Inikah VW Beetle Terbesar di Dunia?

01/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Inikah VW Beetle Terbesar di Dunia?
Ayah dan anak di California berhasil membuat VW Beetle terbesar di dunia. Mobil ini meniru bentuk Beetle produksi 1959 namun dnegan ukuran 40% lebih besar.

Sejatinya Volkswagen (VW) menghadirkan Beetle sebagai mobil kecil untuk rakyat Jerman. Seiring perkembangan zaman, generasi Beetle pun mengalami perubahan dimensi yang terus membengkak. Namun demikian tidak pernah sebesar apa yang dilakukan pada VW Beetle yang satu ini.

Melalui tangan-tangan kreatif keluarga dari California, Amerika Serikat (AS), sebuah VW Beetle terbesar di dunia mungkin telah diciptakan dan legal untuk digunakan di jalan raya. Aslinya mobil ini kelahiran tahun 1959, namun ukuran bodinya membesar hampir dua kali lipat dari aslinya.

>>> ‘The Last Mile’, Film Pendek Volkswagen Beetle Diiringi The Beetles

Semua Bagian Ukurannya Diperbesar

Huge Bug VW Beetle rear

Mobil aslinya di scan secara digital untuk menentukan ukuran barunya

Adalah Richard Tupper dan Scott Tupper, ayah dan anak yang melakukan project dalam membuat Beetle terbesar di dunia ini. Jika Beetle produksi tahun yang sama memiliki panjang 4.079 mm dan lebar 1.539 mm, maka ayah dan anak ini memperbesar sampai 40 persen. Uniknya, bukan cuma secara penampilan luar saja yang terlihat jauh lebih besar, namun seluruh komponen di mobil ini diperbesar 40 persen dari ukuran aslinya.

Demi menciptakan ukuran yang presisi ini, Richard dan Scott pun tidak melakukan penyambungan atau custom terhadap masing-masing komponen itu. Tetapi mencetaknya dengan material baru bagian per bagian mengikuti hasil scan digital. Sementara untuk lampu-lampu, kaca, dan velg serta ban, mencomot dari mobil lain yang ukurannya dirasa sesuai kebutuhan.

>>> Opsi Mobil Jerman Pertama, Inilah 5 Pilihan Mobil VW Bekas

Pakai Mesin Dodge Ram V8

Huge Bug VW Beetle front

Lantaran dimensinya sudah super jumbo, maka mesin standar pun diganti

>>> Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019 Indonesia

Ada alasan cukup unik mengapa Richard dan Scott melakukan project ini.

"Saya dan ayah saya berpikir, alangkah baiknya jika kami memiliki Volkswagen yang nyaman dan tidak takut tertabrak di jalan raya," kata Scott dikutip Cintamobil.com dari Autoclassics, Senin (01/09/2020).

Awalnya Scott dan sang ayah ingin membuat mobil ini 50 persen lebih bear dari ukuran standar. Sayangnya hal itu tidak memungkinkan karena terbentur peraturan lalu lintas.

Dan karena bodi mobil Beetle terbesar di dunia ini sudah jauh melampaui ukuran aslinya, maka Scott juga butuh mesin baru demi menggerakkan kendaraan tersebut. Yang ia dan ayahnya kemudian pilih adalah mesin Dodge Ram berkapasitas 5.700 cc V8. Uniknya mesin ini dikombinasikan dengan gearbox otomatis juga bawaan Dodge Ram, tetapi terlihat seperti taus transmisi manual pada ruang kabin Beetle ini.

Selain itu, ternyata beberapa komponen di mobil ini sudah mengikuti perkembangan teknologi mobil modern. Diantaraya keberadaan power steering, AC, power windows dan power door lock, sampai kursi yang dilengkapi pemanas. Lantas panel meter bawaan Dodge juga dipakai, hanya saja disembunyikan di bawah dashboard, supaya mobil terlihat masih benar-benar klasik.

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bugkart Wasowski, Gokart dari Fender VW Beetle Racikan Aldekas Studio

24/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Bugkart Wasowski merupakan sebuah kreasi Aldekas Studio yang menyulap satu fender kepunyaan VW Beetle menjadi sebuah gokart berpenampilan yang menarik.

Lihat juga

VW Beetle Bakal Come Back?

19/07/2020

Mobil baru

5 menit

VW Beetle sepertinya tidak benar-benar hilang, mengingat perusahaan otomotif Jerman ini sudah mendaftarkan merek dagang baru dengan kembali memakai nama Beetle.

Lihat juga

13 Maret, Pertama Kali ‘The Love Bug’ Promosikan Volkswagen Beetle

13/03/2019

Pasar mobil

‘The Love Bug' merupakan film legendaris yang turut membawa nama Volkswagen Beetle sebagai salah satu kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai. Dan hari ini menandai pertama kalinya film ini diputar di seluruh bioskop di Amerika Serikat.

Lihat juga

Selamat Tinggal VW Beetle!

11/07/2019

Pasar mobil

4 menit

Akhirnya tiba waktu untuk mengucapkan perpisahan terhadap VW Beetle, setelah Volkswagen memutuskan untuk menghentikan produksi VW Beetle di seluruh dunia. Acara perpisahan pun digelar untuk menghormati produksi terakhir VW Beetle 2019.

Lihat juga

Classic VW Bugs, Bengkel Khusus VW Beetle untuk Nostalgia Masa Lalu

19/06/2018

Pasar mobil

Kabar buruknya, berita tentang VW menutup produksi mobil ikonik mereka berkembang pada bulan Maret lalu. Berita baiknya, konsumen bisa memperbaiki VW Beetle di bengkel khusus VW Beetle ini.

Lihat juga