Ini yang Harus Dilakukan Mengemudi dengan Jarak Pandang Terbatas

03/01/2019

Pengemudian

3 menit

Ini yang Harus Dilakukan Mengemudi dengan Jarak Pandang Terbatas
Mengemudi mobil dengan jarak pandang terbatas merupakan hal yang membahayakan. Maka dari itu perhatikanlah tips di bawah ini yang bisa Anda praktikan.

Bagi kita yang sering mengemudikan mobil untuk beraktivitas sehari-hari terkadang kita dihadapkan oleh kondisi hujan atau cuaca berkabut sehingga jarak pandang jadi terbatas dan bisa membahayakan keselamatan Anda, terlebih kini kita tengah memasuki musim hujan. Karena berbagai alasan seperti mengejar meeting atau menjemput anak di sekolah membuat Anda tidak punya pilihan lain kecuali melanjutkan perjalanan.

>>> 10 Pilihan Mobil Anti Banjir Non SUV Di Bawah Rp 80 Juta

Gambar menunjukan visibilitas pandangan berkendara yang minim

Jarak pandang terbatas bisa membahayakan keselamatan Anda

Jika kondisi ini adanya, Anda terpaksa harus melanjutkan perjalanan dalam kondisi pandangan sangat terbatas, Anda harus extra waspada. Tetapi jika kondisi semakin parah, sebaiknya Anda mencari tempat aman hingga kondisi cuaca membaik. Kalaupun Anda memang berniat melanjutkan perjalanan, ada hal-hal yang harus diperhatikan, dilansir dari Hyundai Indonesia ini yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk menghadapi berkendara dengan jarak pandang terbatas.

Pertama pastikan kaca selalu bersih, kondisi kaca yang bebas dari debu membuat visibilitas Anda di jalan semakin baik. Selain itu Anda juga harus membersihkan spion samping sebelum berangkat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

>>> 20 Unit Hyundai Ioniq Akan Tersedia untuk Customer Grab Awal 2020

Gambar menunjukan wiper mobil

Bersihkan kaca mobil Anda sebelum memulai perjalanan

Kedua gunakan lampu yang sesuai. Hal yang perlu Anda ketahui jangan menyalakan lampu jauh karena akan memperparah visibilitas pandangan Anda. Hal itu disebabkan karena kabut memantulkan cahaya lampu mobil. Anda bisa menyalakan lampu kabut (foglamp) juga bisa diaktifkan, namun hanya jika jarak pandang di bawah 100 meter. Jangan lupa matikan lagi jika jarak pandang telah membaik.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap klik disini

Ketiga gunakanlah cairan wiper, sebelum memulai perjalanan Anda bisa membersihkan kaca mobil Anda dengan cairan sabun khusus lalu aktifkan wiper dengan setting lambat. Cairan pembersih juga bisa mengurangi atau menghilangkan partikel debu di kaca mobil Anda.

Keempat waspadalah dengan pejalan kaki. Jika melewati jalan yang kira-kira banyak pejalan kaki, perlambat laju kendaraan untuk mengetahui posisi mereka, dan selalu jaga jarak aman.

Terakhir berhenti ditempat yang aman. Jika kondisi makin parah dan Anda terpaksa berhenti, carilah tempat dimana pengendara lain mudah melihat posisi kita. Terlebih, jika Anda harus berhenti di bahu jalan. Pastikan juga lampu hazard menyala saat berhenti.

>>> Tips dan trik lainnya baca di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top