Inilah Perbedaan Sportcar, Supercar dan Hypercar Dalam Dunia Otomotif

09/03/2019
Mungkin bagi mereka yang bukan Car Enthusiast akan menyebut semua mobil seksi yang lewat di depannya adalah mobil Sport. Namun aslinya, mobil dengan performa tinggi dikategorikan menjadi tiga meliputi Sportcar, Supercar dan Hypercar. Lantas, apa perbedaan dari ketiganya?

Performance Car

Performance Car atau mobil dengan performa tinggi memiliki karakteristik khusus yakni dirancang untuk kecepatan. Berbeda dengan mobil konvensional yang banyak diamati di jalanan, kecepatan maksimum umumnya hanya berkisar 120 Km/Jam. Adapun fungsinya lebih merujuk pada kenyamanan serta performa mesin irit bahan bakar.

Dalam hal ini, Performance Car hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen yang haus akan Adrenaline. Dalam kategorinya, Performance Car terbagi menjadi tiga jenis yakni Sportcar, Supercar dan Hypercar.

1. Sportcar

Mobil satu ini umumnya memiliki tampilan yang lebih sporty dan sopan dibanding dua kelas di atasnya. Dibanding mobil-mobil konvensional, Sportcar memiliki rupa yang masih normal dan dapat tersamarkan jika berada di kemacetan kota. Sesuai namanya yakni Sport, kategori mobil ini justru lebih eksotis nan elegan. Di sisi lain, mobil jenis ini umumnya dirancang dengan dua pintu serta konfigurasi 2 hingga 4 Seaters.

>>> Baca juga: Punya Rasa Berkendara Yang Menyenangkan, Inilah 5 Sports Car Bekas Impian

Sportcar adalah mobil berkecepatan di atas rata-rata namun masih dapat dikendarai dengan nyaman di area perkotaan

Honda Civic Type-R adalah salah satu mobil berkategori Sportcar

Berbicara masalah mesin, banyak Sportcar dirancang dengan mesin depan dipadu berbagai pilihan mode penggerak baik AWD, FWD atau RWD. Performa mesinnya sendiri cukup bervariasi mulai dari daya maksimum 150 HP pada Mazda MX-5 hingga 500 HP seperti yang diaplikasikan oleh Toyota GT-86. Kecepatan maksimum yang bisa diraih oleh mobil ini di kisaran 250-350 Km/Jam.

Unsur paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah Sportcar adalah Fun to Drive atau kenyamanan berkendara. Ya, memang kategori mobil satu ini masih dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Berbeda dengan dua kasta di atasnya yang cenderung tidak nyaman dikendarai di jalanan kota.

>>> Kunjungi juga review kami yang selalu membahas mobil-mobil menarik di seluruh dunia

2. Supercar

Dari namanya saja, kita bisa mengetahui bahwa mobil ini dirancang dengan 'super’ baik dari segi teknologi, desain bodi, mesin hingga harganya yang istimewa. Memang jika bicara desain, Supercar memiliki tampilan yang tidak umum. Bodinya dirancang bongsor, berukuran lebar serta memiliki Ground Clearance rendah. Hal ini sengaja dirancang supaya dapat memanfaatkan fungsi aerodinamis yang lebih baik.

>>> Tertarik untuk memiliki Supercar seperti Lamborghini Aventador? Simak di sini harga selengkapnya

Supercar adalah mobil yang didesain untuk orang yang benar-benar memahami bagaimana berkendara dan haus akan Adrenaline

Salah satu contohnya adalah Aston Martin Vantage GT12

Menyinggung masalah mesin, Supercar memiliki tenaga yang luar biasa 'mengerikan’ yakni di kisaran 500 hingga 700 HP. Bahkan, bisa dibayangkan akselerasi dari 0-100 Km/Jam hanya ditempuh dalam tempo di bawah 3 detik saja. Adapun mobil sekelas Supercar ini umumnya menerapkan Mid-Engine yang mana mesin diposisikan di bagian tengah dipadu mode penggerak AWD atau RWD.

Jujur saja, mengendarai mobil ini membutuhkan keahlian berkendara yang mumpuni. Jika Anda sering kali melihat YouTube maka banyak sekali mobil Supercar tabrakan karena kurangnya kelihaian pengendara. Ibarat kuda liar, mobil ini memiliki tenaga luar biasa yang membutuhkan keahlian khusus untuk menjinakkannya. Tak heran, mobil ini kurang nyaman untuk dikendarai sehari-hari karena kecepatannya yang luar biasa.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

3. Hypercar

Kasta tertinggi dipegang oleh Hypercar. Jenis mobil ini memiliki tenaga yang sangat mengerikan dan hampir mirip seperti mobil Formula 1. Tenaga mesinnya berkisar antara 700 HP hingga 1.500 HP. Dari banyak Hypercar, akselerasi 0-100 Km/Jam rata-rata hanya ditempuh di bawah 2,5 detik. Bahkan, kecepatan maksimumnya dirancang hingga 400 Km/Jam. Namun, untuk mencapai kecepatan tersebut, dibutuhkan mereka yang benar-benar bernyali dan siap menanggung resikonya. Jika mau dibandingkan, kecepatan 120 Km/Jam saja sudah sangat sukses membuat ketar-ketir, apalagi Hypercar yang notabene 3,5 kali lipat kecepatan maksimumnya.

Hypercar adalah kasta tertinggi dari semua lini mobil berperforma tinggi

Lamborghini Veneno adalah salah satu Hypercar mengesankan yang dijual terbatas

Sedangkan jika berbicara masalah desain, Hypercar cenderung tidak umum sehingga sukses mendapat perhatian banyak masyarakat. Desainnya bercampur antara nuansa futuristik dengan lekuk bodi aerodinamis. Semua sisi dirancang semata-mata untuk kecepatan. Tak heran, jenis mobil satu ini sangat tidak cocok dijadikan kendaraan harian. Selain karena kecepatannya yang tinggi, Hypercar juga memiliki ruang kabin sempit sehingga membuat pengendaranya mudah kelelahan.

>>> Cari tahu tips dan trik lainnya di Cintamobil

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
53

berita lain