Jaga Jarak Tiga Detik, Maksudnya Bagaimana Sih?

01/01/2019

Pengemudian
Jaga Jarak Tiga Detik, Maksudnya Bagaimana Sih?
Dalam istilah mengemudi aman, Anda mungkin pernah mendengan istilah jaga jarak tiga detik, namun enggak semua orang paham dan tahu bagaimana maksudnya, lalu jaga jarak tiga detik, itu maksudnya bagaimana sih?

Dalam sebuah kelas driving instructor ada seorang murid yang bertanya kepada kami, jaga jarak tiga detik itu maksudnya bagaimana sih? Tentu saja pertanyaan ini membuat kami tertegun, karena memang dalam istilah mengemudi aman, kita tentu sering mendengar adanya istilah jaga jarak aman minimal tiga detik, sebenarnya itu maksudnya bagaimana sih? Dan mengapa harus tiga detik?

Jaga jarak aman kendaraan agar selamat dijalan

Selalu jaga jarak aman ketika dijalan, minimal 3 detik dengan kendaraan didepan Anda agar selamat

Cara mudah memahaminya begini, tiga detik merupakan gabungan hitung respon, satu detik pertama anda bereaksi menginjak pedal rem atau menghindari sesuatu, detik kedua adalah masa dimana kendaraan Anda merespon dari reaksi Anda semisal mobil yang Anda kendarai dilengkapi dengan ABS, maka pada detik kedua ini ABS akan bekerja mengontrol pedal rem dan sistem pengereman pada mobil. Lalu detik ketiga adalah mobil Anda merespon tindakan Anda.

>>> Dapatkan tips perjalanan lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

Honda Brio Speed Challenge dengan pembalap Ramadian Putra Mustika

Berbeda dengan suasana balapan, jaga jarak tidak diperlukan

Lalu bagaimana cara menetukan tiga detik jaga jarak seperti yang dijelaskan pada setiap modul berkendara aman mengemudi. Mudahnya begini, Anda perhatikan jarak mobil didepan Anda lalu hitung mundur tiga detik. Setiap Anda melewati tiang listrik atau benda apapun dijalan yang sifatnya diam dan tidak bergerak, jika Anda menghitung belum sampai tiga detik dan Anda beserta mobil didepan Anda sudah melewati objek yang bersamaan, berarti jarak Anda terlalu dekat.

Ingat jarak, dekat tidak terlalu berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar di jalan raya.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top