Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi

28/11/2019

Pengemudian
Share this post:
Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi
Kantuk adalah musuh utama saat berkendara, tak jarang kecelakaan dari yang ringan sampai fatal terjadi karena si pengemudi kehilangan fokus karena kantuk. Memang, apa saja sih penyebabnya?

Tak hanya masalah teknis dan kondisi cuaca, kecelakaan lalu lintas juga disebabkan oleh human error, atau kesalahan si pengemudi. Tidak tanggung-tanggung, menurut data Korlantas Mabes Polri, sekitar 65,67% penyebab kecelakaan adalah kesalahan pengemudi.

>>> Jadi salah satu penyebab kecelakaan, apa sih itu Microsleep?

Biasanya, kesalahan pengemudi ini disebabkan hilangnya fokus sepanjang perjalanan dan tak jarang disebabkan kondisi fisik pengemudi, mulai dari kelelahan sampai mengantuk.  Menurut Nissan Indonesia, setidaknya ada empat hal yang jadi penyebab kantuk saat mengemudi, apa saja? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Kondisi tubuh tidak fit

Minum obat yang dapat menimbulkan kantuk saat mengemudi

Kebanyakan obat dapat menimbulkan kantuk, dan itu tak ideal saat mengemudi

Larangan mengemudi saat tidak fit tak bisa dianggap remeh, ketika tubuh sedang rentan berbagai kemungkinan bisa terjadi, mulai dari pusing atau bahkan pingsan secara tiba-tiba.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan Untuk Anda

Jika Anda diharuskan minum obat, itu juga sangat tidak dianjurkan karena tidak sedikit obat yang menimbulkan kantuk yang bisa jadi berakibat fatal. Oleh karena itu, jangan paksakan diri untuk mengemudi saat tubuh kurang fit.

2. Gangguan tidur

Masalah sulit tidur

Kacaunya jadwal tidur juga dapat membuat Anda mudah lelah dan kantuk saat mengemudi

Hal lain yang merupakan penyebab kantuk saat mengemudi adalah gangguan tidur. Saat Anda memiliki ritme tidur yang tidak teratur, Anda akan mudah lelah dan selalu mengantuk saat mengemudi.

3. Pengaruh minuman keras

Ilustrasi mengemudi sambil mabuk

Banyak sekali kecelakaan yang disebabkan pengemudi mabuk

Pengaruh alkohol atau minuman keras pada tiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya minuman keras bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk.

>>> Tips mengemudi lainnya bisa Anda lihat di sini

Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan mengemudi jika sedang di bawah pengaruh alkohol karena dapat membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

4. Jalanan panjang dan lurus

Selain faktor internal, faktor eksternal juga tak kalah berpengaruhnya sebagai penyebab kantuk saat mengemudi. Salah satunya saat Anda berkendara di jalan yang panjang dan lurus, karena suasana berkendara di tengah kota yang ramai tentu jauh berbeda di daerah ataupun jalan tol yang sepi.

Suasana Tol Cipularang saat sepi

Jalanan seperti tol Cipularang dapat membuat pengemudi bosan dan mengantuk

Sebagai contoh, ambil saja Tol Cipularang yang kerap memakan korban jiwa, salah satu penyebabnya adalah pengemudi yang mengantuk. Ya, jalan panjang dan lurus dapat membuat pengemudi bosan, dan pada akhirnya mengantuk. Saat seperti ini, ada baiknya Anda membawa teman selama perjalanan untuk menemani mengemudi, atau bahkan bisa bergantian membawa mobil.

Dari empat hal penyebab kantuk saat mengemudi, Anda akan bisa lebih waspada dan tidak memaksakan diri saat mengemudi demi keamanan di jalan dan keselamatan bersama. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Mengenal Istilah Microsleep, Si Pembunuh Sadis di Jalan Raya

29/04/2019

Pengemudian

Istilah microsleep diberikan pada pengemudi yang tiba-tiba tertidur saat sedang berkendara. Walau hanya beberapa detik saja, namun bisa menyebabkan mobil melaju kencang tanpa terkendali. Anda patut waspada karena microsleep bisa menyerang kapan saja dimana saja.

Lihat juga

Jaguar Land Rover Kembangkan Fitur Pengenal Wajah untuk Mendeteksi Pengemudi Mengantuk

17/07/2019

Pengemudian

2 menit

Teknisi Jaguar Land Rover sedang berusaha untuk menggunakan perangkat lunak dalam fitur pengenal wajah untuk membantu pengemudi. Cocok untuk Anda yang sering berkendara jauh sendirian, fitur ini bisa memberikan peringatan ketika mendeteksi pengemudi mengantuk atau merasa bosan.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Mengantuk Di Jalan? Berikut Tips Tetap Terjaga Selama Perjalanan Jauh

01/06/2019

Pengemudian

2 menit

Perjalanan jauh ke kampung halaman seringkali membosankan dan tak jarang membuat kantuk melanda. Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti arus mudik tahun ini, berikut beberapa tips tetap terjaga selama perjalanan jauh dari Cintamobil.com.

Lihat juga

5 Makanan yang Bisa Membuat Ngantuk, Jangan Dikonsumsi Kalau Mau Nyetir Ya!

24/05/2019

Pengemudian

4 menit

Musuh utama ketika berkendara adalah mengantuk, dan tanpa disadari, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membuat ngantuk lho! Nah sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan ini ya jika ingin berkendara.

Lihat juga

Kecelakaan Akibat Mengantuk Bisakah Klaim ke Pihak Asuransi?

Jika Anda mengalami kecelakaan akibat mengantuk saat berkendara dan berencana mengajukan klaim ke pihak asuransi kendaraan Anda, apakah hal tersebut akan diterima pihak asuransi? Atau malah klaim Anda akan ditolak?

Lihat juga