Inilah Rahasianya, Tips Efektif Cegah Ngantuk Di Bulan Puasa

05/05/2019
Di bulan puasa ini, berkendara bukanlah seperti hari-hari biasanya. Perihal mengantuk nyatanya ikut menghantui dan bisa berujung pada kecelakaan. Hati-hati menanggapi hal ini, selain karena pola makan yang salah, ada juga perihal kurangnya pemahaman pengendara untuk menyiasati kantuk. Supaya Anda dapat terhindar darinya, berikut tips cegah ngantuk di bulan puasa.

Bulan puasa atau bulan Ramadhan sejatinya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Namun dibalik kegembiraan tersebut, ada hambatan yang sering dihadapi bagi mereka yang berpuasa yakni mengantuk. Ya, hal ini disebabkan karena pola makan seseorang yang berubah dari hari-hari pada umumnya. Lemas hingga mengantuk menjadi hal lumrah yang dirasakan karena tidak adanya asupan selama kurang lebih 14 jam.

Menghadapi hal ini, sejatinya ada cara khusus untuk menyiasatinya. Berikut Cintamobil.com memberikan tips cegah ngantuk di bulan puasa.

1. Makanan Proporsional Saat Sahur

Pola makan yang Anda terapkan sangatlah menentukan bagaimana dampak mengantuk nantinya. Untuk di bulan puasa ini, pastikan Anda menghindari mengkonsumsi makanan berat saat sahur seperti karbohidrat berlebih. Pasalnya, sistem pencernaan akan bekerja lebih untuk memprosesnya sehingga tubuh akan menjadi mengantuk dan mudah lelah. Apabila memungkinkan, Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak sayuran-sayuran bergizi dengan takaran nasi secukupnya.

>>> Berencana untuk membeli mobil dalam waktu dekat? Simak harga selengkapnya di sini lebih dulu yuk

2. Jadikan Air Putih Sebagai Minuman Utama

Jeda saat buka puasa hingga sahur, pastikan Anda banyak meminum air putih. Ya, beberapa minuman manis juga diperbolehkan untuk mengobati rasa rindu Anda terhadap minuman khas bulan puasa yakni kolak. Namun di waktu senggang, seperti di rumah atau bepergian bersama teman setelah berbuka puasa, pastikan untuk membawa bekal air putih. Minum setidaknya delapan gelas sehari supaya tubuh tidak dehidrasi saat Anda berpuasa.

Air Mineral menjadi hal terpenting supaya Anda tidak mengalami dehidrasi

Pastikan air mineral selalu berada di dekat Anda setelah berbuka puasa hingga sahur

>>> Baca juga: Bukan Cuma Wangi, Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat

3. Jadwal Tidur Yang Cukup

Ini adalah salah satu hal terpenting lainnya yakni menjaga pola tidur Anda. Di bulan Ramadhan ini, pola tidur cenderung berubah karena Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengatur jam tidur lebih awal dari biasanya seperti jam 8 atau 9 malam. Ingat juga pola tidur yang baik yakni seseorang butuh tidur 8 jam.

Tidur dengan waktu yang cukup bisa meminimalisir kelelahan di keesokan harinya

Pastikan Anda menjaga pola tiidur minimal 8 jam

4. Wudhu Menjadi Hal Terpenting

Sebelum memulai aktifitas, lakukan Wudhu terlebih dulu yang notabene memberi manfaat bagi Anda. Yang pertama, Wudhu adalah sebuah bentuk ibadah dan kedua ialah supaya Anda tetap fokus, segar serta lebih Fresh. Sehingga, proses berkendara nantinya menjadi lebih nyaman dan aman selama berpuasa.

Wudhu memberi banyak manfaat baik sebagai bentuk ibadah hingga membuat Anda kembali fokus

Wudhu menjadi hal terpenting

>>> Baca juga: Mudik Jarak Jauh Naik Mobil, Lebih Baik Siang Atau Malam?

5. Pergunakan Waktu Luang Untuk Memejamkan Mata

Ya, hal ini sangat penting loh sobat. Jika di hari biasa, Anda mendapatkan waktu istirahat makan siang, di bulan puasa ini Anda bisa memanfaatkannya untuk memejamkan mata sejenak. Meski beberapa menit, namun hal tersebut sangatlah berarti untuk membuat pikiran kembali segar dan terhindar dari rasa kantuk.

Memejamkan mata selama beberapa menit nyatanya efektif untuk mengusir kantuk

Sebagai ganti dari istirahat makan siang, Anda bisa beristirahat sejenak dengan memejamkan mata beberapa menit

>>> Simak juga tips tentang mobil menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain