh, ambil saja Tol Cipularang yang kerap memakan korban jiwa, salah satu penyebabnya adalah pengemudi yang mengantuk. Ya, jalan panjang dan lurus dapat membuat pengemudi bosan, dan pada akhirnya mengantuk. Saat seperti ini, ada baiknya Anda membawa teman selama perjalanan untuk menemani mengemudi, atau bahkan bisa bergantian membawa mobil.

Dari empat hal penyebab kantuk saat mengemudi, Anda akan bisa lebih waspada dan tidak memaksakan diri saat mengemudi demi keamanan di jalan dan keselamatan bersama. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain