Inovasi Efisiensi Bahan Bakar yang Digunakan untuk Mobil Baru

09/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Inovasi Efisiensi Bahan Bakar yang Digunakan untuk Mobil Baru
Perkembangan teknologi membuat produsen otomotif berlomba-lomba memberikan teknologi terbaik mereka untuk memuaskan memberikan kenyamanan berkendara. Seperti halnya pengemudian, inovasi efisiensi bahan bakar juga mengalami peningkatan.

Dalam perkembangannya, produsen otomotif memberikan peningkatan inovasi efisiensi bahan bakar untuk menghasilkan pengurangan emisi karbon yang dihasilkan sekaligus mengurangi biaya perjalanan. Dari beberapa inovasi berikut, ada yang sudah mengalami kemajuan tapi tidak sedikit yang masih berupa pengembangan. Diantaranya adalah:

1. Deaktivasi Silinder

Fitur ini akan menutup beberapa silinder mesin saat kendaraan sedang meluncur atau melaju di jalan. Silinder yang dinonaktifkan tidak akan menggunakan bahan bakar saat mesin sedang berputar atau ketika kendaraan sedang berjalan lambat. Masalahnya, pada beberapa model lama, mesin mungkin akan bergetar sehingga semua silinder kembali menyala.

Berikut penjelasan sistem deaktivasi silinder pada mobil

Mobil yang menggunakannya dengan baik: General Motors, Honda, dan Chrysler.

2. Mesin Turbocharged yang Lebih kecil

Mesin ini menggunakan tekanan udara untuk meningkatkan kekuatan mereka ketika dibutuhkan, memberi tenaga kuda yang biasanya ditemukan dalam mesin non-turbo yang lebih besar. Dengan mesin yang lebih dan efisien, tentu saja menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Tapi, banyak yang meragukan inovasi ini karena turbo lag dan kadang-kadang efisiensi bahan bakar tidak terwujud.

Begini perbandingan turbocharged lama dengan yang lebih kecil

Mobil yang menggunakannya dengan baik: Audi, BMW, Ford F-150, Honda, dan Volkswagen.

3. Teknologi Start/Stop

Teknologi ini akan mematikan mobil ketika berhenti cukup lama. Beberapa sistem memiliki getaran yang terasa ketika mobil menyala kembali. Dengan teknologi yang belum sempurna, mobil lain ragu-ragu dalam me-restart sehingga membuat pengemudi harus memperhatikan kendaraan terlebih dahulu. Dan beberapa sistem mematikan AC sehingga membuat penumpang tidak nyaman ketika cuaca panas.

Begini cara kerja sistem Start/Stop pada mobil

Mobil yang menggunakannya dengan baik: BMW, Chevrolet Cruze dan Malibu, Honda Odyssey, Toyota Sienna, dan Ford F-150.

>>> Baca juga review Honda Odyssey 2018

4. Injeksi Langsung

Dengan teknologi ini, bahan bakar akan langsung diumpankan ke setiap silinder mesin, bukan ke manifold intake. Bunyi mesin keras dapat terjadi pada beberapa kendaraan yang lebih tua. Mereka juga rentan terhadap penumpukan karbon, sehingga membutuhkan perawatan rutin setiap beberapa tahun untuk menghindari kehilangan daya.

Penjelasan cara kerja Direct Fuel Injection bisa Anda lihat dibawah

Mobil yang menggunakannya dengan baik: Cukup banyak, karena ini adalah fitur yang tersebar luas.

5. Kecepatan transmisi 8, 9 dan 10

Semakin banyak transmisi yang dimiliki, semakin besar kemungkinan mesin bekerja ada efisiensi puncak. Artinya, mesin menggunakan lebih sedikit bahan bakar untuk menghasilkan tenaga. Tapi, beberapa mesin mempunyai pengaturan yang buruk dan tidak bergeser dengan lancar atau terlambat merespon sehingga pengemudi harus mengurangi pedal gas untuk mendapatkan kekuatan yang diinginkan.

Begini cara kerja sistem 10 percepatan

Mobil yang menggunakannya dengan baik: Audi, BMW, Chrysler 8 Percepatan, Genesis 8 Percepatan, dan Honda 10 Percepatan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

6. Penurunan Berat

Mobil akan mengurangi berat yang tidak diperlukan, seperti penggunaan fiberglass atau karbon dibandingkan baja yang lebih kuat, alumunium, atau materi berkekuatan tinggi lainnya. Kelemahannya, kaca akan lebih tipis, kursi yang kurang mendukung dan kabin yang lebih berisik dan kurang nyaman.

Begini cara modifikator mengurangi berat mobil untuk menambah performa

Mobil yang menggunakannya dengan baik: Ford, Honda, Mazda, dan Mercedes-Benz.

7. Peningkatan Aerodinamika

Mobil sedang mengutak-atik kemiringan kap, kaca depan, ujung belakang dan menambahkan teknologi seperti panel bagian bawah bodi mobil dan penutup roda. Bentuk yang tidak rata dan mementingkan aerodinamika akan membuat dorongan udara lebih mudah dan meminimalisir tenaga mesin.

Berikut penjelasan tentang sistem arodinamis mobil

Untuk beberapa teknologi layaknya peningkatan aerodinamis mobil, inovasi efisiensi bahan bakar ini sudah dikembangkan selama bertahun-tahun. Bersaing dalam kompetisi, teknisi dan pengembang masing-masing produsen berusaha untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi konsumen. Bukan tidak mungkin nantinya akan ada kendaraan yang tidak membutuhkan bahan bakar lagi untuk melaju.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top