Ini Yang Terjadi Pada Mobil Jika Satu Sisi Menggunakan Ban Mobil Beda

18/08/2019

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Ini Yang Terjadi Pada Mobil Jika Satu Sisi Menggunakan Ban Mobil Beda
Ban sangat penting untuk kinerja kendaraan. Salah memilih ban bisa menjadi penyebab malapetaka. Penelitian terbaru menunjukan bagaimana menggunakan ban mobil beda dalam satu mobil bisa meningkatkan potensi kecelakaan di jalanan.

Pilihan ban sangat penting dalam semua kondisi untuk mendapatkan traksi dan cengkraman ke jalan. Untuk perawatan, banyak yang menyarankan untuk mengganti ban sekaligus. Mencampur merek dan tipe yang berbeda dapat menciptakan ketidakseimbangan yang membahayakan. Buktinya? Motor1 menunjukan kepada Anda bagaimana jika BMW M2 menggunakan ban mobil beda di kedua sisinya.

mobil berwarna biru di jalanan 
Penelitian terbaru menunjukan ban berbeda digunakan pada BMW M2

Video yang dirilis oleh Tyre Reviews di YouTube ini menampilkan skenario dimana sebuah BMW M2 yang menyalurkan 405 daya kuda ke roda belakang mendapatkan satu ban yang berbeda. Seperti yang ditunjukan pada video berdurasi 11 menit, keputusan tersebut adalah sebuah kesalahan.

>>> Ubah Pelek dan Ban, Segini Harga Honda Brio Sport E di Pasar Mobil Bekas

Sebagai permulaan, mencampur merek ban yang berbeda sering menghasilkan perubahan yang nyata pada cengkraman kendaraan. Senyawa ban, kekakuan dinding samping ban, pola tapak sangat berpengaruh terhadap kinerja ban. Dan jika keempatnya tidak cocok, masing-masing akan saling mengganggu satu sama lain.

Yang patut dihindari adalah mengganti satu ban yang berbeda dalam satu poros roda. Jadi, jika Anda merasa salah satu ban sudah mengalami keausan yang tinggi, disarankan setidaknya untuk mengganti satu pasang ban pada poros yang sama. Jika itu ban depan, Anda bisa mengganti dua ban depan kiri dan kanan, begitupun ban belakang.

>>> Semua tips perawatan mobil terbaik lainnya ada di sini

Video yang menunjukkan skenario dimana BMW M2 menggunakan ban yang berbeda

Menggunakan ban yang berbeda sangat berpengaruh pada handling serta keselamatan berkendara. Terlebih bagi Anda pengguna mobil dengan penggerak semua roda. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan satu ban mobil beda untuk mobil Anda. Jika merasa satu ban sudah mengalami keausan, sebaiknya semua ban diganti dengan satu merek dan kondisi yang sama.

>>> Tips dan trik menarik lainnya selalu ada disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ubah Pelek dan Ban, Segini Harga Honda Brio Sport E di Pasar Mobil Bekas

14/08/2019

Perawatan dan service

4 menit

Honda Brio Sport E pernah menjadi salah satu mobil LCGC populer dengan desainnya yang sporty. Tapi karena kurangnya penjualan, Honda pun menggantinya dengan Brio RS. Tapi bagi Anda bisa membeli mobil ini yang dijual di pasar mobil bekas di Tanah Air.

Lihat juga

Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Ban RFT Kempis

13/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ban RFT kempis memang masih bisa digunakan sampai sejauh 80 km. Namun pada kondisi ini, sebaiknya Anda memahami beberapa hal tentang akrakter ban tersebut yang berbeda dengan ban tipe lain.

Lihat juga

Hati-hati, Ini Dampak Buruk Memakai Ban Aus

30/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Salah satu komponen penting pada mobil adalah ban. Sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, kondisi ban harus rutin dipantai. Sayangnya masih ada yang menganggap sepele kondisi ban dianggap masih bisa digunakan. Padahal ada dampak buruk memakai ban sudah aus.

Lihat juga

Pakai Aplikasi TOMOnet, Cari Ban Lebih Mudah

29/07/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) memperkenalkan aplikasi TOMOnet guna memudahkan pelanggan mendapatkan informasi seputar ban mobil dan harganya, termasuk outlet penjualan terdekat.

Lihat juga

Bersama Bos Baru, Bridgestone Luncurkan Ban Sport Segala Medan

29/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 jadi momen penting bagi Bridgestone meluncurkan produk terbarunya, Potenza S007A. Ban ini diklaim sebagai ban sport segala medan yang punya pengendalian dan respon maksimal.

Lihat juga
 
back to top