Inilah Ciri-Ciri Mesin Overheat

28/04/2017

Pengemudian
Share this post:
Inilah Ciri-Ciri  Mesin Overheat
Sistem pendingin bukan hanya terdapat pada PC maupun Laptop, akan tetapi di kendaraan bermotor terutama mobil pun juga memilikinya. Walaupun begitu, bila sebuah mesin mobil telah mengalami overheat (suhu mesin meningkat), tentu saja akan merepotkan sistem pendingin juga.

Mesin sebagai komponen terpenting dari mobil. Akan tetapi bukan semua orang tahu bahwa mesin pun memiliki umur. Seperti manusia, mesin kadang-kadang juga sakit dan harus diobati. Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah Overheat. Apa itu overheat dan ciri-ciri mesin overheat itu apa? Silahkan membaca tulisan di bawah ini.
 

Mobil mengalami overheat dan dua wanita ini tidak tahu bagaimana cara mengatasinya

Mesin mobil mengalami overheat

1. Apa itu overheat?

 

Overheat adalah salah satu penyakit yang sangat bahaya bahkan bisa merusakkan mobil kalau tidak diatasi. Overheat adalah kondisi dimana suhu pada internal mesin meningkat lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan kinerja mesin tidak optimal dan kalau tidak segera diatasi akan berdampak buruk pada keseluruhan fungsi mobil.

>>> Tahukah Anda apa penyebab terjadi overheat pada mesin mobil? Klik sini untuk mencari jawabannya
 

2. Apa ciri-ciri mesin mengalami overheat?

Tidak sulit untuk mengetahui mesin mengalami overheat, karena pabrikan mobil sudah menyediakan indikator temperatur mesin di panel instrumen. Jika jarum indikator semakin dekat ke arah ‘H’ berarti  bahwa mesin mulai mengalami gejala overheat.

>>> Untuk membaca lebih banyak informasi tentang pengemudian, silahkan klik di sini.
 

Bagian indikator mobil menyala engine hot

Melihat gejala overheat di bagian indikator

 

Namun beberapa mobil baru menggunakan lampu indikator untuk menunjukan temperatur mesin. Ketika suhu mesin di atas 95 derajat, lampu indikator temperatur akan menyala. Bagi mobil yang memakai indikator temperatur berupa lampu maka pemilik harus lebih banyak memperhatikan air di reservoir engine coolant. Kalau dalam batasan “MIN” atau minimal Anda harus segera menambah. Namun jangan banyak penambahannya karena akan terjadi kebocoran di radiator. Selain itu, satu ciri untuk mengenal overheat lain dari performa mobil. Jika mesin mengalami knocking dan menurunkan performa, itu juga bisa dianggap sebagai gejala overheat.

Mesin mengalami overheat kalau tidak diatasi bisa terjadi kerusakan keseluruhan pada mobil. Jadi perhatikanlah ciri-ciri mesin overheat di atas supaya tidak gugup dalam situasi itu.
>>> Klik sini untuk tahu pengalaman, tips dan trik penakaian mobil yang berguna lainnya.

Share this post:
 
back to top