Ini 4 Hal Kecil yang Sering Diabaikan Saat Akan Berangkat Mudik Lebaran

31/05/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Ini 4 Hal Kecil yang Sering Diabaikan Saat Akan Berangkat Mudik Lebaran
Beberapa hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik Lebaran terkadang bisa memicu masalah besar di tengah perjalanan. Oleh sebab itu selalu persiapkan dengan matang sebelum Anda menjalani ritual mudik ke kampung halaman.

Lebaran sebentar lagi, Anda pun sudah harus siap-siap untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tentunya Anda juga harus mempersiapkan kondisi kendaraan tersebut untuk memastikan tidak ada gangguan di perjalanan.

>>> Inilah 6 Riset Mahal Demi Penghematan BBM Yang Dilakukan Pabrikan

Tetapi terkadang ada beberapa hal yang sering diabaikan oleh para pemudik, padahal sesungguhnya hal tersebut adalah penting. Berikut ini adalah hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik Lebaran.

1. Mengukur Kapasitas Penumpang dan Barang

Bagasi mobil terlalu penuh

Jangan melebihi kapasitas penumpang dan barang di mobil Anda

Melakukan perjalanan mudik Lebaran berarti Anda akan menempuh perjalanan panjang. Karenanya berbagai perlengkapan wajib Anda bawa sebagai persiapan di perjalanan maupun ketika berada di kampung halaman. Namun sebaiknya tetap perhatikan kapasitas penumpang dan barang pada mobil Anda.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik disini

Jika mobil Anda hanya mampu menampung 7 penumpang dengan konfigurasi lima orang dewasa dan dua anak-anak, maka jangan paksakan sampai 8 atau 10 penumpang. Kemudian perhatikan juga ruang bagasi di mobil Anda, jangan memaksakan membawa barang hingga melebihi kapasitas bagasi. Karena nantinya perjalanan Anda akan terganggu dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

2. Mengisi Bahan Bakar

Indikator bensin habis

Pastikan bahan bakar sudah terisi penuh sebelum berangkat mudik

Periksalah bahan bakar pada mobil Anda sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Cek apakah bahan bakar sudah terisi penuh atau belum. Jika belum, sebaiknya segera mengisi di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) terdekat dengan lokasi kediaman Anda. Karena Anda tidak akan pernah tahu kondisi jalan yang akan Anda hadapi. Bisa jadi akan ada kemacetan panjang, atau kelangkaan bahan bakar saat di jalan tol.

>>> Tips berkendara aman bisa Anda temukan disini

3. Simpan Nomor Darurat

Ban kempis di tengah jalan

Simpan berbagai nomor darurat di ponsel Anda jika dibutuhkan

Hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik lainnya adalah tidak menyimpan nomor-nomor darurat. Anda tidak akan pernah tahu peristiwa apa yang akan terjadi selama perjalanan mudik Lebaran. Pastinya Anda memang tidak mengharapkan hal buruk terjadi, namun mengantisipasi tentu lebih baik.

Anda perlu penyimpan beberapa nomor darurat, seperti nomor telepon Polisi untuk laporan terjadinya kecelakaan dan kejahatan, nomor telepon Ambulan, dan nomor bantuan darurat yang disediakan produsen mobil yang Anda miliki demi mengantisipasi jika kendaraan Anda mengalami masalah di perjalanan.

>>> Cari mobil bekas terbaik ada disini

4. Perhatikan Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas

Selalu patuhi rambu lalu lintas agar selamat di jalan

Rambu-rambu lalu lintas dibuat tentu karena alasan keselamatan bagi setiap pengemudi. Karena itulah selalu patuhi rambu yang ada di jalan. Karena kebanyakan kecelakaan di jalan diakibatkan oleh faktor manusia yang tidak mentaati peraturan lalu lintas.

Karena itulah sebaiknya pahami batas maksimum kecepatan mobil Anda, jangan menyalip dari bahu jalan, selalu berhati-hati ketika melintas di jalan berkelok, dan istirahat jika sudah merasa lelah.

Demikianlah 4 hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik Lebaran.

>>> Tips & trik lainnya bisa ditemukan disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

12/05/2019

Pengemudian

Posisi mengemudi yang baik bisa menentukan kenyamanan dan keselamatan saat Anda berkendara. Terlebih lagi jika Anda akan melakukan perjalanan yang jauh dengan waktu tempuh yang relatif lama seperti saat mudik Lebaran.

Lihat juga

Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Mobil Biar Lebih Jos Dipakai Mudik

Meningkatkan performa mesin mobil bisa dengan berbagai cara. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah cara yang paling mudah agar didapat performa mesin yang meningkat saat mobil dipakai mudik Lebaran.

Lihat juga

Merawat Kaca Depan Mobil Agar Perjalanan Mudik Lebaran Tetap Aman dan Nyaman

Merawat kaca depan mobil penting Anda lakukan, terlebih lagi jika Anda akan melakukan perjalanan jauh saat mudik Lebaran. Karena jika kaca depan selalu jernih, maka pandangan Anda ke arah depan saat berkendara akan selalu optimal.

Lihat juga

Review Isuzu Panther 2010

17/02/2018

Editor rate:

Isuzu Panther 2010 bisa dibilang merupakan mobil MPV besutan Isuzu yang sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan pada tahun 2001 silam. Namun Isuzu tidak pernah menambahkan fitur-fitur tambahan apalagi merubah desainnya. Setelah mengalami major facelift pada tahun 2005 silam, maka di tahun 2009 silam mobil ini hanya mendapat sedikit tambahan di bagian depan. Fitur-fiturnya pun masih sama dengan mobil keluaran tahun 2005. Review Isuzu Panther 2010 bisa dibaca dibawah ini.

Lihat juga

Harga mobil Toyota Avanza terbaru Januari 2021 & Promosi

02/01/2021

Toyota

Awal tahun ini, Toyota menghadirkan gebrakan baru lewat produk ‘Mobil Sejuta Umat’, tak lain adalah Avanza. Tepat di tanggal 15 Januari 2019, Toyota Avanza terbaru hadir dalam model Facelift. Segala hal dibuat baru sehingga terlihat lebih menarik daripada versi sebelumnya. Berapa sih harganya? Inilah dia daftar harga Toyota Avanza terbaru.

Lihat juga
 
back to top