Ini Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor yang Dipakai

17/06/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Ini Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor yang Dipakai
Berikut ini beberapa cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor yang dipakai pada mobil tersebut. Mulai dari menggunakan ponsel hingga datang langsung ke Samsat.

Akibat perkembangan teknologi informasi, tentu segala kebutuhan manusia menjadi semakin mudah. Teknologi informasi ini pun tak cuma dipakai untuk aktifitas perkantoran atau rumah tangga. Sesuatu yang berkaitan dengan hukum dan peraturan lalu lintas juga telah mengandalkan kemajuan teknologi.

Misalnya dalam satuan Kepolisan Republik Indonesia (Polri). Beberapa sistem kerja dilingkungan kepolisian ini pun telah menggunakan kemajuan teknologi informasi. Misalnya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Termasuk pula mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor mobil yang dipakai juga dapat dilacak menggunakan kecanggihan teknologi informasi.

Hal tersebut bisa terjadi karena semua data kendaraan yang ada di Indonesia sudah dibukukan secara terpusat sehingga memudahkan untuk pelacakannya saat dibutuhkan. Misal ketika pengendara mobil melanggar peraturan lalu lintas, atau terjadi tindak kriminal yang melibatkan kendaraan itu.

Menariknya, untuk mengetahui siapa pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang menempel pada kendaraan itu bukan cuma bisa dilakukan pihak kepolisian. Namun Anda sebagai masyarakat umum pun dapat mendeteksinya.

Berikut 4 cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor hasil rangkungan Cintamobil.com dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Aplikasi Mobile

Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta

Ada banyak aplikasi mobile yang bisa Anda unduh secara gratis

>>> Berapakah Tarif Plat Nomor Polisi Mobil dan Motor Cantik?

Saat ini pihak kepolisan di Indonesia sudah memiliki beberapa aplikasi mobile yang dapat Anda unduh ke ponsel cerdas (smart phone) berbasis sistem operasi Android atau Apple. Aplikasi ini dapat mengetahui siapa nama pemilik kendaraan tersebut cukup dengan memasukkan kode plat nomor kendaraannya.

Caranya Anda tinggal mengunduh aplikasi tersebut secara gratis ke ponsel Anda, lalu jalankan aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, yang perlu Anda lakukan hanya memasukkan data plat nomor kendaraan secara lengkap, misalnya B 1234 ZXY. Nantinya akan tertampil data merk, tipe, warna, tahun pembuatan, masa berlaku pajak kendaraan, sampai nama pemiliknya.

Agar lebih fokus, kini pihak kepolisan juga mengembangkan aplikasi mobile untuk pengecek pemilik kendaran berdasarkan plat nomor kendaraan yang terbagi atas masing-masing wilayah di Indonesia. Berikut daftar aplikasi mobile yang dapat Anda unduh untuk mengecek plat nomor kendaraan berdasarkan wilayahnya:

Wilayah Nama Aplikasi
Aceh PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timur E-SMART SAMSAT JATIM
Kalimantan Tengah RC POLDA KALIMANTAN TENGAH
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTB SAMSAT DELIVERY
Pontianak Samsat Pontianak
Riau ESamsat KEPRI
Sulawesi Selatan e-Dempo Samsat Online Sumsel
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Yogyakarta PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA

>>> Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Melalui Ponsel

2. Melalui Website Samsat

eSamsat Jakarta

Berbagai situs resmi Samsat daerah bisa juga diakses untuk mengetahui informasi kendaraan berdasarkan plat nomor

Selain menggunakan aplikasi mobile, cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor yang terpasang juga bisa melalui website resmi Samsat masing-masing daerah di Indonesia. Anda dapat menggunakan komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Kemudian masukkan alamat-alamat beberapa Samsat di wilayah Indonesia berikut ini.

Cara inputnya tetap sama, yaitu setelah laman web terbuka maka masukkan kode plat nomor kendaraan yang ingin Anda ketahui informasinya. Nantinya akan tertampil informasi mengenai merk kendaraan, tipenya, warna, tahun pembuatan, hingga nama pemiliknya.

