Ini Alasannya Nyetir Pakai Sandal Jepit Berbahaya

21/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Ini Alasannya Nyetir Pakai Sandal Jepit Berbahaya
Banyak peraturan tentang larangan nyetir mobil pakai sandal jepit. Anjuran itu memang bukan tanpa sebab. Karena ada beberapa hal berbahaya yang bisa terjadi jika tetap dilakukan.

Mungkin Anda sering mendengar jika berkendara menggunakan sandal jepit amat berbahaya. Bukan hanya bagi pemotor, namun pengemudi mobil juga disarankan tidak memakai sandal jepit.

Contoh nyata dari tregedi kecelakaan di jalan raya akibat pengemudi menggunakan sandal jepit pun telah banyak terjadi. Oleh karena itu, Jusri Pulubuhu, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) memberikan alasan mengapa nyetir mobil pakai sandal jepit berbahaya.

1. Mudah Tersangkut

pengemudi sandal jepit ungu

Sandal gampang tersangkut di pedal gas atau rem

Menurut Jusri, nyetir mobil pakai sandal jepit membuat sandal mudah tersangkut pada pedal-pedal mobil. Baik itu pedal rem, gas, maupun pedal kopling. Hal ini tentu sangat berbahaya saat mobil melaju di jalan.

Bayangkan jika ketika Anda ingin mengerem, namun sandal malah nyangkut di pedal gas. Akibatnya mobil terus melaju tanpa bisa Anda hindari. Dan menurut Jusri, kejadian ini sudah banyak terjadi yang pada akhirnya menyebabkan kecelakaan.

>>> Gara-gara Sandal Nyangkut Pedal Gas, Daihatsu Sigra Terguling

2. Terlambat Ngerem

wanita mengemudi dengan sandaldan pergerakan kaki lebih lambat

Pergerakan kaki saat pakai sandal jadi lebih lambat

Tanpa Anda sadari, ternyata sebuah penelitian membuktikan, nyetir mobil pakai sandal jepit mampu memperlambat pengereman. "Saat pakai sandal jepit, perpindahan kaki dari pedal gas ke pedal rem lebih lambat 0,04 detik dibanding saat pakai sepatu," kata Jusri.

Hal inilah yang kerap menyebabkan pengemudi telat bereaksi ketika kendaraan di depannya ngerem mendadak. Akibatnya, sebuah catatan menunjukkan 1,4 juta potensi kecelakaan di jalan raya tiap tahunnya disebabkan karena pengemudi memakai sandal jepit.

>>> Ketahui, Ini Perlunya Menyiapkan Sandal Jepit di Dalam Mobil

3. Tekanan ke Pedal Lebih Kecil

pengemudi tanpa alas kaki saat mengemudi

Nyetir pakai sandal jepit sama dengan nyetir tanpa alas kaki

Sebuah penelitian kata Jusri, juga pernah menunjukkan jika nyetir mobil pakai sandal jepit sama juga dengan tidak memakai alas kaki. Ini karena tekanan ke pedal mobil lebih kecil dibanding saat pakai sepatu. Akibatnya, ketika harus melakukan rem mendadak, maka si pengemudi yang memakai sandal tersebut tidak mampu melakukannya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya cek disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Awas, Bahaya Dehidrasi Saat Nyetir Mobil!

16/07/2019

Pengemudian

4 menit

Bahaya dehidrasi bukan hanya menghantui para petualang di kawasan gurun. Tetapi Anda yang sering nyetir mobil juga berpotensi terkena dehidrasi. Apasaja penyebab dan cara menghindarinya?

Lihat juga

3 Kesalahan Nyetir Mobil Matik

11/07/2019

Pengemudian

4 menit

Walaupun populasi mobil bertransmisi otomatis sudah semakin pesat, namun masih banyak saja pengemudi yang melakukan kesalahan nyetir mobil matik. Padahal kebiasaan ini jika didiamkan berlarut-larut, dapat membuat mobil rusak.

Lihat juga

Tips Sederhana Agar Tak Salah Menginjak Pedal Gas dan Rem

17/10/2019

Pengemudian

3 menit

Meski sudah pakem letak dan posisinya, kesalahan menginjak pedal gas dan rem bisa saja terjadi, khususnya buat pengemudi pemula yang masih butuh jam terbang tinggi untuk menjadi mahir.

Lihat juga

Trik Mendahului Bus yang Aman di Jalan Raya

13/10/2019

Pengemudian

5 menit

Mendahului bus yang aman di jalan raya perlu untuk memperhatikan beberapa hal. karena dimensi dan jarak pandang bus berbeda dengan mobil biasa.

Lihat juga

Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Harus Derek Mobil di Jalan

11/10/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika derek mobil di jalan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari alat yang akan digunakan, hingga cara berkendaranya.

Lihat juga