Jalan Tol Layang Japek Elevated II Berbahaya untuk Pengemudi Seperti Ini

27/12/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Jalan Tol Layang Japek Elevated II Berbahaya untuk Pengemudi Seperti Ini
Jalan Tol Layang Japek Elevated II dianggap berbahaya untuk beberapa pengemudi. Antara lain pengemudi yang sudah menempuh perjalanan panjang dan merasa lelah.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II, kini sedang jadi bahan perbincangan. Ada yang penasaran, ada yang memuji, bahkan tak jarang yang memberikan komentar negatif. Lalu sebenarnya apakah jalan tol baru ini memang ideal untuk pengguna kendaraan?

Jusri Pulubuhu mengungkapkan, pemerintah sebelum meresmikan sebuah jalan raya, tentu sudah mempertimbangkan kelayakan jalan tersebut. Begitu pun dengan Jalan Tol Layang Japek Elevated II.

>>> Ingat Guys, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Khusus Jarak Jauh Non Stop

"Pemerintah dalam membangun infrastruktur seperti jalan tol, tentu sudah memperhatikan aspek keselamatan, kenyamanan, dan kondisi darurat. Sehingga jalan tersebut bisa difungsikan dengan baik kepada masyarakat," ucap Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) itu.

Sebaiknya Jangan Digunakan Jika...

Pengemudi di Jalan To Layang Cikampek

Jika sudah merasa lelah, jangan lewat Tol Layang Japek

Jusri juga menambahkan, kalau setiap jalan layang yang baru saja diresmikan itu siap untuk digunakan semua pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

>>> Ada banyak promo menarik mobil baru disini

"Tapi kalau ditanya apakah sebenarnya jalan tol ini safety? Kembali lagi kepada perilaku dan pola pikir setiap pengemudi yang akan melintas," kata dia. Berkendara dengan logika inilah yang menurutnya penting dalam setiap mengemudi. Pengemudi wajib mempertimbangkan kondisi fisik dan kendaraan saat memutuskan akan melalui jalan yang mana.

"Kalau ternyata tubuh pengemudi sudah terlalu lelah akibat perjalanan jauh, maka sebaiknya jangan gunakan tol layang, pakai jalan di bawahnya saja." lanjut Justri. Ini dengan asumsi, pengemudi tersebut bisa beristirahat sejenak di Rest Area yang tersedia dan tentunya jauh lebih banyak ketimbang lewat Tol Layang.

Idealnya Ada Exit Setiap 10 Km

penampakan Tol Layang Jakarta Cikampek

Tol Layang Japek adalah jalan tol layang jarak jauh tanpa Rest Area

Jusri mencontohkan, jika ada pengendara dari arah Sumatera ingin menuju Jawa Barat, maka pengemudi itu akan melalui jalan tol terus menerus. Mulai dari Lampung kemudian Tol Jakarta Merak, lanjut Tol JORR atau Tol Dalam Kota, kemudian masuk lagi ke Tol Jakarta Cikampek.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap cuma disini

"Tentu tubuhnya sudah sangat letih akibat perjalanan panjang. Sebaiknya jangan lewat tol layang supaya ia bisa istirahat di Rest Area yang ada di jalan di bawahnya," sebut Jusri. Karena jika pengemudi itu memaksakan kembali berkendara di tol layang sepanjang 36,4 kilometer tersebut, ia khawatir konsentrasi mengemudinya terganggu akibat kelelahan fisik.

Ia pun beropini, jika Tol Layang Japek Elevated II dilengkapi jalur exit setiap 10 kilometer, maka tentu akan lebih ideal. "Kalau menurut saya idealnya setiap 10 kilometer ada pintu keluar. Tapi ini hanya menurut saya," katanya seperti dikutip dari Detikcom. Nantinya pintu keluar ini bisa digunakan ketika kendaraan kehabisan bahan bakar atau memudahkan saat dalam keadaan darurat.

Jusri pun berpesan, baik lewat tol layang atau tidak, setiap pengemudi tentunya harus mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraannya. Ini dilakukan agar perjalanan bisa aman dan nyaman.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Darurat di Tol Japek II Elevated, Hubungi One Call Center Jasa Marga di Nomor 14080

24/12/2019

Pengemudian

3 menit

Mengalami kondisi darurat di tengah Tol Japek II Elevated, hubungi One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan layanan Mobile Customer Service

Lihat juga

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan

18/12/2019

Pengemudian

3 menit

Perjalanan ke arah timur jawa kian menyenangkan berkat adanya jalan tol layang Jakarta Cikampek II ini. Sebelum melewatinya, ini yang harus Anda siapkan.

Lihat juga

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

21/04/2017

Pengemudian

Mengemudi aman di jalan tol memerlukan kesiagaan total dari pengendara. Jangan lupa siapkan karcis dan uang tol dulu dan mengambil jalur yang sesuai dengan mobil Anda, perhatikan papan rambu, menjaga jarak aman, jangan berpindah jalur sembarangan, adalah beberapa tips untuk mengemudi dengan aman di jalan tol.

Lihat juga

Review Suzuki Swift Sport 2013, Calon Mobil The Most Collectible Item In Indonesia?

09/06/2019

Editor rate:

Mobil ini didatangkan bulat-bulat dari Jepang oleh PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2013 demi mendongkrak image Suzuki Sport di Indonesia. Karena saat itu harga jualnya mahal dan diatas Rp 300 juta, tak heran mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini hanya berhasil laku 24 unit saja di Indonesia. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

Lihat juga

Daftar Harga Honda HR-V & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Honda

Setelah pembaruan mode Facelift di Thailand, kini Honda HR-V juga memiliki wajah baru yang dipamerkan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Semua variannya kini memiliki fascia baru yang dipadu dengan fitur-fitur inovatif. Kira-kira apa saja pembaruannya? Berapa daftar harga Honda HR-V terbaru 2020?

Lihat juga