Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

25/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil
Supaya liburan bersama keluarga menggunakan mobil terasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Perjalanan darat atau dikenal dengan istilah road trip merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Biasanya ketika berlibur menggunakan mobil kita menginginkan momen liburan tersebut menjadi perjalanan berkesan baik.

Tidak ingin sesuatu tidak mengenakan terjadi, Anda harus melakukan persiapan dengan matang. Berikut tips liburan bersama keluarga menggunakan mobil dengan kendaraan dilansir dari laman Nissan Indonesia.

>>> Agar Tidak Celaka, Pelajari Cara Menyalip Mobil Yang Tepat

Berlibur menggunakan mobil bersama keluarga

Persiapan matang menjadi kunci dari perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga

Pertama, rencanakanlah perjalanan dengan matang. Perjalanan liburan bersama keluarga berarti akan ada anak kecil di dalamnya. Maka dari itu, segala persiapan harus dilakukan dengan matang. Anda perlu membuat rencana dari jauh-jauh hari untuk mengatur jadwal libur seluruh anggota keluarga.

Sementara itu, rencana perjalanan yang perlu disiapkan mencakup rute perjalanan hingga akomodasi. Pilih rute atau jalur yang aman. Artinya, jalan yang akan dilalui nantinya relatif bebas dari ancaman longsor, banjir, hingga aksi kejahatan. Pastikan pula hotel yang Anda pilih bersih.

>>> Pilihan mobil bekas berkulitas terlengkap ada di sini

Nissan suku cadang original

Jangan lupa periksa kondisi kendaraan Anda, Lakukan pengantian suku cadang jika dibutuhkan

Kedua, periksa kendaraan. Sebelum melakukan perjalanan liburan bersama keluarga, sudah menjadi syarat wajib untuk memeriksakan kendaraan terlebih dulu ke bengkel. Pastikan fungsi rem, oli, kopling, mesin, hingga aki berjalan dengan baik. Jangan sampai kendala teknis kendaraan mengacaukan rencana liburan keluarga.

Ketiga, jangan lupa peralatan darurat. Karena perjalanan darat hanya dengan keluarga, maka Anda perlu menyiapkan diri untuk segala kondisi darurat. Persiapkan peralatan darurat seperti kotak P3K, senter, ban cadangan, makanan dan minuman, hingga obat-obatan.

Terakhir, siapkan mental dan perlengkapan si kecil. Perlengkapan si kecil jangan sampai terlewatkan. Beberapa hal yang penting dibawa ketika liburan, seperti popok sekali pakai, mainan, selimut, pakaian tebal, hingga baju ganti wajib sekali dibawa. Siapkan pula mental si kecil dengan memberitahu rute dan medan perjalanan yang akan dilalui. Ceritakan dengan pembawaan yang menyenangkan agar mereka antusias mengikuti liburan road trip kali ini.

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jangan Sepelekan Peran Penting Jok Saat Perjalanan

02/10/2019

Pengemudian

3 menit

Mengemudi jadi aktivitas sehari-hari saat ini. Hanya saja, menghadapi jalanan macet khususnya jam sibuk membuat tubuh cepat letih. Pun ketika perjalanan jauh badan pengemudi bisa terasa sama. Ternyata hal ini efek dari kualitas jok pada mobil. Ada peran penting jok saat Anda mengemudi dalam kemacetan atau perjalanan jauh.

Lihat juga

[Infografik] Ban Aman Perjalanan Nyaman! 7 Kondisi Ban Mobil yang Harus Diperhatikan

16/08/2019

Perawatan dan service

2 menit

Tidak ada yang bisa membantah kondisi ban mobil mempengaruhi kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Untuk itu, perhatikan 6 hal berikut untuk membuat ban mobil tahan lama dan memberikan kenyamanan untuk Anda dan penumpang.

Lihat juga

Coffee Lover, Ini Manfaat Kopi Sebagai Pengharum Kabin untuk Perjalanan Anda

26/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Penasaran dengan bau apek di dalam mobil namun tidak menyukai aroma pengharum kabin? Jika Anda menyukai aroma kopi, mungkin Anda bisa menggunakan kopi sebagai pengharum kabin. Tidak menghasilkan bau yang menyengat dan mudah didapatkan.

Lihat juga

Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengusir Kebosanan Saat Perjalanan Mudik

31/05/2019

Pengemudian

4 menit

Perjalanan mudik yang panjang dan lama bisa sangat membosankan, namun Anda tak perlu cemas. Anda bisa menyiasatinya agar perjalanan mudik tetap menyenangkan dan tak terasa melelahkan.

Lihat juga

Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

12/05/2019

Pengemudian

Posisi mengemudi yang baik bisa menentukan kenyamanan dan keselamatan saat Anda berkendara. Terlebih lagi jika Anda akan melakukan perjalanan yang jauh dengan waktu tempuh yang relatif lama seperti saat mudik Lebaran.

Lihat juga