Jalur Sepeda Di Bahu Jalan, JDDC: Mending Di Trotoar

19/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Jalur Sepeda Di Bahu Jalan, JDDC: Mending Di Trotoar
Jalur sepeda dibuat di sisi paling kiri jalan raya atau bahu jalan. Menurut Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), akan lebih aman jika jalur sepeda dibuat di atas trotoar

Jalur sepeda di beberapa ruas jalan ibu kota tengah diuji coba Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak 20 September 2019 lalu dan bakal berlangsung hingga 19 November 2019. Jika tak ada halangan, aturan jalur sepeda bakal ditetapkan mulai 20 November 2019 dan segala aturan yang ada harus dipatuhi.

Foto beberapa pesepeda melintas di jalur sepeda jalan raya ibu kota

Implementasikan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Pemprov DKI siapkan jalur sepeda

>>> Awas, Menginjak Jalur Sepeda Bayar Rp 500 Ribu

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, apa yang tengah direncanakan Pemprov DKI ini sangat positif untuk mendorong perilaku hidup sehat masyarakat melalui olahraga serta menekan tingkat polusi udara.

Hanya saja, jika dikaitkan dengan faktor keselamatan, beberapa Jalur sepeda yang sedang dipersiapkan saat ini masih menyimpan potensi bahaya dikarenakan keberadaannya di bahu jalan raya. Menurut Jusri, meski sudah ada berbagai rambu dan penanda, jalur ini bakal sulit steril dari pengguna kendaraan bermotor baik yang sekadar melintas maupun yang parkir.

"Sangat positif sekali, tapi kalau boleh saran, rasanya tidak cukup bila jalur tersebut hanya diberikan marka saja mengingat itu berada di tepian atau bahu jalan yang langsung terkoneksi dengan segala bentuk kendaraan bermotor. Saya pikir itu akan sangat sulit untuk bisa steril," tutur Jusri seperti dikutip dari Kompas, (16/10/2019).

Sebagai gambaran, Jusri mencontohkan jalur busway yang semua orang tahu hanya khusus dilintasi bus Transjakarta masih sering 'dicolong' oknum pengendara sepeda motor dan mobil. Padahal jalur busway dilengkapi separator tinggi sebagai pemisah.

>>> Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

Foto jalur sepeda di salah satu ruas jalan ibu kota

Terkoneksi langsung dengan jalan raya tanpa pembatas permanen, jalur sepeda menyimpan potensi bahaya

"Kita berkaca dari adanya persimpangan, lampu merah, jalur busway, dan lain-lain. Titik-titik itu yang harusnya steril saja sejauh ini tidak bisa, masih banyak oknum-oknum yang tidak disiplin dengan melakukan aktivitas di jalur tersebut. Contoh masuk ke busway, atau angkot yang ngetem di lampu merah dan persimpangan, serta lainnya," katanya.

Pemerintah dan masyarakat luas harus mempertimbangkan realita ini. Sekadar saran, akan lebih aman jika Jalur sepeda dibuat di trotoar berbagi dengan pejalan kaki. "Saat ini kan sedang banyak trotoar dibangun dan dilebarkan, akan lebih safety bila Jalur sepeda itu di atas trotoar karena adanya batasan, tidak langsung bersinggungan dengan kendaraan bermotor lainnya," pungkasnya.

>>> Baca juga tips otomotif terlengkap lainnya hanya di sini!

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Awas, Menginjak Jalur Sepeda Bayar Rp 500 Ribu

17/10/2019

Pengemudian

3 menit

Mau parkir, berhenti sejenak atau sekadar lewat, kendaraan bermotor yang menginjak jalur sepeda diancam hukuman kurungan hingga denda sebesar Rp 500 ribu.

Lihat juga

EM01 FS PowerTube: Sepeda Gunung Bertenaga Listrik Buatan Peugeot Yang Canggih

16/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Demam kendaraan elektrik tak hanya terjadi pada kendaraan roda empat, namun juga pada sepeda, khususnya sepeda gunung. Salah satunya Peugeot yang baru saja merilis eM01 FS PowerTube, sepeda gunung elektrik terbaru mereka.

Lihat juga

Membaca Pola Pikir Pengendara Sepeda Motor

02/01/2019

Pengemudian

Sepeda motor sering dianggap sebagai momok menakutkan dijalan, padahal jika kita mengetahui dan dapat membaca pola pikir pengendara sepeda motor ketika sedang dijalan, Anda dapat terhindar dari malapetaka dijalan raya.

Lihat juga

Tips Unik Ford Ajarkan Keselamatan Mengemudi: Menukar Pengendara Truk dan Pesepeda

27/11/2018

Pengemudian

Untuk mengajarkan keselamatan mengemudi di Inggris, Ford bekerja sama dengan kampanye London Bersepeda untuk ’menukar’ pekerjaan pesepeda dengan pengendara truk.

Lihat juga

Bosch Beri Edukasi Pentingnya Sistem ABS Pada Sepeda Motor

02/11/2018

Pasar mobil

Bosch menekankan komitmen dalam upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas melalui acara Bosch Beri Edukasi Pentingnya Sistem ABS Pada Sepeda Motor

Lihat juga