Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

19/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mendongkrak mobil untuk mengganti ban ternyata tidak boleh sembarangan. Jangan sampai salah langkah dalam menggunakannya, simak tipsnya di bawah ini.

Ada hal yang perlu diperhatikan saat mendongkrak mobil agar tidak berakibat fatal ketika.Hal ini tak bisa disepelekan karena bisa berakibat kendaraan meluncur saat didongkrak lantaran salah posisi saat kendaraan di angkat.

>>> Etika Berkendara di Jalan Sempit Demi Keselamatan Bersama

Gambar menujnukan Dongkrak mobill

Perhatikan titik tumpu yang akan digunakan untuk menopang beban

Carilah Area Parkir yang Datar

Agar tidak salah saat mendongkrak mobil terutama di keadaan darurat seperti kondisi harus mengganti ban saat berada dalam perjalanan Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak mengatakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan ialah memarkir kendaraan pada area datar.

“Pertama yang harus dilakukan adalah memarkir kendaraan pada area yang datar dan keras. Kemudian posisikan dongkrak mobil pada titik dongkrak yang telah ditentukan seperti dijabarkan di dalam manual book,” tuturnya.

Konstruksi sasis mobil umumnya menggunakan tipe monocoque, seperti mobil Peugeot dimana pabrikan mobil ini sudah menentukan 4 titik sebagai tumpuan dongkrak yang aman pada sasis. Selain itu di mobil pabrikan asal Prancis, biasanya terdapat stiker larangan area komponen yang tidak disarankan sebagai titik tumpu ketika mendongkrak mobil. Seperti contoh di area rumah as gardan belakang.

Untuk mobil yang memiliki titik tumpu pada rocker panel bodi, biasanya terletak pada bagian samping di bawah side skirt. Titik tumpu ini juga diberikan sebuah tanda khusus guna mudah ditemukan.

Mengenai posisi pastinya, apabila ingin mendongkrak roda bagian depan, biasanya letak titik tumpunya terletak di belakang ban depan. Sebaliknya untuk ban belakang, letak titik tumpu ini biasanya terletak pada depan ban belakang.

>>> Ambulans Berlogo Pemkot Padang Tak Kenal Lelah Bantu Warga Palestina

Gambar menunjukan Titik tumpu

Pastikan juga mobil dalam posisi terdongkrak jangan terlalu lama

Hati-hati Dalam Menentukan Titik Tumpu

Jenis mobil yang menggunakan titik tumpu rocker panel bodi biasanya ada di tipe sedan, city car, hatchback, low MPV, dan low SUV. Lalu untuk titik tumpu mobil-mobil SUV, khususnya SUV dengan sasis ladder frame.

“Makanya saat dongkrak bagian depan disarankan andalkan tulang sasis paling kuat atau gardan roda sebagai titik tumpunya. Sementara untuk roda belakang disarankan menggunakan axle roda belakang sebagai titik tumpunya,” tambah Rafi’i.

Menentukan titik tumpu pada bagian ini memang jauh lebih sulit dibandingkan pada rocker panel bodi. Oleh karena itu, pemilik mobil harus lebih hati-hati dan lebih cermat dalam menentukan titik tumpu. Jika titik tumpu sudah ditentukan, ban yang tidak terangkat mesti diganjal agar mobil tidak bergerak. Pastikan juga mobil dalam posisi terdongkrak jangan terlalu lama. Dikhawatirkan kekuatan dongkrak saat mendongkrak mobil tidak memadai apabila digunakan terlalu lama untuk menahan atau menggantung mobil.    

>>> Cara Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top