Inilah Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Parking Brake di Lampu Merah

19/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Inilah Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Parking Brake di Lampu Merah
Adanya anjuran untuk tidak menggunakan parking brake di lampu merah ternyata punya alasan keselamatan lho. Mau tau apa saja alasannya? Baca selengkapnya di artikel ini ya...

Dahulu mungkin Anda mengenal anjuran untuk menggunakan parking brake atau hand brake saat berhenti di lampu merah. Ternyata hal ini sebenarnya salah kaprah. Akan lebih baik jika ketika berhenti di lampu merah atau ketika macet, Anda tetap menginjak pedal rem mobil.

>>> Mengenal Jenis Parking Brake pada Mobil Modern

Ternyata larangan menggunakan parking brake di lampu merah ada alasannya lho... Menurut Sony Susmana, Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia, kaki kanan sebaiknya tetap menginjak pedal rem mobil saat Anda berhenti di lampu merah.

1. Komunikasi dengan Mobil Lain

lampu rem mobil

Ketika lampu rem menyala, Anda sudah berkomunikasi dengan pengguna jalan lain

Saat menginjak pedal rem, kata Sony, maka Anda sudah berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. "Ketika pedal rem diinjak maka lampu rem belakang akan menyala. Ini artinya Anda memberikan informasi kepada pengguna jalan lain jika kendaraan Anda sedang berhenti," katanya.

>>> Promo mobil baru cek disini

Jika hanya mengandalkan parking brake dan kemudian pedal rem dilepas, maka lampu rem tidak akan menyala. Bisa saja pengguna jalan lain tidak mengetahui keadaan Anda saat itu dan menabrak dari belakang.

2. Tetap Waspada

mobil berhenti di lampu merah

Meskipun berhenti di lampu merah tapi Anda tetap harus waspada

Sony kemudian menambahkan, jika menggunakan parking brake di lampu merah maka kewaspadaan Anda di jalan akan berkurang. Karena Anda bisa saja melakukan aktifitas lain, seperti menggunakan ponsel, makan dan minum, atau melemaskan beberapa bagian tubuh.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Padahal selama Anda berkendara akan selalu ada bahaya yang mengancam. Jika anda menggunakan parking brake di lampu merah, maka konsentrasi berkendara akan tetap tejaga dan Anda bisa menghindari kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

"Lampu merah bukan tempat untuk istirahat, jadi sebaiknnya jangan gunakan parking brake, sehingga apabila ada bahaya datang, Anda tetap bisa menghindar karena refelks yang tetap baik," kata Sonny.

Nah sudah paham kan mengapa ada anjuran tidak menggunakan parking brake di lampu merah.

>>> Tips & trik lain baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bubut Rem Cakram Yang Bergelombang, Amankah?

21/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Permukaan rem cakram berisiko untuk bergelombang karena banyak penyebabnya. Solusi untuk mengatasi rem cakram yang bergelombang adalah dengan melakukan bubut rem cakram. Namun apakah aman untuk melakukan bubut rem cakram?

Lihat juga

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Minyak Rem?

17/05/2019

Perawatan dan service

3 menit

Kondisi minyak rem selalu luput dari pantauan pemilik mobil. Padahal, fungsinya cukup vital. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem? Simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

Wajib Tahu Untuk Keselamatan, 10 Penyebab Rem Blong Serta Solusinya

Hal yang paling dihindari dalam berkendara tentu saja adalah kecelakaan. Jika dilihat dari jenis penyebabnya, salah satu paling membahayakan ialah rem blong. Tak heran, banyak di sosial media mengabarkan bahwa kecelakaan sering kali terjadi karena masalah rem blong. Lantas, apa alasan di baliknya? Inilah dia penyebab rem blong serta solusinya.

Lihat juga

Review Kia Grand Sedona Diesel 2018

22/11/2018

Editor rate:

Menyusul versi bensin diluncurkan dua tahun silam, PT Kia Mobil Indonesia meluncurkan Kia Grand Sedona Diesel.

Lihat juga

Hyundai H-1 - Harga terbaru Januari 2021

01/01/2021

Hyundai

Sebelum ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 berlangsung, PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) merilis Hyundai H-1 pada tanggal 3 Juli 2018 lalu. Mengusung bodi mirip Hyundai Starex Mover khas Korea Selatan, Hyundai H-1 memiliki varian-varian baru. Apa saja perbedaan varian Hyundai H-1? Berapa harga Hyundai H-1 terbaru 2020?

Lihat juga
 
back to top