Berikut alamat website Samsat beberapa wilayah di Indonesia:

Wilayah Alamat Web
Aceh http://esamsat.acehprov.go.id/
Banten http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur https://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakarta http://infonjkbdiy.com/

>>> Tak Boleh Asal, Ini Batasan Modifikasi Plat Nomor Kendaraan

3. Mengirim SMS ke Kepolisian

SMS Polda Cek Pajak

Tarif kirim SMS sama dengan tarif SMS regular

Cara lainnya untuk mengetahui siapa pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang terpasang di kendaraan itu adalah dengan mengirim SMS kepada pihak kepolisian. Cara ini tidak membutuhkan jaringan internet dan biaya yang ditanggung hanya tarif SMS regular yang diterapkan oleh masing-masing operator selular yang ada.

Anda tinggal mengirim SMS dengan format seperti berikut ini:

Wilayah Format SMS
DKI Jakarta

KETIK : METRO Nopol
Kirim Ke : 1717
Contoh: METRO B3619TRI

Jawa Barat

KETIK : poldajbr Nopol
Kirim Ke : 3977
Contoh: poldajbr D8899SH

Jawa Tengah

KETIK : JATENG Nopol
Kirim Ke : 9600
Contoh: JATENG H7689DD

Jawa Timur

KETIK : JATIM Nopol
Kirim Ke : 7070
Contoh : JATIM L2434MO

>>> Simaklah tips dan trik pengemudian lainnya di sini

4. Datang ke Kantor Samsat

Samsat Daan Mogot

Ini merupakan langkah paling akhir sebagai cara mengetahui pemilik kendaraan dari plat nomor yang dipakai. Namun saat melakukan kunjungan ke Samsat terdekat guna mengetahui siapa pemilik kendaraan tersbeut ada beberapa dokumen yang wajib Anda bawa. Diantaranya KTP asli dan fotocopy, STNK asli dan fotocopy, dan BPKB asli kendaraan yang akan dicek tersebut. Selain itu akan ada biaya yang dibebankan untuk pengecekan kendaraan ini. Besarannya tergantung dari masaing-masing wilayah Samsat.

Saran kami, sebaiknya lakukan pengecekan kendaraan ke Samsat terdekat, hanya ketika Anda sudah ingin benar-benar membeli mobil bekas dan memastikan keabsahan dokumen-dokumen dari kendaraan tersebut sebelum melakukan transaksi jual beli. Baiknya lakukan pengecekan fisik kendaraan di Samsat bersama-sama dengan si pemiik kendaraan agar tidak terjadi salah paham. Dan biaya untuk melakukan pengecekan ini sering kali akan ditanggung oleh pihak pembeli.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Berbagai Tipe Dudukan Plat Nomor Mobil, Mana yang Legal atau Ilegal?

25/11/2019

Perawatan dan service

2 menit

Plat nomor menjadi salah satu bagian paling penting di kendaraan untuk menghindari surat tilang dari polisi. Tapi ada beberapa tipe dudukan plat nomor mobil yang bisa Anda gunakan untuk mobil Anda.

Lihat juga

Hati-Hati! Pihak Kepolisian akan Menilang Pengguna Plat Nomor Ganda

02/09/2018

Pengemudian

Perluasan sistem ganjil genap membuat banyak pengendara menggunakan plat nomor ganda ketika berkendara. Jika Anda ingin melakukan hal ini, siap-siap tilang Polisi akan menghampiri Anda.

Lihat juga

Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Sebelumnya

07/05/2020

Jual beli

3 menit

Ada banyak kasus dimana pembelian mobil bekas tanpa disertai KTP pemilik sebelumnya. Berikut cara bayar pajak mobil tanpa KTP yang bisa Anda terapkan saat ini.

Lihat juga

Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Sebagai salah satu mobil terlaris Lamborghini, Gallardo memiliki banyak fans di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, lihat dulu harga pajak salah satu Gallardo yang cukup marak di jalanan Tanah Air, Lamborghini Gallardo LP550-2.

Lihat juga

Gimana Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Mobil 2019?

16/06/2019

Jual beli

8 menit

Mungkin banyak dari Anda selalu membayar pajak mobil tepat waktu. Namun tak sedikit juga lupa dan terlat membayar. Jika begitu, berapa denda pajak mobil itu ya?

Lihat juga