Jaguar Land Rover Kembangkan Fitur Pengenal Wajah untuk Mendeteksi Pengemudi Mengantuk

17/07/2019

Pengemudian

2 menit

Teknisi Jaguar Land Rover sedang berusaha untuk menggunakan perangkat lunak dalam fitur pengenal wajah untuk membantu pengemudi. Cocok untuk Anda yang sering berkendara jauh sendirian, fitur ini bisa memberikan peringatan ketika mendeteksi pengemudi mengantuk atau merasa bosan.

Steve Iley, Kepala Petugas Medis JLR mengklaim pembuat mobil asal Inggris tersebut ingin menggunakan fitur pengenal wajah untuk mengetahui kapan pengemudi merasa bosan atau tidak nyaman. Fitur ini memungkinkan penyesuaian otomatis ketika kendaraan sedang berjalan untuk memperingatkan pengemudi dan menghindari terjadinya kecelakaan akibat pengemudi yang mengantuk.

fitur pengenal wajah Jaguar yang mendeteksi wajah pengemudi
Fitur pengenal wajah akan mendeteksi setiap mimik pengemudi

Sebelumnya, Mercedes-Benz telah memperkenalkan sistem yang bisa merasakan ketika pengemudi merasa lelah pada S-Class dan E-Class beberapa tahun yang lalu. Teknologi ini akan mengingatkan pengemudi ketika dirasakan pengemudi terlalu mengantuk ketika mengemudi. Teknologi seperti ini juga telah digunakan pada kendaraan beberapa waktu belakangan.

>>> Mengenal Lebih Jauh ‘Penggerak Semua Roda Jerman’, Teknologi BMW xDrive

Selain itu, Iley berharap bahwa peralatan tersebut akan membuat kendaraan menjadi lebih otomatis dan intuitif sehingga pengemudi tidak harus menyentuh apapun ketika kendaraan mengemudi sendiri. "Ketika kita bergerak menuju masa depan self-driving, penekanan bagi kita tetap pada cara mengemudi yang pernah ada," kata Iley.

 fitur Jaguar yang mendeteksi pengemudi mengantuk
Fitur ini akan mendeteksi apakah pengemudi merasa bosan atau mengantuk

>>> Dapatkan semua mobil baru dengan penawaran menarik hanya di sini

"Dengan mengambil pendekatan holistik untuk pengemudi individu, dan menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari dalam penelitian seputar pengendaraan pribadi selama 10 atau 15 tahun terakhir, kami dapat memastikan pelanggan kami tetap nyaman, terlibat dan waspada di belakang kemudi dalam semua skenario mengemudi, bahkan dalam perjalanan jalan tol yang monoton,” lanjut Iley.

Sistem pengenalan wajah akan didukung oleh beberapa kecerdasan buatan terbaru dan berbagai kamera serta sensor biometrik di dalam mobil untuk mendeteksi perilaku penghuni. Jika sistem merasakan bahwa penumpang bosan, mobil secara otomatis akan mengubah stasiun radio. Atau jika sistem mendeteksi penumpang merasa dingin, sistem akan secara otomatis menaikkan suhu.”

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Sistem kamera yang digunakan pada Jaguar I-Pace

Selain fitur pengenalan wajah, fitur lain yang ingin digunakan JRL adalah kemampuan untuk merasakan status penumpang di belakang. Ketika penumpang menunjukan tanda-tanda kelelahan, mobil akan secara otomatis meredupkan pencahayaan ambient interior dan meningkatkan suhu untuk meningkatkan kenyamanan.

>>> Dapatkan berbagai tips & trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top